Cara Membuat Grafik di Excel

Excel adalah salah satu software yang banyak digunakan dan membahas masalah angka. Kualitasnya sudah tak diragukan lagi karena excel ini bisa digunakan untuk menjumlahkan, mengurangi, hingga mnegolah data rumit agar tampak menjadi lebih sederhana. Salah satu dasar yang banyak digunakan adalah terkait cara membuat grafik di excel yang akan selalu digunakan dalam beragam macam tugas harian.

Pengertian Grafik Yang Sering Muncul dalam Tugas Harian

Grafik adalah sebuah lukisan yang ditujukan dengan gambar atau pun garis yang berfungsi untuk mengetahui turu atau naiknya sebuah keadaan data. Penggunaan grafik ini memiliki tujuan untuk memudahkan dalam melakukan analisa tabel berupa angka yang rumit dan juga sulit. Pasalnya, saat data disajikan dalam bentuk angka maka harus membutuhkan waktu yang lama agar dapat memahami seluruh isi yang ada pada data tersebut. Namun, saat menggunakan grafik nantinya akan memudahkan dalam penafsiran dan juga pemahaman isi dari segala macam data.

Macam Grafik dan Penggunaanya

Berbicara grafik, pastinya ada banyak sekali jenis grafik yang bisa digunakan untuk melakukan penafsiran data. Akan tetapi, secara garis besarnya grafik dapat dibagi ke dalam kelompok di bawah ini yang akan menimbulkan perbedaan juga dari sisi penggunaan sebuah grafik.

  • Column grafik

Tipe grafik yang pertama adalah tipe column. Tipe ini biasa digunakan untuk menampilkan data dalam kurun waktu tertentu atau biasa digunakan untuk membandingkan data antar beberapa perlakuan dan bisa untuk grafik pencapaian target. Grafik inisering dikenal dengan istilah diagram batang.

  • Line charts

Jenis grafik selanjutnya yang sering kita temui adalah line charts. Grafik ini digunakan utnuk menunjukkan data yang dilakukan secara terus menerus atau berkesinambungan dalam kurun waktu tertentu. Grafik ini biasa digunakan dalam menampilkan ten data dalam suatu rentang atau interval waktu yang sama.

  • Pie charts

Jenis grafik yang ketiga adalah berbentuk lingkaran. Jenis ini adalah grafik yang akan menampilkan ukuran yang ada pada sebuah item di rangkaian data yang akan digambarkan secara proporsional dari keseluruhan jenis data yang ada.

Nilai dalam grafik ini akan dijabarkan dalam membuat persentase grafik atas semua data yang ada. Biasanya, grafik jenis ini digunakan untuk menampilkan data persentase dari suatu penduduk dengan perbedaan parameter seperti umur, tingkat pendidikan, dan lain sebagainya.

  • Bar charts

Jenis grafik selanjutnya yang akan ditemui di excel adalah bar charts atau grafik batang. Grafik ini akan menunjukkan perbandingan beberapa item dan juga menjadi alternative penyajian data dalam bentuk grafik kolom.

Fungsi penggunaan grafik ini adalah dapat digunakan dalam menyajikan data yang memiliki makna sama dengan grafik. Caranya adalah dengan menukar variable dari sumbu x dan juga y atau pun sebaliknya.

  • Area charts

Jenis grafik selanjutnya yang biasa digunakan adalah grafik bidang. Grafk ini dapat digunakan untuk menggambarkan perubahan dari kurun waktu tertentu. Biasanya grafik ini digunakan saat akan menggambarkan bagaimana hubungan kecepatan waktu dan juga gerak serta area yang akan dihasilkan dari suatu perpindahan.

  • Xy scatter

Jenis grafik selnjutnya adaah xy scatters. Grafik ini akan menampilkan terkait hubungan antara nilai variable pada sumbu x dan y. grafik ini biasa digunakan untuk menggambar grafik dalam posisi linear seperti untuk penggunana regresi.

Saat berbicara jenis grafik, maka kita juga harus memahami terkait unsur yang ada dalam grafik. Unsur ini digunakan agar lebih mudah saat memahami grafik dan membuat data grafik. Unsur grafik juga merupakan kunci utama memahami grafik yang tak bisa dilupakan begitu saja.

Unsur Dominan dalam Grafik

Berbicara masalah unsur, pastinya unsur adalah satu hal yang tak boleh dipisahkan. Kehadiranya akan dibutuhkan khususnya dalam memahamisegala jenis informasi yang tersedia dalam grafik.

  • Chart title

Unsur pertama yang tentunya wajib ada adalah chart title. Chart title ini akan memberikan informasi terkait data apa yang akan dipaparkan dalam suatu grafik. Sehingga, bagian ini adalah bagian yang tak bisa terpisahkan sama sekali dalam grafik.

  • Vertical axis

Seain chart title, ada juga vertikal axis yaitu sebuah keterangan yang akan menjelaskan variable pada sumbu y. unsur ini juga tak bisa dihapus atau dihilangkan begitu saja karena sangat krusial penggunaanya.

  • Horizontal axis

Selain vertical axis, terdapat juga horizontal axis yaitu kata keterangan yang akan menjelaskan variable pada sumbu x.

  • Data series

Data series ini adalah data yang akan meggambarkan titik-titik yang ada pada grafis.

  • Legend

Legend adalah unsur yang berfungsi untuk menjelaskan mengenai bagaimana identifikasi suatu data yang ada pada excel.

Memasukkan Grafik Sesuai Kebutuhan

Saat akan menampilkan data dalam bentuk grafik, pastikan terlebih dahulu data yang dimasukkan benar dan melihat bagaimana cara pembuatan grafik. Cara membuat grafik di excel untuk memasukkan grafik ini sangat mudah karena bisa digunakan untuk segala tipe grafik excel dengan 2 data sesuai kebutuhannya.

  • Cara membuat grafik di excel dengan banyak data yang pertama adalah dengan memilih sel yang akan dibuat grafiknya. Hal ini juga melibatkan judul beserta kolom dan juga label yang digunakan. Sel ini nantinya adalah sumber data pada grafik.
  • Selanjutnya, cara membuat grafik di excel adalah dengan carilah tab insert dan klik saja perintah chart atau grafik yang diinginkan. Jika Anda bingung saat memilih ejnsi grafik, maka bisa disesuaikan dengan recommended charts yang akan memberikan saran grafik apa yang paling sesuai dengan jenis data yang Anda masukkan.
  • Setelah itu, pilih jenis grafik yang diinginkan dan segera tarik ke menu worksheet Anda.

Grafik dan Tata Letak

Setelah membuat grafik, ada beberapa bagian yang harus diperhatikan. Salah satunya adalah tata letak grafik. Mengatur tata letak ini akan menghasilkan grafik yang rapi dan enak untuk dipahami.

  • Excel akan memberikan fitur berbagai elemen mulai dari judul, hingga legenda yang akan membantu Anda saat memahami data yang ada pada grafik.
  • Saat akan menambah elemen yang diperlukan, anda bisa dengan menggunakan perintah quick layout dan juga pilih yang mana yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.
  • Beberapa jenis gaya juga disediakan dalam excel 2013 sehingga Anda bisa memiih yang mana yang kiranya paling sesuai dengan kebutuhan.

Cara Memutar Data dan Baris Excel

Berbicara masalah data, pastinya akan bisa diatur sedemikian rupa hingga mencapai kata sempurna sesuai dengan kebutuhan. Salah satu hal yang juga harus diperhatikan adalah bagaimana cara membuat grafik di excel 2007 untuk menempatkan sebuah data sesuai dengan kelompoknya. Excel 2016 menyediakan fitur untuk membalik judul data sesuai dengan kebutuhan dan keperluan kita.

Mengubah Jenis Grafik

Saat grafik telah selesai namun dirasa masih kurang sempurna dan cenderung tidak cocok, maka Anda bisa memilih kembali jenis grafik yang paling pas dengan kebutuhan Anda. Cara membuat grafik di excel sangat mudah di mana Anda hanya tinggal mengklik change chart type saja, dan pilih yang mana yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda. kini, membuat grafik di excel 2007 bukan lagi hal yang meneramkan utnuk dilakukan karena sudah bisa dilakukan menggunakan satu kali sentuhan.

 

  • Leave a Reply

%d bloggers like this: