Cara Menjumlah di Excel yang Mudah dipahami

Excel adalah salah satu software yang banyak digunakan dan membahas masalah angka. Kualitasnya sudah tak diragukan lagi karena excel ini bisa digunakan untuk menjumlahkan, mengurangi, hingga mnegolah data rumit agar tampak menjadi lebih sederhana. Salah satu dasar yang banyak digunakan adalah terkait cara menjumlah di excel yang akan selalu digunakan dalam beragam macam tugas harian.

Penjumlahan ini pastinya bukanlah hal yang sulit dilakukan karena kini juga tersedia cara otomatis untuk menjumlahkan. Hal ini pastinya akan membantu kinerja Anda karena tak harus menghitung satu per satu dengan jeli.

Penjumlahan ini juga bisa dilakukan dalam beragam kondisi mulai dari menjumlahkan di excel dengan data ke bawah, data antar kolom, data antar baris, hingga bagaimana cara menjumlahkan data yang ada dalam sheet yang berbeda.

Cara Menjumlah di Excel Yang Mudah

Cara Menjumlah di Excel Yang Mudah

Cara Menjumlah Di Excel Yang Mudah

Penjumlahan ini adalah ilmu dasar dalam excel yang harus dipahami oleh semua orang baik itu pemula sekalipun. Penjumlahan ini dikatakan sebagai akar dari perhitungan yang lebih rumit sehingga harus dipahami secara sempurna agar memudahkan dalam penggunaan yang selanjutnya.

Cara menjumlah di excel yang paling mudah adalah dengan menggunakan operatr bertanda plus (+) . Operator ini tak berbeda jdengan penjumlahan secara manual dalam dunia nyata. Misalnya saja jika Anda akan menjumlahkan cell A1, B1, dan juga C1. Maka cukup gunakan operator tanda plus ini (+).

Penjumlahan menggunakan operator plus ini akan bisa digunakan jika data yang Anda jumlah tak banyak. Pasalnya, cara ini tehitung sangat manual sehingga untuk data yang lebih banyak, Anda harus menggunakan cara yang lebih mudah dan juga efisien yakni dengan menggunakan SUM.

Contohnya saja adalah saat Anda akan menjumlahkan sel dalam range yaitu A1:A600 maka bisa menggunakan rumus =SUM(A1:A600). Anda juga bisa mneggunakan shortcut jika akan meletakkan hasil penjumlahan yang ada tepat di bawah atau pun disamping dari range yang akan dijumlahkan dengan Alt + =.

Contohnya saja jika Anda akan menjumlahkan range data dari B1 hingga B99, dan akan meletakkan hasil tersebut di cel B100, maka gunakan saja shortcut tersebut, maka penjumlahan akan dilakukan secara otomatis dan hasilnya akan terletak dengan tepat di cell aktif tersebut.

3 buah cara menjumlah di excel ini adalah cara dasar saat akan menjumlahkan data dalam excel. Untuk pemula, bisa menggunakan cara ini namun untuk keefisienan dan juga keefektifan, Anda bisa menggunakan tutorial cara lain yang akan lebih memudahkan.

 

Cara Menjumlahkan Excel dengan Penjumlahan ke Bawah

Cara Menjumlahkan Excel dengan Penjumlahan ke Bawah

Cara Menjumlahkan Excel dengan Penjumlahan ke Bawah

Terkadang, kita juga dihadapkan pada beragam data yang diklompokkan berdasarkan beda kolom dan harus dijumlahkan. Tentunya, hal ini bukan menjadi hal yang sulit dilakukan karena telah tersedia cara yang mudah untuk melakukan penjumlahan data excel ke bawah.

Cara untuk menjumlahkan data ke bawah ini juga berbagai macam tak hanya satu jenis saja. sehingga, Anda bisa memilih yang mana yang kiranya lebih mudah untuk dijalankan dan juga menghasilkan data yang cepat.

 

Cara Menjumlahkan dengan Operator ke Bawah

Cara Menjumlahkan dengan Operator ke Bawah

Cara Menjumlahkan dengan Operator ke Bawah

Cara menjumlah di excel 2016 pertama yang bisa digunakan saat akan menjumlahkan data ke bawah sebagai cara menghitung total di excel adalah dengan menggunakan operator tanda plus (+). Caranya sangat mudah di mana Anda hnya perlu menuliskan tanda + antar data yang akan dijumlahkan. Contohnya adalah +B2+B3+B4.

Cara ini mudah dilakukan namun tidak efektif karena terlalu lama. Selain itu, tingkat ketelitiannya juga sangat rendah sehingga hindari penggunaan penjumlahan yang satu ini agar mendapatkan daya yang lebih meyakinkan.

 

Cara Menjumlahkan Data Excel ke Bawah dengan SUM

Cara Menjumlahkan Data Excel ke Bawah dengan SUM

Cara Menjumlahkan Data Excel ke Bawah dengan SUM

Cara kedua yang bisa digunakan saat akan menjumlahkan data dari atas ke bawah adalah dengan fungsi SUM. Cara untuk sangat mudah dan juga cepat digunakan. Misalkan saja Anda ingin cara menjumlahkan uang data daric el B6 hingga B8 maka, rumus menjumlahkan akan menjadi =SUM(B6:B8).

Penggunaan fungsi sum ini akan lebih mudah digunakanuntuk menjumlahkan data dari atas ke bawah jika Anda menggunakan perpaduan shortcut yaitu alt + = dengan tujuan untuk menempatkan hasil tepat di bawah cell yang Anda ingin jumlahkan.

Cara menjumlah di excel 2016 ini akan memudahkan karena Anda tak perlu melakukan copy paste terhadap cell yang akan dijumlahkan cukup menggunakan shortcut tersebut saja. penggunaan cara ini bisa dipilih sesuka hati kiranya yang mana yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

 

Cara Menjumlahkan Data ke Bawah dengan SUBTOTAL

Cara Menjumlahkan Data ke Bawah dengan SUBTOTAL

Cara Menjumlahkan Data ke Bawah dengan SUBTOTAL

Cara menghitung total di excel selanjutnya yang bisa digunakan adalah fungsi SUBTOTAL. Jika selama ini Anda hanya beranggapan jika fungsi yang diguankan hanyalah fungsi SUM saja, maka hal tersebut tak benar karena ada juga fungsi SUBTOTAL yang akan memudahkan Anda saat akan melakukan penjumlahan data ke bawah.

Cara ini biasanya digunakan dengan merubah format data menjadi format tabel terlebih dahulu baru kemudian dapat dijumlahkan. Jika sudah berada dalam format tabel, maka Anda bisa segera menjumlah angka dengan total row yang terdapat pada tab design dan kemudian pilih menu SUM yang ada pada baris total terkait.

Excel adalah aplikasi yag bisa digunakan untuk menjumlah angka segala macam data dan perhitungan. Sehingga, jika kebutuhan Anda adalah untuk menjumlah angka data antar kolom, ke samping, pastinya hal tersebut bukan masalah yang besar dalam excel.

 

Cara Menjumlahkan di Excel Antar Kolom

Cara Menjumlahkan di Excel Antar Kolom

Cara Menjumlahkan di Excel Antar Kolom

Cara menjumlah di excel antar kolom ini bisa dikatakan sebagai cara cepat untuk menjumlah otomatis kesamping. Hal ini dibutuhkan jika untuk mengsisi beda kolom total yang ada di tabel di atasnya maka cara cepat yang digunaan untuk menjumlahkan adalah sama tak jauh berbeda dengan menjumlah total data, menjumlah persen, menjumlah nilai ke bawah.

 

Cara Melakukan Penjumlahan Antar Kolom ke Samping dengan Operator Plus (+)

Cara Melakukan Penjumlahan Antar Kolom ke Samping dengan Operator Plus (+)

Cara Melakukan Penjumlahan Antar Kolom ke Samping dengan Operator Plus (+)

Cara menjumlah di excel pertama yang bisa digunakan untuk menjumlah total data antar kolom ke samping adalah menggunakan operator tanda plus (+). Cara cepat  ini hampir sama dengan cara rumus yang sebelumnya yakni Anda harus menggunakan tanda + antar cell yang pastinya kurang efektif dana membutuhkan waktu yang lama.

 

Cara Penjumlahan Antar Kolom dengan SUM

Cara Penjumlahan Antar Kolom dengan SUM

Cara Penjumlahan Antar Kolom dengan SUM

Penjumlahan beda kolom juga bisa menggunakan SUM yang akan lebih memudahlan dan cepat untuk mendapatkan hasil yang diinginkan. Caranya adalah sama dengan penjumlahan data SUM ke bawah yakni dengan memasukkan range data yang akan dijumlahkan.

 

Cara Penjumlahan dengan Subtotal

Cara Penjumlahan dengan Subtotal

Cara Penjumlahan dengan Subtotal

Fungsi subtotal ini tak hanya bisa digunakan untuk menjumlah otomatis data antar baris saja, namun juga bisa digunakan untuk menjumlah data beda kolom yakni ke samping. Cara rumus ini juga akan menghasilkan cara rumus yang mudah dan juga cepat sehingga, bisa digunakan untuk mengganti fungsi sum.

Penggunaan excel dalam menjumlahkan ini sangat luas dan tak terbatas pada data yang kecil saja. pasalnya, data besar, banyak, bahkan data antar sheet juga akan bisa dijumlahkan dengan cepat. Prinsip menjumlah data di excel ini adalah sama yakni bisa menggunakan fungsi rumus menjumlahkan SUM, penjumlahan operator tanda plus, dan juga fungsi SUBTOTAL yang bisa digunakan untuk menjumlah total antar sheet. Tinggal memilih saja cara menjumlah di excel yang mana yang paling sesuai dengan kebutuhan.

 

  • Leave a Reply

%d bloggers like this: