Cara Menggunakan Excel dengan Macam Versi

Excel adalah salah satu program penting yang bisa digunakan untuk menyelesaikan segala macam kebutuhan. Penggunaanya tak terbatas pada angka saja, namun bisa juga untuk membuat grafik, tabell, dan segala macam plot secara lebih sederhana. Cara menggunakan excel ini menjadi cara yang harus diketahui dalam segala perangkat.

Penggunaan excel yang tak terbatas ini membuat semua orang tetap menginginkan mengerjakan excel tak hanya di komputer saja. Salah satunya adalah di android yang bisa digunakan dengan mudah dan gampang yang kini juga tersedia versi excel 2010 hingga excel 2003.

3 Cara Buka Excel dengan Android

Saat berbicara excel di android pastinya adalah kabar gembira untuk semua orang. Pasalnya, Anda bisa menjalankan segala jenis pekerjaan dengan lancar, mudah, dikerjakan di mana pun sesuai dengan keinginan Anda.

  • Download aplikasi khusus android

Cara pertama yang bisa digunakan saat akan menggunakan excel di android pastinya adalah denan memiliki aplikasi khususnya terlebih dahulu. Aplikasi ini bisa didapatkan dengan mudah di Google Play store.

Ada banyak sekali jenis aplikasi excel yang bisa digunakan di hp. Salah sat yang mudah, sederhana, dan ringan untuk segala jenis android adalah WPS. Setelah melakukan pendownloadan, maka Anda harus segera menginstal aplikasi tersebut.

  • Buka aplikasi

Setelah aplikasi didownload dan diinstal dengan sempurna, maka segera saja untuk membuka aplikasi yang Anda miliki agar merasakan bagaimana sensasi penggunaan aplikasi yang satu ini.

  • Gunakan sesuai kebutuhanmu

Setelah membuka, pastikan Anda familiar terlebih dahulu terhadap segala fitur yang ada di aplikasi tersebut. Dengan memahami segala aplikasinya, maka nantinya Anda akan lebih mudah dalam mengelola serta menggunakan sesuai dengan kebutuhan.

Cara Menggunakan Excel untuk Perhitungan

Excel memiliki fungsi yang sangat beragam mulai dari perhitunan biasa hingga pengolahan data yang rumit sekalipun. Jika Anda merupakan untuk pemula, maka bisa mempelajari dimulai dari dasarnya terlebih dahulu.

  • Fungsi SUM

Salah satu fungsi dasar excel yang bisa digunakan untuk perhitungan ini adalah SUM. SUM sendiri memiliki fungsi yang begitu nyata yaitu dapat digunakan sebagai cara menjumlahkan beberapa data sekaligus.

Cara menghitung menggunakan SUM ini sangat mudah di mana Anda hanya perlu mengetikkan rumus =SUM(B4:B9). Rumus tersebut memiliki arti untuk menjumlahkan data yang ada pada sel B4 hingga B9.

  • Fungsi AVERAGE

Selain SUM, average juga digunakan untuk melakukan perhitungan sederhana yaitu untuk mendapatkan nilai rata-rata atau nilai tengah dari suatu data. Nilai ini biasanya akan banyak digunakan dan dicari oleh pengguna.

  • Fungsi perkalian dan pembagian

Saat Anda berrencana menggunakan excel untuk perhitungan, maka akan sangat gampang karena untuk perkalian Anda cukup menggunakan tanda * saja. sedangkan untuk pembagian, maka Anda bisa menggunakan tanda /.

Excel juga telah menyediakan beragam fungsi atau fitur yang akan memudahkan dalam segala jenis penggunaan yang ada. Salah satunya adalah fitur makro yang juga banyak digunakan oleh orang. Fitur ini memiliki fungsi untuk melakukan otomatisasi segala jenis tugas secara berulang.

Cara Aktifkan Excel Makro untuk Memudahkan Penggunaan

Makro dalam excel ini memiliki fungsi yang berisi segala macam perintah untuk mengotomatisasi tugas secara berulang. Hal ini akan bisa dijalankan saat Anda harus melakukan pekerjaan tersebut.

  • Mengaktifkan makro dengan menggunakan bilah pesan

Salah satu cara yang bisa digunakan untuk mengaktifkan makro adalah dengan melalui bilah yang ada. Jika Anda memiliki file makro, maka bilah yang muncul akan berwarna kuning dengan adanya ikon perisai dan juga tombol untuk mengaktifkan konten.

Saat Anda mengklik secara otomatis pada bilah tersebut, maka nantinya file akan terbuka sehingga dokumen akan menjadi terpercaya.

  • Mengaktifkan makro dengan tampilan backstage

Cara lain yang bisa digunakan saat aan mebgaktifkan makro adalah dengan tampilan backstage. Tampilan ini akan muncul pada saat Anda mengklik tab file dan kemudian pilih pesan dengan bilah kuning.

Excel juga memiliki beragam fitur yang menjanjikan dan berfungsi untuk mengerjakan segala macam tugas Anda. Salah satunya adalah untuk mengisi form isian yang biasa digunakan dalam banyak kesempatan.

Cara Membuat Program Form isian dengan Excel

Saat akan membuat form isian dalam excel, terdapat dua buah cara yang bisa digunakan yaitu dengan menggunakan VBA dan juga excel macro. Dua buah metode ini dapat menghasilkan form isian yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

  • VBA

VBA atau yang biasa dikenal dengan Visual Basic Aplication merupakan turunan yang diperoleh dari bahasa pemrograman dari Microsoft. VBA ini digunakan dengan aplikasi karena tak dapat berdiri sendiri harus di atas aplikasi yang ada.

  • Macro

Metode yang selanjutnya yang bisa digunakan adalah macro di mana script ini bisa digunakan dalam beragam jenis aplikasi saat akan membuat otomatisasi. Script ini nantinya akan membuat perintah dalam melakukan pekerjaan yang sama dengan berulang-ulang.

Excel ini juga bisa digunakan dalam berbagai keperluan. Salah satunya adalah untuk membuat grafik dari data yang berupa angka. Grafik ini dapat dibuat dengan berbagai macam variasi yang ada.

Cara Mudah Membuat Grafik dalam Excel

Excel tak hanya menyediakan perhitungan saja di mana grafik juga dapat dibuat dengan mudah. Grafik yang disediakan juga beragam seperti yang ada di excel word dan variasinya bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda sendiri.

  • Buka program excel

Cara pertama yang harus digunakan adalah dengan membuka programnya terlebih dahulu. Cara membukanya juga mudah mulai dari klik start all program, dan segera pilih apliaksi Microsoft excel yang telah diinstal.

  • Sisipkan data

Setelah terbuka, maka langkah yang harus digunakan adalah dengan menyisipkan data yang Anda perlukan. Contohnya ladalah bisa dengan dua buah kolom, atau disesuaikan dengan kebutuhan yang Anda inginkan.

  • Blok seluruh data

Setelah memasukan isi data secara keseluruhan, maka Anda harus segera memblok data yang dimiliki. Setelah memblok, maka Anda bisa memilih insert, dan klik chart sehingga nnatinya akan muncul beberapa wizard yang berisikan contoh dan jenis grafik yang beragam. Pilihlah salah satu yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Cara Menggunakan Excel untuk Laporan Keuangan Dengan Excel

Excel tak hanya bisa digunakan untuk membuat perhitungan saja karena excel ini juga bisa digunakan untuk membuat laporan keuangan dengan cara cepat. Caranya sangat mudah karena telah tersedia dengan pasti. Sehingga nantinya laporan keuangan akan menjadi lebih tersistematis.

Cara pembuatan ini sangat mudah karena Anda hanya perlu menggunakan file wizard yang ada untuk menuliskan template yang ada sesuai dengan kebutuhan yang ada. Selain itu, tuliskan juga fungsi yang tersedia mulai dari fungsi IF yang bisa disesuaikan kondisi dan nominalnya sesuai kebutuhan Anda.

Penggunaan Excel Secara Lebih Meluas

Excel adalah salah satu software yang bisa digunakan segala jenis pekerjaan Anda. Jadi, ketahui dasar penggunaan excel ini untuk membuat tugas yang rumit menjadi lebih sederhana. Cara menggunakan excel juga telah tersedia dalam beragam jenis tutorial yang siap digunakan.

  • Leave a Reply

%d bloggers like this: