Darussalam Gontor merupakan sekolah pesantren dengan model pembelajaran moderenisasi. Sebagai rujukan pusat para pendiri pondok yang ingin pendidikannya meniru gaya pendidikan Gontor. Inilah salah satu alasan saya masuk Gontor.

Berikut ini Ulasan Alasan Saya Masuk Gontor

Hal-hal yang harus anda perhatikan untuk menyekolahkananak anda, disinilah dengan berbagi tulisan saya bisa bermanfaat untuk anda semua.

Dan berikut alasan saya,

  1. Dekat Rumah
    Pesantren terkeren dan modern yang paling dekat rumah saya, yaitu Pesantren Darussalam Gontor. Inilah alasan mengapa saya masuk di Gontor.
  2. Penampilan Santri Gontor
    Alasan kedua saya ini, paling standar dan tidak muluk-muluk. Karna dulu saya SD kelas 5 sering kali melihat Santri Gontor berlalu-lalang jalan jalan dekat rumah saya.

    Penampilannya melainkan seperti,

    • Rapi Berpakaian
    • Rambut selalu rapi dan cepak
    • Diumur masih balia sudah mandiri
  1. Ajakan Orangtua
    Mustahil jika orangtua anda tidak ingin menyekolahkan anda, apalagi untuk kesuksesan anda. Dari kelas ! SD, sering kali bapak mengajak saya untuk jalan-jalan di Komplek Gontor. Mungkin menciptakan rasa cinta pesantren sejak dini.
  2. Santri Gontor Pintar dan Sholeh
    Kepolosan yang saya alami, sebagai anak SD yang ingin menginjak Pendidikan tingkat SMP. Melihat santri Gontor yang seringkali pentas dalam Outdor memunculkan stigma dipikiran saya bahwa anak santri Gontor kece, sholeh dan pintar.
  3. Gontor adalah Pesantren Pilihan No. 1
    Anak umur kelas  6 SD masih rentan dalam menilai rating sekolah yang bagus atau kurang bagus. Maka, sangat dianjurkan sekali para orangtua yang membaca ini.
    Agar merekomendasikan sekolahan untuk  anak yang pas,  untuk masa depan sang anak.

         Kriteria sekolah untuk anak yang pas:

    • Mementingkan kwalitas pendidikan anak.
    • Jauh dari genggaman gadget.
    • Memprioritaskan Pendidikan Agama.
    • Berbasis Tahfiz Qur’an.
  1. Gontor sebagai Pesantren Tertua di Indonesia
    Darussalam Gontor didirikan pada tahun 20 September 1926 bertepatan dengan 12 Rabiul Awwal 1345. Darussalam Gontor lahir sebelum Indonesia merdeka, dengan dinamika Gontor saat ini berdiri dengan kurikulumnya yang keren dan sah dalam pendidikan Indonesia, yaitu kurikulum KMI.
  2. Banyak Alumni gontor yang sukses kancah Nasional
    Alasan ini yang menjadikan Bapak saya untuk memasukkan saya di Gontor.

    Inilah deretan alumni Gontor kondang kancah Nasional,

    • Hasyim Muzadi (Wakil Rais Aam PBNU (2010-2015)
    • Adnan Pandu Praja (KPK) periode 2011-2015)
    • Muhammad Hidayat Nur Wahid, MA (Ketua MPR periode 2004-2009)
    • Abu Bkar Ba’asyir (Pemuka Agama Indonesia)
    • Bachtiar Nasir (Sekjen MIUMI & PimpinanAQL Islamic Center). info: Merdeka.com

7 Alasan diatas insyaaAllah mewakili keresahan bagi orangtua, yang ingin memasukkan anaknya ke Pondok Modern Darussalam Gontor.  Dan ini masih banyak lagi alasan yang saya simpan. Jika memang ingin konsultasi terkait Pesantren Gontor bisa hubungi saya.

Membujuk Anak Untuk Sekolah di Pesantren

pondok modern gontor

foto: ig #menaragontor

Kiat-kiat yang akan saya sampaikan ini, ditunjukkan untuk para orangtua yang ingni memasukkan anaknya di Pesantren manapun, khususnya di Gontor.

Pertama, mulailah untuk membangun komunikasi yang baik dengan anak. Sering mengobrolkan cita-citanya, mau jadi apa nanti? Dan ingin berkarya apa?, bisa dicoba untuk bapak ibu dirumah.

Kedua, Jangan memaksa anak. Apapun halangannya, si anak ingin terus berkemaun sendiri, karna itu kita harus mengarahkan dan membujukknya dari sekarang.

Ketiga, Perhatian penuh kepada anak, disegala situasi. Sehingga akan terjalin keterbukaan antara orangtua dan anak. Dan bapak ibu dapat menasehati anak dengan masuk ke Pesantren.

Dan  yang Keempat, Ceritakan para tokojh-tokoh alumni Pesantren yang telah sukses diluar sana. Sehingga anak akan termotivasi dengan apa yang ingin oleh bapak ibu dirumah.

Semoga berhasil :*)

Fakta Pesantren Gontor

pondok modern gontor

foto: ig #menaragontor

Zaman millenials ini, para orangtua resah untuk menyekolahkan anaknya. Dibalik biaya pendidikan yang mahal dan hasil output nya tidak sesuai harapan hati, inilah Fakta Pesantren Gontor menjadi Favorit sekolah zaman Millenials ini.

  1. Biaya Daftar Ulang di Gontor sangat murah.
    Ini bisa dibuktikan. Karna dengan jejeran Pesantren Nasional Indonesia yang Modern hampir DU nya kurang lebih 10 Juta. Dan saya dulu hanya 3 Juta kurang lebih.
  2. SPP murah meriah.
    Sudah jelas dengan DU yang terjangkau dan SPP ini saya tanggung dulu hanya 600 ribu kurang lebih. Meski DU dn SPP yang murah tapi Pendidikan Gontor mencetak Generasi Nsional maupun Internasional. Aamiin, .
  3. Guru di Gontor tidak digaji
    Inilah fakta yang mengejutkan. Saya merasakannya alhamdulillah. Gontor menerapkan pendidikan yang disiplin, dinamis dan berdikari. Mereka para guru hanya mengabdi jiwa dan batin sebagai tanda terima kasih kepada ibu pertiwi (Ponpes Darussalam Gontor).
  4. Bahasa Arab dan Inggris 24 Jam.
    Mereka para asantri dituntut dan diwajibkan untuk menggunakan bahasa kesehariannya Inggris dan Arab. Karna dalam bahasa pengantar pembelajarannya di kelas dengan kedua Bahasa tersebut.
  5. Universitas Darussalam (UNIDA)
    Cita-cita para TRIMURTI mendirikan seribu Gontor di Indonesia. Dan alhamdulillah, Gontor mampu membuka para akademisi jenajng perkuliahan untuk berkontribusi belajar di Universitas Darussalam.Inilah pengalam saya belajar disini. Semoga dengan kesaksian saya ini, dapat diperluaskan info ini kepada para sanak saudara dirumah.

Tentang Pak Yai

Karismatik, Dinamis, dan Prestigs. Ungkapan saya kepada ayahanda KH. Hasan Abdullah Sahal, KH. Syukri Zarkasyi, dan KH. Syamsul Hadi Abdan.

3 Pemimpin Pondok Modern Darussalam Gontor ini menjadi penyemangat (moodboster) para santri hingga alumni. Beliau semua ini seperti sudah menjadi ayah kandung saya, meski jarang dijumpai karna memang jadwal mereka yang padat.

Alasan inilah yang membuat saya betah di Pondok. Setiap kali ada moment dimana KH. Hasan beliau mengimami sholat di masjid, sungguh indah nan haru suara beliau.

Pimpinan Pondok Gontor

foto: upload.wikimedia.org

Setiap kata yang beliau sampaikan, memberikan arti sendiri dalam hidup saya. Seperti Quote beliau saya kutip dibawah ini.

Kalau Kamu Tidak Lebih Baik Dari Pada 
Saya, Lebih Baik Kamu Tidak Usah lahir! Dan Saya Tidak Usah Mati! Hanya Nambah Jatah Beras SajaKH. Hasan Abdullah Sahal

Sungguh kena dihati!

Carilah, Ikuti, Temukan Dan Kerjakan Kebenaran Maka Kamu Akan Menemukan Orang-Orang Yang BenarKH. Hasan Abdullah Sahal

Dan masih banyak lagi.

Beliau merupakan Kyai idola saya, pernah suatu ketika beliau mengisi sambutan diakhir khataman angkatan saya di Bali Pertemuan saat itu. Beliau berbicara tentang usianya yang sepuh. Begitu beliau i9ngat dulu waktu zaman rintisan Gontor, beliau terharu sedihdan suasana hening pun mengiringi.

Beliau sangat cinta kepada santrinya. Hingga beliau berpesan kepada santrinya,

“Gontor seperti Kereta Api. Jika nanti saya mati, maka alur Kereta harus tetap kokoh diatas rel, meski ganti masinisnya jangan dan tidak boleh pindah rel apalagi ganti gerbong. Tetap dengan Sintesa dan cita-cita dulu TRIMURTI”

Maka tak heran, dengan pesatnya Gontor sekarang. Yang telah mencapai hampir 15 cabang di Indonesia beserta puluhan Pondok alumninya. Hiungga metode kurikulum yang menjadi pusat Pesantren Modern di Indonesia bahkan di Malaysia.

Hasil dari keistiqomahan para pendiri serta pimpinan Pndok Modern Darussalam Gontor dalam memberikan cita-cita kuat kepada umat Islam di Dunia.

Pondok Gontor Modern

foto: www.instagram.com/gontorian.designer.community

Semoga Bermanfaaat.,:)


1 Comment

Leave a Reply

%d bloggers like this: