Berikut ini Beban Berat Menjadi Santri

Beban  Berat  Punya  Title  SANTRI

Apa itu santri?
Kemudian, kenapa banyak orang tua yang menyantrikan anaknya di Pondok?

Alhamdulillah, kali ini Allah mengizinkan saya untuk berfikir kembali. Seperti halayak anak manusia umumnya, begitu rasa kantuk tiba maka tidurlah.  Maka, hari iini saya bangun dan terselip akan title yang saya gunakan sekarang.

Santri itu anak yang belajar agama ke Ustadz atau tokoh agagma lainnya. Kemudian hal ini di Indonesia semakin viral dengan metode pendidikan pesantren yang pada umumnya didirikan oleh Kiyai (Ustad yang mengajar ngaji)

 

Santri Muncul Ketika Penjajahan

santri indonesia jaman belanda
foto: brilio.com

Mengenai ini, saya pernah diceritakan tentang kisah seorang santri yang ingin belajar baca Al-Qur’an Kepada Pak Yai. Dulu, sebutan Kiyai disandarkan kepada orang yang benar  faqih   dalam ilmu agama keseluruhan dan usianya pun sudah sepuh.

Dengan kemajuan pesat zaman ini, gelar ini juga semakin jarang disandarkan kepada orang sepu tapi sudah menjalar kepada orang semi tua yang mana juga telah berilmu tinggi tentang keagamaan.

Dan biasanya mempunyai pondok.

Lanjut,

Setelah Pak Yai menerima santri begitu banyak, maka dulu ketika  Pak Yai mengajar santri, rumah kediaman beliaulah menjadi kelasnya.

Begitu santri berdatangan untuk belajar (ngaji) kepada sang Pak Yai, maka kediaman beliau tak cukup menampungnya.

Inisiatif  para santri untuk kenyamanan belajar, mereka mengusulkan dengan persetujuan Pak Yai untuk mendirikan Musholla (masjid berukuran kecil). Hal ini semakin nyata dengan keberadaan Musholla yang diman kalian tuju di setiap Kampung, maka akan menemui Musholla.

Dan semakin banyak santri mulailah untuk mendirikan kelas yang termuat cukup banyak santri dengan ukuran minimalis.

 

Santri Lebih Modern Waktu Itu

Diatas, adalah filosofis  dari berdirinya Pesantren yang pernah saya dengar. Cukup simple memang tapi indahnya barokah waktu itu. Hingga sekarang Indonesia sebagai Negara Banayak Pesantren di Dunia.

Darussalam Gontor, pernah dengarkan?!

darussalam gontor sekarang
Foto: 1001indonesia.net

Ini dia pesona karismatik seorang Kiyai yang sudah Generasi ke-2 dari dulu TRIMUTI pendirinya.
dengan kegigihannya, jumlah cabang dan santrinya saat ini telah tersebar luas di Penjuru plosok Indonesia hingga perkotaan, subhaanallah!

Nah, singkat cerita prolog Pesantren diatas, bahwa dulu Indonesia pernah dalam konsolidasi di Mesir membutuhkan Penerjemah Bahasa yang meli[puti Bahasa Inggris dan Bahasa Arab saaat itu. Di Era Sukarno.

Nah, dengan para kabinet mentri yagn bingung mengutus orang yang dapat berbahasa dua-duanya, maka saat itu salah satu TRIMURTI (pendiri Pondok Gontor) diminta untuk maju sebagai Utusan penerjemah bahasa staff kepresidenan sat itu ke Mesir.

Setelah beliau pulang dari Mesir. Beliau dengan 2 saudaranya yang disebut TRIMURTI itu Mendirikan Pondok yang berletak di Gonor, Ponorogo.

Istilah Modern, muncul ktika dinamica Gontor tumbuh hingga sekarang.

 

Maksud Dari Title “Santri”

Sudah pahamkan, nama Santri berasal dari mana!?. Alhamdulillah klo gtu.

Sekarang, dimana ungkapan Santri ini semakin melambung bahkan pada era saat ini, yang ramai Tahun politik, slogan Santri diembel-embelkan kepada Paslon no. 1. Karna memang tak Terpungkiri bahwa sudah tak asing julukan santri ditelinga Masyrakat Indonesia.

Dan ungkapan Santri ini menjadi track model dalam Produk fashion hingga kuliner, luar biasa!

Tapi,

Sejatinya, orang yang bertempelkan di jidatnya tulisan Santri, maka dialah baik sikap, akhlak, dan Perkataan orang tersebut.

Kenapa kok seperti itu?

Kembali kalian baca prolog diatas tadi. Yaitu santri yang belajar keagamaan secara niat pada dirinya dengan otomatis ada jiwa kebaikan dalam dirinya. Maka, aplikasinya juga dalam kehidupan sosial akan memberikan kebaikan pada sekitarnya.

 

Saya Merasakannya

Sopan, santun, berakhlak mulia, pendiam, dan berambut klimis ganteng.

Background seorang santri di mata dunia.

Ada rasa bahagia, saat orang melihat kita bak Pujaan calon suami idaman, ehemm

Tapi, ada rasa takut juga ketika orang bertanya dengan ketidak tauhannya menanyakat hal-hal krusial dalam hukum agama.

Contoh: Bagaiman hukum uang virual asing untuk bisnis?

Ini contoh biasanya orang yang sedang mengerjakan bisnis tersebut dan tak tahu bagaimana hukum dalam Islam. Nah, dalam hal ini saya jujur mengakui belum dpat jawabannya. Karna memang saya masih belajar dalam lingkup bacaan Al-qur’an dan Hadist.

Disinilah beratnya.

Berat dalam Bersosialisasi

Yaa, pasti kamu berpikir, santri itu culun, pendiam, sudah berkomunikasi.

Alasan kecil dari hal tersebut.

Namun, pada kondisi lapangannya, bahwa santri dituntut berjiwa dakwah. Yaitu mendakwahi lingkup kecilnya yaitu keluarga hingga lingkup besarnya yaitu masyarakt sekelillingnya.

Juga kalau saya dalam lingkup sebaya saya,yang masih kisaran umur mentas 20 keatas.

Mengajak perihal ibadah, mudah mudah gampang kepada mereka.

Dengan umur sekian, umumnya perintisan karir, masa kematangan diri mulai digodog (direbus cuy!). seringkali saya menjumpai kalimat “sok suci Lo!” dari feedback temen temen selingan candaan mereka.

Huhh,. (Nafas panjang..)

 

Model Dakwah Beban Santri

shift dakwah anak gaul
dakwah anak gaul – Foto: ig @shiftmedia.id

Santri Millenials.

Iya cocok banget untuk julukan viral sekarang.

Zaman Millenials sekarang yang ingnnya serba instan, dengan segala kemewahan teknologi memanjakan tumbuhnya malas dalam jiwa anak sekarang.

Dakwah kreatif dengan Title Santri yang semakin menyebar luas dan digandrungi pemuda-Pemudi yang ingin beerhijrah dalam meningkatkan kebaikan diri, alhmadulillah:*)

Munculnya kajian anak-anak bikers, anak-anak gaul menambahkan suasana erat dalam Millenials Sekarang. Begitu radiasi positif yang dirasakan, seperti bangun pagi untuk solat subuh, hingga Suasana masjid besar di perkotaaan mulairamai kunjungan anak-anak muda. Meski hanya untuk Main saja.

Title ”Santri” Ringan Mendapatkannya

Penjelasan say diatas, sangatmewakili perasaan kamu sekarang.

Jangan takut dengan title Santri. Bukankah pepatah mengatakan orang yang ingin wangi harus bergaul sama penjual wewangian.

Apakah Merpati terbang dengan burung Emprit?
dan Merpati pun terbang dengan gerombolan merpatinya juga.

Bahkan ada juga Pesantren IT yang bertempat di Jogja.

Dan ga kalah juga Pesantren Sintesa yang keki juga, bidang marketing online dan Seo nya.

Ini semua, hanya ingin memfasilitasi hobi pemuda-pemudi ddiluar san berjarya sendiri, mandiri Dengan tidak meninggalkan kewajiban diri kepada Sang Ilahi Robbi. Ashiaaapp! 😀

Rekomendasi Pesantren kece untuk Title “Santri”

  • Darussalam Gontor
pesantren kece
foto: ig @gontor_mendunia

Dan alhamdulillah saya merasakan pendidikan disi beberapa tahun, dan masyaaAllah membekali Santrinya dengan persiapan mental untuk bermasyarakat

 

  • Sintesa (Sinergi Terpadu Santri)
    pesantren kece
    Foto: ig @pondoksintesa

     

Sekarang saya disini, melanjutkan study saya. dulu sebelumnya pernah kuliah dan saya punya Cerita klik disini

Dan punya cerita menarik nan menggelitik yang pernah saya alami waktu Mahasiswa baru dulu Hingga sekarang memiilih bercakrawala disini.

Hanya 2 pesantren itu yang bisa saya sampaikan, sebagai pengalaman saya dan yang menurut Saya menarik sebagai pesantren kece, dan mendidik santrinya jauh berlabuh kedepan.

Ok, cukup gitu aja percakapan kita hari ini, jangan lupa share  ke sosmed kamu, agar banyak Orang yang bertambah wawasannya.

Dan semoga kamu bahagia,

Dan mendapat kebaikan dari Allah Swt,.. aamiin!

 

 

Leave a Reply