Cara Menghitung Persen di Excel dengan Baik dan Benar

Excel adalah software yang bisa digunakan untuk mengolah data. Data yang digunakan pastinya berupa angka. Sehingga tak heran jika data ini akan selalu berhubungan dengan persen. Sehingga, cara menghitung persen di excel akan selalu dicari banyak orang.

Banyak juga data perhitungan dalam excel yang menggunakan rumus excel menghitung persen. Sehingga, persen ini tak bisa dilepaskan dari excel. Kegunaanya akan sangat dibutuhkan di mana saja baik untuk menghitung standar deviasi, menghitung komisi, laba, rugi, dan juga masih banyak lagi fungsi persen dalam excel.

Penggunaan persen yang sangat penting ini membuat persen menjadi ilmu dasar dalam excel yang tak bisa dihapuskan sama sekali. sehingga, yuk belajar bersama terkait bagaimana fungsi dan cara menggunakan persen dalam data yang kita sajikan.

Penggunaan persen dalam suatu data ini sangat beragam mulai dari untuk menggambarkan suatu data dengan format persen, untuk menghitung potongan persen, menghitung suku bunga, persen diskon, jumlah penduduk, persen keuntungan, persen pajak, persen kehadiran atau kerugian yang didapatkan, serta beragam jenis keperluan yang lain. Persen ini disimbolkan menggunakan lambang % yang berarti per seratus.

 

Pengertian Persen dalam Excel

Persentase ini adalah satuan persen otomatis yang jika dalam bahasa inggris menjadi percent. Persen ini adalah kependekan kata per centrum yang juga berarti per seratus. Sehingga, persen ini akan dinyatakan dalam lambang %.

Penggunaan persen dalam excel ini memiliki format tersendiri. Sehingga, bagaimana cara menghitung persen tak bisa secara asal begitu saja namun, harus disesuaikan dengan format yang mendukungnya.  Berikut merupakan cara untuk menapilkan format persen.

 

Cara Tampilkan Format Persen dalam Excel

Format dalam excel ini sangat erat kaitannya dengan kepenulisan. Konsep penulisan yang ada dalam excel ini akan sangat berhubungan dengan penggunaannya. Seperti yang kita tahu jika excel ini menyediakan banyak sekali format angka yang bisa dirubah sesuai dengan kebutuhan.

Ada tiga buah cara yang bisa digunakan saat Anda akan merubah format persen Dalam excel antara lain:

  1. Cara menghitung persen di excel yang pertama yang bisa digunakan saat akan merubah suatu data ke dalam bentuk presen adalah dengan mengetikkan secara langsung pada lambang satuan yaitu yang bersimbol % setelah Anda mengetikan angka. Cara ini sangat mudah dilakukan karena cukup satu sentuhan saja, Anda sudah bisa merubah secara otomatis data yang dimiliki ke dalam bentuk persen.
  2. Cara kedua yang bisa digunakan adalah dengan mengubah style dengan menggunakan menu tab home, kemudian memilih number, dan juga segera memilih present (%). Cara ini juga bisa dilakukan menggunakan shortcut yang ada yaitu dengan memilih ctrl, kemudian memilih shift, dan juga segera pilih persen.
  3. Cara ketiga yang bisa digunakan adalah dengan menggunakan kotak dialog yang ada pada cell. Cara ini bisa digunakan dengan mudah namun, menjadi kurang efisien jika dibandingkan dengan dua cara di atas.

Ada beberapa catatan penting yang bisa digunakan saat akan merubah data ke dalam format persen. Catatan ini akan memudahkan Anda saat melakukan konversi data menjadi persen nantinya.

  1. Jika Anda merubah format suatu cell menjadi persen dan baru menuliskan angka, maka angka yang ditulis otomatis akan berubah menjadi persen.
  2. Jika angka yang Anda masukan terlebih dahulu sebelum cel di format ke dalam persen, maka kemudian saat diformat angka tersbeut akan secara otomatis dikalikan dengan 100.

Cara Menghitung Persen di Excel

Excel sebagai software khusus angka, bisa juga digunakan untuk menghitung beberapa jenis data atau angka yang Anda gunakan. Data ini bisa dihitung ke dalam bentuk persen. Tentunya, menggunakan beberapa cara menghitung persen di excel khusus dan membutuhkan variable.

Jenis Variable untuk Menghitung Persen di Excel

Terdapat 2 buah jenis variable yang bisa digunakan saat akan menghitung persentase yaitu:

  1. Nilai yang akan dihitung dalam bentuk persen
  2. Nilai pembanding yang berasal dari nilai yang dihitung persentasinya.

Selain mengenal 2 jenis variable, ada jua dua jenis metode atau rumus excel menghitung yang bisa digunakan saat akan menghitung ke dalam jenis persentase.

Jenis Rumus Yang Digunakan dalam Menghitung Persen

Terdapat dua buah rumus excel menghitung yang biasa digunakan saat menghitung persen yaitu:

  1. Persen kenaikan
  2. Persentase penurunan

Cara Menghitung Persentase Proporsi

Saat menggunakan excel, Anda harus mengetahui beberapa jenis istilah yang digunakan. Istilah ini mencakup istilah penting seperti proprosi. Proporsi adalah suatu pecahan yang pembilangnya adalah bagian dari penyebutnya.

Presentase kumulatif ini nantinya akan digunakan untuk menghitung nilai persen yang berasal dari sebuah variable yang dilakukan dengan membandingkan terhadap variable tersebut yang menjadi bagian dari suatu pembanding yang digunakan.

Salah satu hal yang belum banyak diketahui adalah pada saat menggunakan excel, Anda tak perlu mengalikan data yang digunakan dengan 100%. Pasalnya, saat Anda merubah style atau format ke dalam % data tersebut akansecara otomatis dirubah menjadi bentuk persen.

Cara Menghitung Persen di Excel Perubahan

Berbicara masalah excel, ada beberapa istilah penting yang digunakan dan menjadi dasar saat penggunaan aplikasi ini. Khususnya, jika Anda menggunakan format persen dalam excel. Salah satunya adalah persentase perubahan.

Persentase perubahan ini digunakan saat Anda akan menunjukkan perbedaan atau pun selisih nilai sebelum dan juga nilai sesudah yang berada dalam bentuk persen. Saat Anda akan merubah bentuk ini, maka ada rumus excel menghitung tersendiri yang bisa digunakan dan merupakan sebuah rumus kepastian.

Catatan Penting Penggunaan Persentase Perubahan

Saat akan menggunakan kondisi persentase perubahan, ada beberapa catatan penting yang harus diperhatikan. Catatan ini memiliki arti atau makna tersendiri. Berikut catatan persentase perubahan yang sering dimunculkan.

  • Nilai persen 0

Catatan pertama yang digunakan dalam persentase perubahan adalah persen nilai 0. Nilai ini memiliki makna jika nilai yang ada tak akan mengalami perubahan dengan nilai yang lama.

  • Nilai persen positif

Catatan ini memiliki makna jika terdapat perubahan atau presentase kenaikan yang bermakna jika dibandingkan dengan nilai sebelumnya.

  • Nilai persen negatif

Catatan ini memiliki makna jika terdapat perubahan atau penurunan secara bermakna jika dibandingkan dengan nilai sebelumnya.

Cara Menghitung Persentase Perubahan Positif

Persen positif ini akan menunjukkan berapa besar perubahan presentase kenaikan yang ditambahkan jika dibandingkan dengan nilai yang lama. Nilai ini didapatkan dengan cara mengurangi nilai yang baru menggunakan nilai yang lama.

Cara Menghitung Persentase Perubahan Negatif

Persen negatif akan menunjukkan seberapa besar perubahan yang didapatkan yaitu perubahan yang menurun jika dibandingkan dengan nilai sebelumnya. Nilai ini akan didapatkan dengan cara mengurangi nilai yang lama menggunakan nilai yang baru.

Penggunaan persen dalam excel ini sangat beragam dan akan mengefektifkan beberapa penggunaan. Sehingga, pelajari cara menghitung persen di excel agar bisa memudahkan segala keperluan data Anda seperti untuk menghitung jumlah persen. Yuk coba dari sekarang juga untuk menghasilkan data yang sesuai dengan kebutuhan.

  • Leave a Reply

%d bloggers like this: