Cara Print Excel dengan Baik dan Benar

Excel adalah salah satu software berbasis spreadsheet yang banyak digunakan untuk memenuhi segala kebutuhan kaum milenial. Pasalnya, excel 2010 ini menyediakan beragam fungsi khususnya yang berhubungan dengan angka dan segala macam kebutuhan yang lainnya. Segala kebutuhan bisa diselesaikan dengan excel 2010 namun, biasanya akan menemui masalah pada saat mencari cara print excel yang tak terpotong. Pasalnya, kebanyakan jika ngeprin di excel nantinya akan keptoong.

Print yang kepotong ini pastinya adalah hal yang dihindari semua orang karena akan membuat file menjadi tak utuh. Selain itu, biasanya file yang kepotong ini akan memperbanyak halaman print sehingga boros kertas.

Padahal, ada beberapa cara yang bisa digunakan agar ngeprint tak terpotong. Cara print excel  ini pastinya sangat mudah karena bisa dilakukan oleh siapa saja. prinsipnya adalah cara pengatutan agar nantinya file tak terpotong sama sekali.

Cara Print Excel Agar Tak Terpotong

Cara print excel penuh supaya tidak terpotong ini adalah cara yang mudah dilakukan dan harus dilakukan sebelum ngeprin agar tak terpotong dan menjadi satu halaman penuh. Periksa tersebut beberapa hal di bawah ini agar nantinya print file excel akan menjadi sempurna sesuai dengan kebutuhan Anda.

Konversi Data Menjadi Tabel

Excel adalah salah satu software yang sangat powerful yang mana jika Anda mampu menguasai segala isi dalam excel 2010 ini, maka Anda akan bisa menjadi lebih berguna karena segala kebutuhan terpenuhi dengan sendirinya. Cara mengantur print Excel 2010 tersedia dalam bentuk lembar kerja berupa kolom dan juga baris yang jika akan diprint datanya harus dibuat tabel terlebih dahulu.

Pasalnya, jikabelum dibuat tabel, data yang Anda masukan tersebut akan didefinisikan sebagai data biasa bukan data tabel. Sehingga, data Anda harus dikonversi terlebih dahulu ke dalam bentuk tabel.

Cara print excel untuk mengkonversi ini sangat mudah di mana Anda hanya perlu memilih semua data Anda dengan klik menu home selanjutnya klik format as table dan segera pilih format tabel sesuai dengan yang Anda inginkan.

Selanjutnya, akan terdapat perintah untuk memasukan data Anda ke dalam tabel. Jika Anda suddah memilih sebelumnya, maka biarkan saja menjadi seperti itu dan segera beri tanda centang pada my table has headers agar mengetahui tabel yang kita buat telah memiliki header layaknya no, nama depan, nama sesuai kebutuhan, dan juga lain sebagainya.

Salah satu keuntungan data yang menjadi tabel adalah kita dapat melakukan segala sesuatu menjadi lebih otomatis. Seperti untuk mengurutkan data baik dari yang terkecil hingga terbesar atau pun sebaliknya. Selain itu, kita juga bisa menyaring email yang didasarkan pada keyword atau kata kunci yang ditentukan oleh sendiri. Sehingga, Anda dapat mengatur kata kunci sesuai dengan keperuan.

Mengatur Area Print

Cara print excel ke word selanjutnya, Anda juga harus menentukan terkait cara print excel di tengah dan juga print area excel yang akan Anda gunakan agar tidak kecil dan menjadi full kertas. Hal ini akan termasuk untuk baris dan juga kolom yang digunakan sehingga akan menjadi cara print excel agar pas.

Jika Anda menggunakan print default, maka seluruh baris yang ada akan diprint secara otomatis. Berbeda jika Anda mengaturnya terlebih dahulu, maka yang diprint hanyalah baris yang dibutuhkan saja.

Contohnya saja jika Anda memiliki 100 baris data namun hanya ingin mencetak dari 1 hingga 16 saja maka Anda hanya memilih header data dari 1 hingga 16 yang perlu dicetak. Hal ini tak perlu dilakukan jika Anda ingin mencetak semua baris yang ada dalam data Anda.

Periksa Ada Tidaknya Data Tersembunyi

Salah satu hal yang juga harus diperhatikan adaah ada tidaknya data tersembunyi. Data ini adalah data yang jika Anda tuliskan dalam cell excel 2010 terlalu panjang sehingga, tidak akan ditampikan secara keseluruhan. Hal ini bisa dilakukan dengan memperpanjang kolomnya pasalnya, saat tidak diperpanjang, maka ldata yang tak terbaca tadi tidak akan bisa dicetak.

Cara print excel penuh yang bisa digunakan untuk memperlebar kolom ada;ah dengan klik dobel pada bagian panel kolom dan seret untuk melakukan perpanjangan. Lakukan juga untuk beberapa cell lain yang Anda inginkan yang dirasa belum terlihat.

Jika data yang Anda miliki sangat banyak, maka Anda bisa memanfaatkan fitur wrap text. Caranya mudah di mana Anda cukup klik sekali saja pada yang akan dirubah dan klik wrap text. Wrap text ini memiliki fungsi yang sama dengan pelebaran kolom.

Mengatur Margin, Scaling, dan Orientation

Salah satu hal yang juga harus diatur terkait cara print excel ke word adalah margin atau batas tepi kertas. Dengan pengaturan ini, maka Anda bisa mengatur jarak dari ujung kertas sampai tabel yang akan dicetak sehingga cara print excel agar besar bisa dilakukan. Pengaturan margin bisa dilakukan dengan menekan tombol ctrl + P yang nantinya shortcut ini akan bisa langsung digunakan untuk mencetak per page .

Selain margin, orientasi kertas juga sangat diperlukan untuk cara print excel agar besar. Contohnya saja jika tabel Anda memiliki banyak margin, maka atur orientasi menjadi landscape dan jika banyak baris datanya, maka bisa gunakan portrait.

Pada saat pengaturan margin ini, Anda juga bisa melakukan pengaturan lebih lanjut terkait lebar dan juga tinggi kertas. Contohnya margin dengan jenis wide, maka tabelnya akan dicetak dalam bentuk lebar. Jika yang dipilih adalah narrow, maka nantinya akan lebih meminimalisir margin dan sangat cocok jika Anda memiliki kolom header yang sangat banyak. Jika Anda membutuhkan pengaturan sendiri, maka bisa gunakan custom margins yang bisa disesuaikan.

Anda juga bisa membuat tabel menjadi lebih sempurna terkait cara print excel ke word yakni dengan mencentang horizontally atau pun vertically dengan adanya pengaturan center on page yang akan membuat tabel berada di tengah nantinya pada saat pencetakan.

Hal terakhir yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan pengaturan scalling atau melakukan pengukuran tabel yang digunakan sebagai cara print excel landscape. Di sini, Anda bisa membuat tabel menjadi terlihat lebih kecil, lebih besar sesuai dengan kebutuhan Anda.

Cara print excel 2007 untuk seluruh baris, maka bisa gunakan no scalling serta bisa memilih scalling dengan jenis fit all rows in one page jika dirasa sesuai dengan kebutuhan Anda. Jika ingin melakukan pengaturan secara manual, maka bisa menggunakan custom scaling options yang bisa disesuaikan dengan keinginan.

Menambahkan Header Serta Footer

Cara print excel ke word yang bisa divariasi adalah pada jendela yang sama yaitu custom scaling options ini nantinya Anda juga bisa menggunakan menu header dan juga footer yang bisa juga menggunakan Microsoft word saat melakukan pengaturan ini. Anda juga bisa melakukan pengaturan untuk menambah tanggal dan juga segala hal tambahan pada menu ini.

Tinjau Ulang Tabel Yang Dicetak

Jika Anda telah melakukan keseluruhan pengaturan ini, maka bisa segera tinjau ulang kembali untuk melihat hasil akhie pengaturan file Anda. Jika dirasa sudah cocok, tinggal lanjutkan print saja. Jadi, cara print excel dari halaman belakang ini sangat mudah dan kini tak  ada lagi kasus file supaya tidak terpotong saat diprint. Sehingga, segala macam dokumen Anda akan aman dan bisa disesuaikan dengan kondisi yang ada sesuai kebutuhan Anda.

 

 

  • Leave a Reply

%d bloggers like this: