Cara Membuat Tabel di Excel

Excel adalah salah satu software berbasis spreadsheet yang banyak digunakan untuk memenuhi segala kebutuhan kaum milenial. Pasalnya, excel ini menyediakan beragam fungsi khususnya yang berhubungan dengan angka dan segala macam kebutuhan yang lainnya. Salah satu hal yang penting dalam excel adalah tabel sehingga cara membuat tabel di excel ini akan dicari oleh banyak orang.

Penggunaan Microsoft excel untuk menyelesaikan berbagai data kompleks menjadi yang lebih sederhana ini sudah tak diragukan lagi. Pasalnya, penyajian tabel ini sangat ringkas serta ditambah dengan berbagai fitur yang akan membuat tabel terlihat semakin menarik.

Pengertian Tabel dan Cara Membuat Tabel di Excel dengan Cara Mudah

Tabel secara umum memiliki arti adalah daftar yang berisikan sejumlah ringkasan data atau pun informasi yang saling berhubungan. Informasi ini bisa berupa angka atau pun teks yang disusun secara lebih sistematis pada kolom dan juga baris sehingga akan memudahkan baik dalam pembacaan atau pemahaman segala macam isinya.

Tabel ini menjadi salah satu fitur yang disediakan oleh Microsoft excel yang saat ini amsih menjadi idaman semua orang. Cara membuatnya pun sangat mudah karena tersedia cara ringkasnya. Selain itu, tabel ini juga berisikan beragam fitur tambahan yang memungkinkan Anda untuk merubah dan memodifikasi tabel sesuai dengan kebutuhan Anda.

Manfaat Menggunakan Tabel dalam Excel

Saat membuat tabel, pastinya ada beragam manfaat yang akan memudahkan segala macam pekerjaan Anda. Lalu, kira-kira apa saja manfaat yang didapatkan dengan menggunakan format tabel?

  • Mudah digunakan

Salah satu manfaat yang sudah dirasakan oleh semua orang dalam penggunaan tabel ini adalah mudah. Pasalnya, Anda bisa membuat segala macam tabel sesuai dengan keinginan Anda. Desain atau gayanya juga bisa dipilih sesuai dengan keinginan Anda karena Anda dapat mengolah dan merubahnya sesuka hati.

  • Mudah memberikan nama

Selain karena mudah dalam memodifikasi, tabel yang ada dalam excel ini juga sangat mudah diganti nama. Hal ini pastinya akan sesuai dengan kebutuhan Anda dan juga bisa muntuk memberikan formula khusus atau rumus tertentu.

  • Mudah menambahkan baris data

Selain karena kemudahan di atas, Microsoft excel juga memungkinkan Anda untuk menambah dan merubah jenis data yang ada. Caranya sangat gampang karena telah tersedia fitur insert yang bisa digunakan untuk menambah atau pun untuk memodifikasi jumlah baris, kolom, atau pun data yang telah dituliskan sebelumnya.

  • Dapat menambah tombol filter

Salah satu keuntungan yang disajikan dalam MS excel adalah dapat menambah tombol filter dan juga subtotal secara otomatis. Hal ini pastinya akan sangat memudahkan sesuai dengan kebutuhan tabel Anda.

Cara Membuat Tabel di Excel dengan Menu Insert Tabel

Cara membuat tabel ini adalah slaah satu hal yang sering ditanyakan karena mengingat kebutuhan akan tabel sangat beragam. Cara yang digunakan juga bisa beragam sesuai dengan kebutuhan dan versi mana yang paling mudah.

Cara membuat tabel ini akan hampir sama meskipun berbeda mulai dari versi excel 2007, excel 2010, excel 2013, hingga excel 2016 sekalipun. Sehingga, cara ini bisa digunakan pada semua jenis aplikasi dengan versi yang berbeda sekalipun.

  • Seleksi rentang data yang digunakan

Cara pertama yang bisa digunakan adalah dengan menyeleksi rentang data yang digunakan. Caranya adalah pilih tabel yang tersedia pada menu tab insert dan juga group tables. Anda juga bisa menggunakan cara cepat yakni dengan ctrl + T atau pun dengan ctrl + L.

  • Create tabel

Setelah keluar option box, maka Anda bisa memilih create tabel dan pastikan jika rentang sel atau pun range data yang digunakan sudah sesuai dengan kebutuhan tabel Anda. Jika range data yang digunakan memiliki headres atau pun judul kolom, maka centang pada bagian my tabel has headers. Saat Anda mencentang bagian ini, maka akan muncul pada bagian atas berupa header baru dengan nama column 1 atau pun column 2 dan seterusnya. Nama-nama ini juga bisa diubah sehingga bisa disesuaikan kembali dengan jenis header Anda.

  • Finishing

Setelah itu, maka klik saja pilihan ok maka tabel yang Anda butuhkan telah siap digunakan dan diisi datanya. Tabel ini juga bisa dimodifikasi sesuai dengan kebutuhan Anda sendiri. Pilihan warna atau pun modelnya juga sangat beragam sehingga pilihlah yang paling cocok dengan kebutuhan.

Cara Membuat Garis Tabel di Excel dengan Sekali Sentuhan

Tabel yang telah Anda buat pastinya tak ingin terkesan kaku dan juga monoton. Sehingga, Anda perlu melakukan modifikasi sedemikian rupa agar tabel yang Anda miliki ini menjadi tabel yang mudah dibaca dan juga mudah dipahami.

  • Blok range tabel

Cara pertama dalam membuat garis tabel adalah dengan memblok atau memilih terlebih dahulu pada semua kolom yang akan diberi garis. Caranya adalah dengan mengklik tahan dan jangan sampai dilepas dari kolom awal dari data hingga kolom terakhir yang diinginkan.

  • Setelah itu, maka klik home dan juga klik icon border dan klik all borders. Border ini bisa disesuaikan dengan kebutuhan mulai dari border full atau bahkan hanya diagonal horizontal atau pun vertikal saja.

Jika tabel yang Anda buat terdiri atas tabel yang rumit dan sulit dibaca, maka harus memiliki judul agar memudahkan dalam pembacaan serta pemahamannya. Pasalnya, dengan menghubungkan antara satu tabel dengan yang lainnya ini akan membuat tabel yang Anda buat lebih nyaman untuk digunakan.

Cara Membuat Judul Tabel

Cara membuat judul tabel ini sangat gampang karena langkahnya sangat singkat. Berikut merupakan cara membuat judul tabel pada Ms excel.

  • Cara pertama adalah dengan membuka tabel terlebih dahulu.
  • Setelah itu, klik kanan pada file tersebut dan klik open with word.
  • Klik dan juga blok judul tabel yang diibginkan dan klik kanan pada cara membuat kop excel atau judul yang telah diblok.
  • Klik table properties dan segera pilih tab row dan repeat as header.
  • Setelah itu, maka cara membuat kepala tabel adalah judul tabel Anda sudah berulang pada satu nomor tabel dan tabel yang berikutnya.

Tabel yang Anda buat pastinya tak boleh asal dan tak bisa dibaca begitu saja. untuk kedaan tertentu biasanya juga membutuhkan relasi antara 2 jenis tabel yang telah dibuat, berikut merupakan cara menghubungkan antara dua buah tabel.

Cara Membuat Relasi Antar Tabel di Excel

  • Buatlah database file yang ada
  • Buatlah tabel dengan jendela design vies dan tuliskan judul yang Anda inginkan
  • Jika data telah dimasukan secara keseluruhan, maka segera klik tab create grup queries dan klik dialog show tabel.
  • Selanjutnya, buatlah relasi antara tabel ini dengan menahan fieled dan diberi dengan kode sehingga akan terlihat relasinya secara nyata.

Cara membuat tabel di excel ini sangat mudah. Anda juga bisa mendapatkan beragam tutorial untuk menghasilkan tabel idaman dan sesuai dengan kebutuhan. Terlebih saat ini juga tersedia beragam perkembangan fitur dari excel sehingga hasilnya akan lebih maksimal.

 

  • Leave a Reply

%d bloggers like this: