Apa itu rayon? Bahan rayon adalah salah satu jenis bahan kain yang paling banyak dipakai untuk kegunaanya di seluruh dunia, terutama untuk bahan pakaian. Karenan bahan ini terbuat dari sintetis atau semi sintetis, yang mana pertama kali dibuat oleh manusia. Sehingga kepopulerannya tidak ada yang menggantikan.

Rayon terbuat dari serat kayu. Dalam kebutuhan untuk membuat bahan rayon, kayu pohon pinus, hemlock dan cemara adalah 3 jenis pohon yang paling sering digunakan.

Devinisi Rayon, Asal-usul Bahan Rayon

Devinisi Rayon, Asal-usul Bahan Rayon

Devinisi Rayon, Asal-usul Bahan Rayon

Rayon adalah kain yang sangat lembut, cocok dikenakan ketika musim gugur yang sejuk dengan kualitas penyerapan yang lebih baik daripada kapas. Penemuan kain ini pada tahun 1924, ketika akhirnya dijuluki “rayon” terbuat dari sutra buatan. Ini juga merupakan kain semi buatan pertama yang dibuat oleh manusia.

Sumber Munculnya Bahan Rayon

Sumber Munculnya Bahan Rayon

Sumber Munculnya Bahan Rayon. (quora.com)

Penggunaan kain alami dapat ditelusuri kembali ke zaman prasejarah. Dan penemuan kain inovatif lainnya juga di taun-tahun berikutnya. Dengan perkembangan jaman dengan keinginan manusia pula untuk menciptakan sesuatu yang lebih baik.

Yang mana penggabungan ilmu pengetahuan dan karakteristik alam untuk menawarkan produk-produk unggulan. dan Kain rayon adalah salah satu penemuan semacam itu.

Proses Pembuatan Bahan Rayon

Proses Pembuatan Bahan Rayon

Proses Pembuatan Bahan Rayon

Meskipun produksi rayon melibatkan pemrosesan bahan kimia, komponen yang digunakan semuanya itu alami. Kayu adalah sumber utama dari mana kain rayon diekstrasi. Larutan soda kaustik digunakan untuk merawat kayu dan megnubahnya menjadi selolusa.

Kebanyakan orang tidak menyadari bahwa rayon adalah kain yang dapat terrurai secara hayati dan karenanya lebih ramah lingkungan dibandingkan dengan tekstil lainnya.

  1. Selulosa yang terbentuk setelah pengolahan kayu kemudian diubah menjadi lerutan viskosa yang unik,
  2. Larutan ini dipaksa melalui mesin pemintalan dan membentuk filamen yang diperlakukan dengan larutan asam sulfat,
  3. Proses kemudian mengarah pada pemadatan viskosa dan filamen yang terbentuk disebut selulosa yang diregenerasi.

Rayon dikenal karena daya serap , kelembiutannya dan kekuatannya yang tak tertandingi. Dan ini adalah kain yang sempurna untuk membuat pakaian aktif dan pakaian musim panas, seperti kemeja, blus, kurta, gamis dan gaun yang mengalir.

Ciri-ciri Bahan Rayon

Untuk lebih jelas mengenali karasteristik dan ciri-ciri bahan rayon, lihatlah uraian list dibawah ini

  1. Serat rayon mengandung unsur kimiawi. (karbon, hodrogen, dan oksigen)
  2. Bahan rayon memiliki daya serap keringat yang tinggi seperti bahan katun,
  3. Tekstur permukaannya halus dan lembut di kulit,
  4. Kain rayon sangat nyaman dipakai dan mudah untuk diwarnai,
  5. Mudahnya menyerap zat pewarna, tampilan bahan raayon pun sangat cerah,
  6. Silau alaminya tinggi, tidak mudah kusut dan licin menyerupai bahan sutra,
  7. Pemulihan elastis serat bahan rayon terbilang sangat rendah, kurang cepat kembali ke bentuk semula,
  8. Bahan rayon sangat mudah terbakar, daripada bahan linen, katun dan rami sekalipun.

Jenis-jenis Kain Bahan Rayon

Jenis-jenis Kain Bahan Rayon

Jenis-jenis Kain Bahan Rayon. (Tokopedia)

Untuk mengetahui bagaimana dan apa saja bahan rayon itu?, kamu harus tahu di bawah ini, lengkap insyaaAllah. Ada rayon spandek, rayon jersey, dan rayon polyester. Berikut selengkapnya,

Rayon Spandek

Rayon Spandek termasuk dalam jajaran jenis bahan rayon yang terlihat cerah, berfisik lembut dan juga fleksibel dan mudah direnggangkan. Bahan rayon spandek sangat sesuai jika digunakan untuk membuat pakaian olahraga, kaos , dan bahan jilbab.

Rayon Jersey

Rayon jersey bukanlah seperti yang dimaksudkan kebanyakan orang sebagai kaos jersey olahraga bola, namun maksunya disini tentang nama (julukan) di dunia tekstil untuk nama bahan kain yang berasal dari serat rayon dan serat jersey

Rayon Polyester (PE)

Sesuai dengan julukannya, kain rayon PE sebenarnya merupakan jenis kain yang diperoleh dari campuran serat rayon dengan serat polyester. Tingkat gramasi dan campuran antara kedua abahn tersebut menjadikan rayon PE terkesan istimewa.

Rayon Crinkle

Rayon Crinkle merupakan bahan rayon yang teksturnya tidak rata dan berkerut layaknya kulit jeruk. Indikasi jenis bahan rayon satu ini adalah lembut, dingin, tidak begitu tebal, dan juga tidak terlalu tipis.

Note: Gramasi adalah Satuan ukuran berat kain dalam gram/meter persegi (m2). Jadi, semakin besar berat gramasi maka akan semakin tebal juga kain nya.

Kain Rayon Jersey Terlaris

Kain Rayon Jersey Terlaris

Rayon Jersey Terlaris. (Konveksia.com)

Berikut merupakan jenis bahan rayon jersey terlaris;

1. Spandek Jersey

Jersey dikenal juga dengan penamaan spandek balon/spandex balon/jersey balon/spandek zoya, dll.  Spandek Jersey yang saya jelaskan ini memiliki gramasi 180. Pembelian 1 kg memuat 3m spandek jersey dengan lebar kurang lebih 165 cm. Spandek Jersey umumnya digemari karena lebih ringan dan lebih murah dibanding jenis jersey lainnya.

2. Jersey ITY

Jersey ITY populer juga dengan nama Spandek ITY/Jersey ETIWAY. Kain ini lebih lembut dan juga lebih berat dibandingkan spandek jersey. Dalam 1 kg mampu memuat isi 2,8 meter JERSEY ITY.

3. Jersey Stella

Dikenal juga Jersey super. Kualitasnya diatas dari jersey ITY dan Spandek Jersey. Karena tentu sebanding dengan harga yang lebih mahal dibanding jenis jersey lainnya. Meskipun dalam  1 kg mampu memuat 2,8 m seperti halnya jersey ity, tekstur jersey stella akan terasa lebih lembut apabila disentuh. Jersey Stella sangat diminati oleh para produsen pakaian premium dan juga butik.

4. Jersey Crepe

Dikenal juga dengan nama Spandek crepe. Dibanding dengan jenis jersey lainnya, jersey crepe memiliki tekstur seperti jeruk. Hal ini tentu menjadi daya jual tersendiri karena tekstur unik yang dimiliki jersey crepe. Dalam 1kg jersey crepe mampu memuat kurang lebih 2,5 – 2,8 meter.

5. Jersey Rayon

Lebih dikenal dengan Spandek rayon juga menjadi incaran para produsen. Kain Jersey Rayon umumnya mudah ditemukan sebagai kain dasar gamis dipasaran, karena sifat jersey rayon yang menyerap keringat, lentur, dan lembut. (tokokaintextileonline.com)

Macam Harga Kain Bahan Rayon

Macam Harga Kain Bahan Rayon

Macam Harga Kain Bahan Rayon. (dlovrisshop.wordpress)

Berikut cantuman harga-harga bahan rayon yang saya kumpulkan dari berbagai sumber;

  • Harga kain rayon biru tua motif,  Rp. 39.500/@Meter
  • Bahan kain hitam dengan motif hati Rp. 49.500 per meter
  • Bahan kain untuk gamis, harganya berkisar Rp 90.000 per meter. (olympics30.com)
  • Kain rayon spandek Harga : Rp. 95.000 / KG Lebar : 180 Cm (www.tokopedia.com)

 

Kelebihan Bahan Rayon dari Bahan Lainnya

Inilah hal yang harus kamu tahu tentang bahan rayon sebelum membelinya. Karena sanat banyak sekali orang-orang diluar sana hanya berpatokan foto yang dikemas semenarik mungkin dari  penjual online, tergiurlah dengan untuk membelinya langsung tanpa mengetahui detail ciri, dan kelebihan dari kain rayon ini. Dari penyerapan sifat kain yang tinggi hingga varian yang ditawarkan cukup banyak.Berikut kelebihan bahan rayon daripada bahan lainnya;

  1. Daya serap tinggi
  2. Lembut
  3. Harganya murah
  4. Banyak warna yang ditawarkan.
  5. dan Banyak varian yang disediakan.

Dengan itu semua di atas, bisa membantu kamu dalam pilah-pilih bahan kain yanag kamu inginkan ini. Tapi, di sisi lain kamu harus perhatikan kekurangannya juga!

Kekurangannya (Bahan Rayon)

Berikut ini adalah kekurangan yang harus kamu ketahui dilain banyak nya  keunggulan yang sangat menggiurkan di atas;

  1. Bahannya licin,
  2. mudah jatuh ketika digunakan.
  3. Mudah kusut dan luntur,
  4. Mengeluarkan bau yang tidak enak,
  5. Tipis mudah terbakar,
  6. Tidak mudah untuk membuat busana dari bahan rayon,

Kelemahan bahan rayon yang mengeluarkan bau yang tidak sedap iniakan terjadi apabila kamu menggunakannya dalam cukup waktu yang sangat lama.

Bahan Rayon Panas atau Tidak?

Bahan Rayon Panas atau Tidak

Bahan Rayon Panas atau Tidak. (wikiHow)

Ada pertanyaaan seperti ini, apakah bahan rayon panas atau tidak saat dipakai?. Kalau menurut saya, ketika pegang dan merasakan kain rayon itu, tidak jauh dengan catatan di atas tentang karakteristik bahan rayon. Hanya saja menurut saya akan berbeda dengan menurut orang lain di luar sana atau malah kamu sendiri yang sedang baca ini.

“Rayon itu ringan dan dingin , cocok untuk musim panas.”

Di luar negeri sana yang mempunyai musim panas, terdapat beberapa jenis kain yang dirasa pas dan cocok dengan iklim  di sana.Terutama bahan kain yang bertekstur tidak panas saat dikenakan, alias anyep (adem).

Rayon mempunyai daya serap yang lebih dibanding katun, sangat baik untuk membuat tetap dingin pada saat kondisi panas, iklim yang lembab, dan secara umum tampak sangat hebat. Sepertinya ini bahan yang sempurna/tepat untuk p[akaian disaat cuaca yang panas, benarkan?

by destinationalxl.com

Perbedaan Antara Rayon, Katun & Santung

Perbedaan Antara Rayon, Katun & Santung

Perbedaan Antara Rayon, Katun & Santung.(Kaos-Kerak)

Banyak yang berpendapat kurang benar dalam mengartikan 3 jenis kain ini. Dikarenakan juga beberapa sifat yang mempunyai kemiripan dan juga kurangnya pengetahuan masyarakat dalam hal bahan kain rayon, katun dan santung. Bagaimana perbedaannya?, berikut ulasannya;

Rayon

Setelah paham karakteristik bahan katun, mari ketahui tentang bahan rayon. Jenis bahan rayon sering disalah artikan sebagai salah satu jenis katun. Orang awam terkadang menyebutnya dengan katun rayon, padahal keduanya berbeda makna jenis. Rayon memiliki sifat tekstur permukaan yang sedikit licin dan halus.

Bahan rayon basisnya adalah serat alam, dibuat dari selulosa pulp kayu. Dan bahan kayu yang paling banyak sering digunakan adalah berasal dari pohon pinus dan cemara. Meski basisnya adalah serat alam, tetapi kain rayon saat ini sudah berkembang pesat sedemikian jauh proses pembuatannya.

Serat yang jadi bahan baku untuk benang kain rayon berasal dari polimer organik, ada regenerasi proses kimiawi dalam pembuatanya, sehingga serat rayon tidak bisa digolongkan sebagai serat sintetis atau serat alami. Maka nama baru disematkan pada rayon, yaitu serat semi sintetis.Beberapa jenis rayon yang banyak dijual diantaranya;

  • rayon spandex,
  • rayon jersey,
  • rayon PE,
  • rayon crinkle dan sebagainya.

Katun

Bahan katun terbuat dari serat alami yang biasanya berasal dari kapas. Jenis tekstil ini bila dipegang terasa tekstur seratnya. Katun memiliki daya serap keringat yang bagus, sehingga terasa dingin di kulit dan sangat cocok untuk iklim tropis seperti Indonesia. Jenis katun cukup beragam, contohnya katun paris yang sedikit menerawang dan katun jepang yang tebal serta sedikit mengkilap permukaannya dan masih banyak lagi contoh varian lainnya.

Santung

Satu lagi bahan tekstil yang sering salah kaprah penyebutannya adalah santung. Kebanyakan orang masih menyebut kain rayon sama dengan santung. Padahal keduanya sangat berbeda.

Kain santung asli pada mulanya berasal dari provinsi Shandong di Cina, terbuat dari serat yang dihasilkan oleh kepompong sutera liar. Namun untuk menekan harga, pada masa kini diganti dengan bahan fiber lain misalnya acetate, nilon ataupun fiber sintetis lainnya.

Kain ini sering dijuluki dengan sebutan “wild silk” atau sutera kasar karena mempunyai tekstur yang agak kasar.Tetapi kadang kain ini juga dikenal dengan sebutan antique satin. Proses pembuatan kain shantung dibuat dengan metode plain wave (tenun polos), dan ditenun dengan benang atau serat yang ketebalannya berbeda-beda.

Bagian bergaris yang menonjol pada permukaan kain tersebut dikarenakan benang atau serat slub bergelombang yang diposisikan di bagian lungsin.

Setelah mengetahui tentang ketiga bahan, bisa disimpulkan perbedaannya adalah sebagai berikut:

  1. Katun terbuat dari serat tumbuhan alami yang berasal dari kapas,
  2. Rayon terbuat dari serat selulosa pulp kayu dengan campuran polimer sintetik, sedangkan
  3. Santung umumnya terbuat dari sutera.
  4. Katun memiliki tekstur sedikit kasar, kaku, dan terasa jalinan benangnya.
  5. Rayon relatif lebih halus testurnya serta agak licin dan jatuh bila dipegang.
  6. Sedangkan bahan santung cenderung tebal, glossy/tampakmengkilat serta terlihat jelas serat kainnya mirip dengan bahan linen.
  7. Pengujian dengan dibakar. Karena terbuat dari 100% serat alami, maka kain katun bila dibakar akan menghasilkan residu seperti serabut kapas. Sedangkan
  8. Rayon karena ada campuran bahan sintetik, maka akan meninggalkan bekas seperti saat kita membakar kertas.
  9. Untuk bahan santung bila murni terbuat dari serat sutera tentunya akan menunjukkan tanda seperti katun bila dibakar, namun bila ada campuran polyester dalam jumlah banyak maka bekas bakaran akan nampak seperti saat kita membakar plastik.
  10. Pada umumnya kain rayon memiliki warna yang lebih cerah dan tajam apabila dibandingkan dengan kain katun dan santung. Hal ini disebabkan sifat bahan rayon yang lebih mudah menyerap pewarna hingga ke dalam serat-seratnya.

Cara Merawat Kain Bahan Rayon

Cara Merawat Kain Bahan Rayon

Cara Merawat Kain Bahan Rayon

Rayon adalah bahan semi-sintetik yang populer yang pertama kali diperkenalkan sebaggai bahan pengganti sutra yang tidak mahal. Sementara ada kemiripan yang mencolok antara rayon dan sutra sejauh penampilannya. Kainnya terasa seperti kapas.

Selulosa juga digunakan membuat rayon dan katun, tetapi yang pertama mengtalami jumlah pengolahan yang lebih besar. Oleh karena itu, tidak dapat dilabeli sebagai 100% bahan lamai.

Tips & Trik Mencuci Bahan Rayon Biar Awet

Salah satu keuntungan terbesar rayon adalah kain ini sangat mudah bernafas dan dapat dengan mudah dicelup ke dalam berbagai macam warna. Berikut ini bebrapa tips tentang cara mencuci dan mengeringkan pakaian rayon kamu agar tidak rusak;

Rayon adalah kain yang kurang tahan lama dibandingkan kapas, dan sangat lemah saat basah. Pakar kain menyarankkan agar kamu memberikan pakaian rayon yang lembut dengan deterjen yang ringan. Selalu dengan air dingin untuk mencuci rayon.

Lain dari pada itu, kamu harus;

  • Kamu bisa mencuci pakaian rayon di mesin cuci, dengan peraturan yang paling halus. Resiko juga, ketika kamu cuci bahan kain rayon bersamaan dengan kain jins.
  • Selalu baca lebel pada pakaian rayon kamu utnuk cara benarnya,
  • Pakaian rayon idealnya tidak digantung saat pengeriangan.

Resiko juga, ketika kamu cuci bahan kain rayon bersamaan dengan kain jins. Jadi, hati hati dalam merawatnya. Ada jugakmau  harus melihat panduan di label pakaian rayon, biasanya ada kata :dry clean only”. Dalam kasus seperti itu, hindari mencuci pakaian di rumah karena kainnya mungkin bisa rusak atau malah menyusut.

Kenapa Pakaian Rayon Tidak Boleh Digantung?

Dan kenapa tidak boleh digantung pakaian rayon?, karena mereka cinderung kehilangan bentuk aslinya dengan mudah. 2 Pengeringan yang disarankan yaitu pengeringan garis atau pengeringan rata.

Jika kamu ingin mengenakan kain rayon yang mengalir bebas, tanpa terlalu khawatir tentang perawatan, yang terbaik buat kamu adalah menggunakan campuran rayon daripada rayon murni.

Anda dapat dengan mudah menemukan rayon yang dikombinasikan dengan berbagai kain seperti;

  • Poliester
  • Wol
  • Kapas

Maka, dari itu teruskan.. dan pilih campuran yang kamu sukai dan yang membuat kamu merasa lebih nyaman.

Mungkin hanya ini yang bisa saya sampaikan dari ulasan bahan rayon yang banyak dicari, semoga mbisa menjadi manfaat dan bisa berbagi kepada semua orang.


Leave a Reply

%d bloggers like this: