Bank Muamalat Indonesia nama lengkapnya. Baru saya kenal sejak tahun 2014 ketika saya buka rekening salah satu bank konfensional. Sebab saat itu, saya bingung untuk menentukan wadah untuk menyimpan uang saya.  Dengan rekomendasi dari iming-imingan teman dapat bunga besar kala itu, maka saya pilih bank konven. Ternyata setelah saya searching sendiri, bahwa fakta menunjukkan Bank Muamalat lahir itu lebih aman dan bersyariah.

Bank ini muncul tahun 1991.Cukup tua bukan!.

Ini menunjukkan, bahwa kurangnya pengetahuan saya atau malah bank konvensional menjadi rujukan utama warga Indonesia. Karena memang Bank-bank yang ada di Indonesia menginduk ke Bank Indonesia (BI) yang berbasis konvensional.

Jauh pembahasan itu, saya belakangan ini terpesona dengan slogan “Ayo Hijrah”. Mengetahui banyak tersebar foto, baleho, dan sebaran video pendek tentang tausyiah bahwa Bunga bank itu haram, kemudian banyak teller bank konven berbondong-bondong resign (mengundurkan diri), dll. Intinya mengarah untuk pindah ke bank syariah (sebagai ajakan dari isi tausyiah).

Sedikit cerita berikut ini, bahayanya bank konvensional.

Hutang Bank, Rumah pun Melayang

bank muamalat bank syariah

karena hutang di bank sistem riba, rumah tergadaikan.

 

Saya menjadi nasabah bank konvensional hampir menginjak 4 tahun ini. Tapi, saya pikir bukan untuk menabung. Hanya saja mempermudah transaksi, Karena di dalam rekening juga uang saya tidak lebih dari 1 jt, hehe.

Nah,ini yang akan saya ceritakan tentang PNS hutang untuk modal bisnis dengan jaminan serifikat rumahnya (cerita nyata).

Bahwa singkat ceritanya dengan hasil penulusuran saya, Ibu PNS ini berniat mengambil hutang di Bank konven dengan jaminan sertifikat rumahnya. Dan besar uang yang pinjaman senilai Rp. 150 jt dalam jangka waktu 3 tahun untuk melunasinya. Terhitung mulai dari tahun 2012 kemarin cicilannya dianggap lancar, namun ketika masuk tahun 2014 hingga kasus ini diperkarakan, status cicilannya hingga tak sanggup membayarnya lagi.

Sebab dari itu juga, bisnis yang ia jalani bangkrut dan hutang tak mampu ia bayar.

Dengan tawaran pinjaman yang begitu fantastis besarnya, harus diingat juga bahwa di belakang itu ada bunga yang diansur begitu besar pula. Itulah sistem bank konvensional.

walhasil dari ujung kasus itu, rumah pun tergadaikan bisnis pun tinggal kenangan.

Ayo Hijrah ke Bank Syariah

Ayo Hijrah ke Bank Syariah

Ayo Hijrah ke Bank Syariah

Kembali kita di prolog artikel ini. Bahwa banyak sebaran kata “Ayo Hijrah” dalam sikap pola kehidupan. Mungkin dari peristiwa itu saya ambil hikmah, kita harus pindah dari bank konvensional ke bank syariah.

Hijrah bisa diartikan berpindah tempat dari tempat A ke tempat B. Diilustrasikan menjadi berpindah tempat dari tempat kurang baik ke tempat yang lebih baik. Maka, bank syariah menjadi bank lebih baik untuk anda.

Inilah Islam yang penuh rahmat, segala aspek kehidupan ada aturan yang harus dituntun. Bukan tuntutan tapi solusi kehidupan. Terbukti banyak sekarang bank konvensional membuka cabang lebel dengan akhiran syariah. Contohnya; BRI Syariah,dll. Pertanyaan besarnya adalah apakah benar-benar syariah konsep praktek yang diterapkan di Bank tersebut.

Setelah peristiwa itu, saya mencari bank syariah dengan banyak tawaran kelebihan mereka. Tetapi kali ini saya pilih Bank Muamalat, alasannya Bank Muamalat Indonesia  sebagai bank swasta berdiri atas beberapa usulan pihak tokoh usahawan Indonesia dan rekomendasi para ulama masyhur Indonesia. Dan tak terlewatkan, bahwa MUI adalah sebagai penggagasnya.

Kenapa Harus Bank Muamalat?

bank muamalat

Alasan kenapa harus muamalat.

Ketika teman saya menyimpulkan pertanyaan ini, maka bingung pun menghantui saya. Sebab saya juga memilihnya dengan tak banyak alasan cuman bisa saya jawab, karena Bank Muamalat benar-benar syariah. Mungkin anda juga belum puas dengan jawabn saya ini.

Dengan itu, perhatikan ini!

Saya mengajak anda untuk nabung di Bank Muamalat terdekat dari kediaman anda. Karena Bank Muamalat Terbukti menjadi lembaga keunganan syariah yang unggul dan berkelolaan kewirausahaan dan investasi secara Islami.

Aman buat anda insyaaAllah,.

Dan ini yang sangat harus kamu tau lagi, bahwa Bank Muamalat menjadi Bank Syariah terbaik dan termasuk dalam 10 besar bank di Indonesia dengan eksistensi yang diakui tingkat regional.

Luar biasa!

Masih kurang (untuk meyakinkanmu?)

Inilah 9 Penghargaan Bank Muamalat Indonesia yang didapatkan dari berbagai Instansi Nasional taupun Insternasional;

  1. Peringkat 1 (satu), Satisfaction, Loyality and Engagement Award 2019
  2. Golden Award Corsec & Corcomm Terbaik – Kategori Bank Publik
  3. Anugerah Syariah Republika 2018 – Kategori Bank Syariah dengan Penghasilan Tercepat
  4. ATM Bersama Award 2018 – Kategori Best Active Terminal Bank Syariah
  5. BAZNAS Award 2018
  6. Best Islamic Financial Institution Indonesia – Global Finance World’s Best Islamic Financial Institutions Awards 2018
  7. TOP CSR 2018 kategori Program Pembinaan UMKM dan Koperasi
  8. 2 Besar Bank Swasta Tbk-Terbaik di Indonesia 2018 Buku II Asset > Rp. 25 T – Economic Review
  9. Mobile Application Best Choice Award – Infobrand 2018

Apa Itu Bank Muamalat Indonesia

Seiring kapasitas Bank yang semakin diakui, Bank Muamalat ini dikabarkan telah membuka cabang di malaysia. Maka, hal ini menjadi 325 kantor tersebar se-Indonesia termasuk 1 yang ada di Malaysia. Ini smua saya ketahui dari Website official Bank Muammalah, dengan bangga saya warga Muslim Indonesia saya rela mengkampanyekan Bank Syariah Swasta Asli Indonesia.

Sungguh saya bangga, dan mulai sekarang saya berhijrah ke Bank Muammalat!

Saya berharap keluarga saya dan para rekan-rekan saya terutama aktivis kampus yang menyuarakan kepedulian bank syariah, agar ikut gabung deng  Bank Muamalat ini. Dan tak terkecuali para pembaca seluruh Rakyat Indonesia.

Mengapa Masyarakat Harus Hijrah Ke Bank Muamalat?

Lihat ini dan baca dengan seksama, karena

  • Bank Muamalat adalah bank pertama murni syariah di Indonesia yang berdiri sejak tahun 1992.
  • Bank Muamalat tidak menginduk dari bank lain, sehingga terjaga kemurnian syariah nya.
  • Pengelolaan dana di Bank Muamalat ini didasarkan pada prinsip-prinsp ekonomi syariah yang dikawal dan diawasi oleh Dewan Pengawas Syariah.
  • Bank Muamalat memiliki produk dan layanan keuangan lengkap yang ditunjang dengan berbagai fasilitas seperti Mobile Banking, internet Banking Muamalat dan jaringan ATM dan kantor cabang hingga ke luar negeri.

Produk & Cara Kerja Bank Muamalat Indonesia

Pada event dan penawaran kali ini, memang bukan kaleng-kaleng bank syariah terkece yang pernah saya kenal. Mereka menerbitkan nama-nama produknya seiring meramaikan Ayo Hijrah ini.

Jadi istilahnya gampangnya gini, untuk memfasilitasi nasabahnya, Bank Muamalat memberikan yang terbaik dari yang terbaik untuk kenyamanan dan memenuhi dari kegelisaan nasabah bank konven selama ini.

Jadi menurut saya sih kece badai!!

Penasaran apa saja produknya dan cara mereka bekerja?, berikut ini saya kupas;

Tabungan iB Hijrah

Di momentum yuk hijrah ini, Bank menawarkan produk iB Hijrah yaitu tabungan nyaman untuk digunakan kebutuhan transaksi dan berbelanja dengan kartu shar-E debit yang berlogo Visa plus dengan manfaat bebragai macam program subsidi belanja di market lokal dan luar negeri.

Kenikmatan yang haqiqi dengan berbagai ragam layanan untuk mempermudah transaksi anda, transfer/SKN/RTGS, isi ulang berbayar, bayar tagihan listrik, dan berbagai macam jenis tagihan.

Tabungan iB Hijrah Haji Umroh

Keuntungan berhaji bersama Bank Muamalat itu sangat istemewa, coba bayangkan;

  1. Bank umum syariah pertamama di Indonesia yang dikelola secara profesional.
  2. Salah satu Bank Penerima Setoran Biaya Penyelenggaraan Ibadah HAji (BPS-BPIH), yang terdaftar di SISKOHAT Kementerian Agama Republik Indonesia.
  3. Tabungan iB Hijrah Haji menawarkan solusi lengkap untuk perjalanan ibadah anda.
  4. Bank yang berkomitmen memfasilitasi nasabah untuk berhijrah dan selalu menjadi lebih baik.

Tabungan iB Hijrah Rencana

Ini adalah solusi perencanaan keuangan anda yang tepat untuk mewujudkan rencana dan impian di masa depan dengan lebih baik sesuai prinsip syariah. Kalo saya sih yes,.hehe

Tabungan iB Hijrah Prima

Jenis tabungan ini adalah tabungan untuk memenuhi transaksi bisnis sekaligus investasi dengan aman dan menguntungkan. Tabungan iB Hijrah Prima dilengkapi dengan fasilitas Shar-E Debit Gold yang dapat digunakan di seluruh Jaringan Visa.

Hal ini juga dilengkapi dengan nisbah bagi hasil yang kompetitif dan fasilitas bebas biaya realtime transfer, bebas biaya SKN dan RTGS. Dan anda akan menikmati fasilitas khusus berupa bebas biaya airport lounge untuk memenuhi kebutuhan perjalanan anda.

Deposito iB Hijrah

Deposito syariah dalam mata uang Rupiah dan US Sollar yang fleksibel dan memberikan hasil investasi yang optimal bagi anda.

Giro iB Hijrah

Produk giro ini berbasis akad wadiah yang memberikan kemudahan dan kenyamanan dalam bertransaksi. Merupakan sarana untuk memenui kebutuhan transaksi bisnis Nasabah Non-perorangan yang didukung oleh fasilitas Cash Management.

Sebenarnya masih banyak lagi penjelasannya terkait Giro dan Produk yang ditawarkan Bank Muamalat ini, tapi kurang afdhol bila kamu tak mengunjungi website nya langsung disini.

Saya aja tertarik banget loo, masa kamu enggak?

Dipikir-pikir yaa mau bikin lagi di Bank Konven masih banyak tidak kejelasan dari akad mereka. Dan jelas-jelas mereka menggaungka Riba (bunga), hingga bikin iklan gede-gede. Kan ngerii kalo kamu dah tau hukumnya!, ya kan?

#Ayo Hijrah ke Bank Muamalat.

Mengenal Akad Bank Muamalat Indonesia

bank muamalat

mengenal akad perbankan syariah. Source: bankmuamalat.co.id

Di atas tersebut telah mewakili dari kinerja Bank Muamalat yang jelas dengan akad nya dan tidak bermain bunga di dalamnya, insyaaAllah Halal 100%. Maka dari itu, mari!.

saya mengajak seperti ini bukan untuk semata-mata di bayar atau alasan prifasi lain, tapi PR kita lebih besar untuk menggaungkan dan mengaplikasikan sistem ekonomi Islam kita ini. Semoga bisa dilaksanakan untuk ber-muamalah sesuai dengan kaidah yang dicontohkan Rosulullah Saw. aamiin.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


Leave a Reply

%d bloggers like this: