9+ Jenis Surat Cinta Informal Bisa Kamu Pakai (Langsung)

Hubungan cinta antara dua insan yang saling mencinta dengan fitrahnya, kadang kala memjafikannya pilah-pilih dalam menentukan belahan jiwannya. Apa yang kita harapkan untuk kita, tak selayaknya berjalan dengan mulus harapan. Perlulah perjuangan dalam menggapai targerrt yang kita harapkan. Contoh surat cinta ini bisa membantu kamu utnk memecahkan masalahmu.

Dengan sajian yang lengkap dan menggemaskan dari contoh-contoh di bawah, akan membuka cakrawala kamu untuk lebih berkreasi lagi dalam membuktikan cintamu kepadanya dengan untaian kata-kata yang romantis dan penuh makna.

Berikut ulasannya,

Cara Membuat Surat Cinta

Cara Membuat Surat Cinta
Cara Membuat Surat Cinta. (canva)

Anda hanya membutunhkan beberapa kiat tertentu untuk dapat menghasilkan mahakarya surat cinta yang romantis yang bisa dibanggakan. Jika anda mengetahui perasaan yang sedang bergejolak di dalam hati, tetapi mengalami kesulitanuntuk menuangkannya kedalam kumpulan kata-kata di atas surat cinta, jangan khawatir!

..entah kamu ingin menulis surat cinta untuk pasangan hidup/kekasih atau sesesorang istimewa.

Max Muller, pernah memberikan penggalan kata-kata, “Bunga tidak dapat mekar tanpa matahari, dan manusia tidak dapat hidup tanpa cinta”, Beliau ini seorang filusuf Jerman.

Metode-Metode Membuat Surat Cinta

metode menbuat surat cinta
metode menbuat surat cinta.

Untuk menulis sebuah surat cinta yang humoris, romastis bukin baper, jangan terkontiminasi dengan pengaruh orang lain. Lupakan aturan-aturan penulisan surat firmal. Anda tidak perlu memusingkan soal judul untuk surat cinta, berapa banyak baris untuk satu paragraf, atau di sudut mana kamu harus menaruh tanggal.

1. Lupakan Format Formal, bebaskan diri kamu

Lebih halnya, suat cinta bisa dianggap sebagai dokumenpaling kasual, pribadi, dan intim dalam hidup seseorang. Apa yang dituangkan dalam contoh surat cinta dibawah ini jauh lebih oenting daripada cara menuliskannya. Jadi, bebaskan diri kamu!,

,…dan mulailah menulis sesuka hati tanpa perlu memusingkan aturan standar untuk menulis surat dan lainnya.

  1. Bila lebih menyukai sesuatu yang konservati, kamu cukup menulis nama [embaca di sebelah kiri, pada baris paling atas, dertai dengan koma. Misalnya: jika kamumenulis untuk Asma Halimatussa’diyah, wanita yang kamu taksir di kantor dan seruangan sama kamu, cukup tuliskan “Asma,” di bagian kiri atas halaman.
  2. Jika kamu mengigninkan sesuatu yang lebih berani, jangan takut untuk mengubah aturan formal tradisional sesuai kebutuhan. Misalnya, bila inginmencamtukantanggal seperti dalam surat tradisional, kamu mungkin bisa memberdayagunakan dengan menulis seperti, “6 Maret 2019, 365 hari sejak pertama kali aku bertemu denganmu…

2. Buatlah Salam Pembuka Menarik dan Romantis

Pilihlah salam pembuka yang menunjukkan bahwa orang yang kamu tuju itu istemewa bagi kamu. Nah, dalam menulis surat, salam pembuka itu adalah sapaan yang digunakan untuk mwmbuka surat pastinya, biasanya sesuatu yang diawali seperti “Dengan Hormat..“, “Untuk pidak yang berkepentingan..“, atau semacamnya

Banyak puluhan salam pembuka yang bisa menjadi carayang jitu untuk menunjukkan bahwa anda cukup peduli terhadap pembaca sehingga dapat meluangkan waktu untuk memikirkannya.

..atau,.
Kamu lebihlagi bisa mengabaikannya. Semua terserah kamu!

  • Misalnya, jika kamu menulis surat untuk Gala Hakam, cowok keren yang kamu jumpai di toko buku lokal, kamu bisa mencoba merujuk kepada fakta tersebut dalam salam pembuka dengan menulis sesuatu seperti, “Hakam calon imamku, kutu bukuku yang keren,…

3. Pastikan Baris Pertama Surat Memancing Gairah Tuk dibaca

Usahakan agar baris pertama surat kamu dapat memancing minat atau membangkitkan gairah. Surat cinta bisa bermacam-macam (manis, genit, tulus atau bahkan modus), tapi tidak pernah membosankan. Di contoh surat cinta ini nantibukan sekedar kesempatan untuk mencurahkanapa yang kamurasakan kepada orang yang kamu taksir,

,…tetapi,

Kesempatan untuk membuat orang tersebut benar-benar tertarik untuk bersama kamu!

Baris pertama pembuka surat harus mencerminkan keinginan kamu. Kamu bisa menuliskan kata-kata yang cerdas, lucu atau bahkan berbau skandal.

Namun, jangan pernah berpikir untuk memulai surat kamu dengan “Aku menulis surat ini untuk memberi tahu bahwa aku sangat menyukaimu, alasannya sebagi berikut…”

Berkut ini contoh kalimat pembuka menarik:

  • Kita umpamakan kamu menulis untuk Rini Sholihah, “wanita bidadari surga…” yang kamu kenal di tempat kajian terdekat komplekmu. Ada jutaan cara untuk merangkai kalimat pertama kamu.
  • Ini juga contoh yang bisa dipertimbangkan; “Masalah paling buruk dalam klub debat bukanlah berurusan dengan peraturan Mas Nelson, melainkan harus debat dengan orang yang membuatku tergila-gila
  • “Minggu lalu, saat dikau naik ke podium, kau sangat gigih memperjuangkan tentang pajak penghasilan, tetapi aku merasa dikau sedang berjuang untuk mendapatkan hatiku,..”

4. Tampilkan Nada Tulisan Canda, Tapi Tetap Sopan

Gunakan nada bercanda, tetapi tetap sopan. Para Pujangga cinta berabad-abad yang lalu mungkin menggunakan bahasa yang kakudan formal unutk merayu satu sam lain, tetapi pecinta modern biasanya dimaklumi jika inginsedikit bersenang-senang.

Jangan merasa malu jika ingin bersikap konyol atau bahkan sediki menggoda pasangandalam surat cinta. Jika anda sudah mengenal satu sama lin dengan baik, pendekatan informal kaya gini biasanya akan mendatangkan tawa atau bahkan rayuan. Dan tidak ada yang merasa sakit hati.

Lebih baiknya lagi, segera dilamar, dategni orangtuanya, dan bicxarakan maksud kedatanganmu.

Berikut contohnya;

  1. Selama pembaca surat mengetahui dengan jelas bahwa kamu sedang bercanda, kamu bisa melangkah lebih jauh dalam permainan kata-kata menggunakan bahasa kuno yang berbunga-bunga. Jangan takut untuk menunjukkan ambisi besar, misal: “Kekasih pujaan hatiku, dirimulah ang membuat hatiku terus menari. kau pejuang bidadari untuk anak buah hatiku, akau akan sangat terhormat kalu bisa membawamu ke pelaminan
  2. Di sisi lain, kamu juga tidak ingin memberi kesan terlalu liar. Tidak masalah kamu lontarkan satu, dua godaan halus untuknya apalagi orangtuanya, tetapi jangan bersikap kasar atau tidak sopan.
  3. dan jangan pula menggunakan kata-kata makian, ingatlah bahwa kamu sedang memperjuangkan isi hati kamu tuk meraishnya dalam pelaminan.
  4. Ingatlah bahwa kamu sedang mencoba memenangi hatinya, bukan mengahancurkan egonya.

5. Unggulkan Romantismu dengan Sentuhan Pribadi

Tingkatkan romantisme dengan sentuhan pribadi ini cara mantul (mantab betul). Contoh surat cintayang ingin kamu bikin, tidak perlu terlihat seperti surat yang terstruktur. Idealnya, apa yang kamu tulis harus memperlihatkan dangan jelas, bahwakamu memikirkansatu orang (hanya dia semata) saat menulisnya.

paham kan!..

Cobalah untuk menyertakan detail khusus tentang pasangan, seperti penampilan akhlaknya, apa yang kamu rasakan ketika melihatnya, dan bagaimana dia membuat hidup kamu lebih baik untuk menunjukkan bahwa kamu memikirkan baik-biak apa yang tertuang dalam tulisan.

Berikut contohnya;

  • jika kamu mennulis surat untuk Deni Kuswanto, hafiz qur’an, pintar renang, ketu Bem juga. Kamu perlu mengambil pendekatan main-main yang terdengar serius dan menyertakan detail berikut; “Deni, kau membuat jantungku lupa berdetak lima kali setiap kali kau dengungkan Al-qu’an. Suaramu berseru mendamaikan hati para pendengarnya, kubutuh imam sepertimu, Menikahlah denganku

6. Ketahui Apa yang Harus Dihindari

Menyatakan cinta kepada seseorang itu susah-susah gampang. Meskipun kamu sangat mahir merangkai kata-kata di atas kertas, selalu ada celah untuk kesalahan dari contoh surat cinta yang kamu buat.. Beruntungnya beberapa kesalahan dapat dianggap sebagai keanehan yang manis dan menawan.

Sebaliknya, kesalahan lain dapat dianggap sebagai suatu yang sangat tidak menyenangkan.

Beberapa hal yang sebaiknya kamu hindari saat menulis surat cinta:

  • Lelucon yang menjelek-jelekan diri sendiri. (contoh: Menertawakan diri sendiri). Sebagaian orang bisa menguasai keterampilan rumit ini, tetapi jika tidak berhati-hati kamu akan memberikan kesan tidak aman terhadap diri sendiri.
  • Puisi. Apabila kamu  tidak memiliki bakat seperti Chairil Anwar, atau kamu belum jadian dengan pembaca surat, mahakarya kamu mungkin akan disebarkan ke teman-teman dan keluarganya (dan bukan sebagai sesuatu yang dibanggakan).
  • Menyebutkan orang lain. Usahakan untuk menulis tentang dua orang saja: diri sendiri dan penerima surat. Sekarang bukan saatnya untuk membuat orang yang kamu taksir merasa cemburu.
  • Kata-kata yang kasar, kotor, atau mengandung konotasi seksual yang tidak pantas. Tunggu sampai kamu sudah berkeluarga dengannya.

Beberapa Contoh Surat Cinta

beberapa contoh surat cinta
beberapa contoh surat cinta. (canva)

Dengan adanya contoh surat cinta ini, kamu bisa mengutarakan semua yang dirasakan di lubuk hati kamu kedalam sebuah tullisan, jadi bisa lebih baik dalam mengutarakannya.

Adapunkeunggulan untuk kamu yang ingin menulis surat cinta kepada calon istrinya,ataupun istrinya sah,

…maka, berikut ini kumpulan surat cinta untuk kamu yang sedang pengagum pasangan halalnya,hihi 🙂

Contoh Surat Cinta Singkat

Adakalanya singkat padat jelas itu tidak hanya dalam penjelasan jawaban ujian, tapi melainkan surat cinta manismu juga bisa dipraktekkan;

Malam ini sesuatu yang bergetar di hati berbisik,
segenggam kerinduan yang terlalu besar untuk ku sanggup menahan
maka tak bisa ku ingkari, dan kusampaikan padamu.. malam ini
Kasih yang telah kita bina, cinta dan asa yang kita rajut bersama
menumbuhkan seuntai rasa yang tak bisa teringkari oleh hati..
Tak sanggup ku kehilangan dirimu,
tak mampu ku meninggalkanmu,
tak ingin ku kecewakanmu,
tak mungkin ku hidup tanpamu,
Karena rasa pedih kerinduan ini terlalu berat,
rasa untuk selalu mengingatmu dan bersama denganmu.
Sayang, malam yang dingin ini, ingin ku bisikkan bahwa :
I LOVE YOU ♥

Contoh Surat Cinta Lucu

ya, menulis surat cinta bukanlah sesuatu hal yang mudah untuk sebagian orang, bahkan untuk sebagian besar orang sekarng imi, tapi jika kamu mau berusaha berusaha, maka selalu ada cara. Berikut contoh surat cinta lucu;

surat cinta lucu
surat cinta lucu

Contoh Surat Cinta Islami

surat cinta islami
(pabrik-berita)

Contoh Surat Cinta Untuk Guru

surat cinta untuk guru
surat cinta untuk guru. (kompasiana.com)

Contoh Surat Cinta Untuk Anak

contoh surat cinta untuk anak
contoh surat cinta untuk anak

Contoh Surat Cinta Ibu Kepada Anak

Surat cinta orangtua kepada anak sungguh banyak halmacamnya. Kali ini saya mengambil sampel dari seorang bapak yang memberikan surat cintanya kepada sang buah hatinya. Karena beda dengan subheadingnya, kalian bisa edit saja dari contoh dibawah menjadi “ibu” yang menyampaikan.

contoh surat cinta ibu kepada anak
contoh surat cinta ibu kepada anak.(medium.com)

Contoh Surat Cinta Untuk Pacar Tersayang

Dear Malika

Yang selalu bahagia dan tersenyum indah

Aku sama sekali tidak mengenal rasa yang begitu membelenggu ini semenjak pertama kali aku bertemu dan mengenalmu. Mungkin selama ini belum ada hal spesial dari jalinan persahabatan ini. Namun tahukah kamu diri yang hina ini begitu menginginkan jalinan cinta dari pertemanan ini?

Mungkin bagimu rasa ini aneh dan konyol. Namun percayalah cinta ini begitu tulus dan dalam. Rasa yang dulu biasa kini seakan tumbuh begitu istimewa dari sebelumnya. Rasa ini seakan membawaku ingin senantiasa tertawa, bercanda dan menangis di sampingmu. Begitupun aku yang ingin kau senantiasa di sisiku dan mendampingiku selalu.

Dari rasa bahagia ketika kita bersama, melihat kau tersenyum dan tertawa. Dari rasa rindu ketika tidak bisa menatapmu dan rasa takut ketika kehilanganmu. Dari situlah aku menyadari bahwa inilah rasa cinta.

Lalu ku himpun seluruh kekuatan dan keberanian untuk mengungkapkan isi hatiku bahwa aku mencintaimu, bahkan begitu mencintaimu. Aku tidak peduli dengan apa yang kamu pikirkan tentangku di benakmu saat ini. Namun aku begitu mengharapkan surat balasan darimu yang mampu menentramkan hatiku.

Dariku…

(Yang senantiasa mencintaimu)

 

Contoh Surat Cinta Untuk Kakak Kelas

Surat cinta lucu yang ini bisa anda tujukan kepada kakak senior, entah itu kakak senior sekolah ataupun kakak senior kuliah. Ya, daripada harus terlalu dibawa serius, bukankah lebih baik anda sedikit melucu?. Ya, mungkin saja kakak senior kamu akan lebih merasa senang mendapat dan menerima surat cinta lucu dari anda.

Medan, 28 November 2019

Dear Kakak kelas yang baik
Anton Syahputra

Hai Kak,
Kakak pasti terkejut menerima suratku ini kan?, karena kakak masih belum mengenalku. Ya, dan justru karena itulah aku mengirimkan surat ini, ingin berkenalan dengan kakak, agar kakak juga bisa mengenalku. Bukankah ada pepatah mengatakan, tak kenal maka tak sayang, kalau udah kenal, ya sayang – sayangan. He.. he.. hee..

Oh ya Kak, namaku Intan Mawarpelangi, siswa baru di sekolah kita ini. Sebenarnya aku udah lama memperhatikan kakak dari jauh, karena dari dekat sih belum berani, hehehe. Entah kakak sadar atau tidak, aku juga seringkali duduk di bangku taman di depan kelas kakak. Ya buat apalagi coba, selain agar bisa melihat kakak dari dekat?.

Tapi tahu gak kak, kenapa aku sering memperhatikan kakak?. Sebenarnya aku malu mengatakan ini kak. Tapi aku usahakan, daripada harus kupendam terus di dalam hati sendiri. Sejujurnya, aku jatuh sudah jatuh cinta sama kakak, sejak pertama kali aku melihat kakak di sekolah ini. Tatapan mata kakak yang tajam, senyuman indah yang kakak miliki, pembawaan yang berwibawa, semuanya itu membuat aku terpesona dan akhirnya jatuh cinta sama kakak.

Ya, kakak mungkin merasa jika ini semua terlalu cepat. Dan aku minta maaf jika sekiranya aku sudah lancang mengatakan ini semua sama kakak dan mengganggu waktu kakak dengan sepucuk suratku ini. Tapi itulah yang sebenarnya kurasakan kak, dan aku sudah tidak memendamnya lagi.

Aku berharap jika kakak akan membalas suratku ini, karena aku tahu kakak orangnya baik. Aku juga tahu kalau kakak tidak akan mengecewakan aku, karena aku cantik kan kak?. He..he..he,.. Becanda deh kak, intinya apapun jawaban dari kakak pasti akan kuterima, dan aku menunggu jawaban dari kakak.

Sekian dulu suratku ini ya kak, jangan lupa dibalas. Karena jika tidak kakak balas, maka aku akan terus meneror dengan mengirimkan surat yang lebih panjang lagi.

Dari Juniormu,

Contoh Surat Cinta Untuk Kekasih

Romantis memang merupakan dua hal yang berbeda. Namun jika kamu ingin menuliskan sepucuk surat cinta, maka anda harus tetap bisa romantis dan jangan malah meninggalkan topik dari isi surat yang sebenarnya. Bisa melucu, namun harus tetap romantis, agar pasangan atau gebetan kamu semakin terpesona dengan surat cinta romantis yang anda berikan.

surat cinta untuk kekasih
Samlaga.com

Tips (Wajib Dibaca!)

Saat menulis pesan hati kamu, untuk menjaga elektabilitas citra kamu, maka perhatikan tips-tips dibawah ini,

  • Pelan-pelan aja. Sisihkan waktu dalam satu hari untuk merenungkan apa yang kamu tulis dan pusatkan perhatian kamu utnuk tugas tersebut. Membuat draft pertama, kedua dan ketiga untuk surat itu bisa membantu kamu.
  • Bersabarlah. Jika kata yang tepat tidak langsung datang, jangan merisaukannya. Pada waktunya, perasaan Anda akan tercermin dalam tulisan Anda dengan terus mencoba.
  • Jadilah diri sendiri! Usahakan apa yang Anda tulis bersifat pribadi dan seorisinal mungkin.

Perhatikan, Perlu buat Kamu!

  • Jangan bersikap aneh. Jika orang yang kamu kirimi surat mengatakan dia tidak tertarik, jangan mengusiknya lebih jauh! Meskipun menulis apa yang kamu rasakan terhadap seseorang dengan cara yang dipikirkan baik-baik terkadang dapat membantu, bertindak terlalu jauh dan menulis secara obsesif kepada orang tersebut dapat membuatnya berbalik menjauhi kamu.
  • Kamu mungkin gagal! Meskipun kamu menulis surat cinta dengan sepenuh hati, terkadang orang tidak memiliki perasaan yang sama. Pahami bahwa semua ada hikmahnya. Akan ada seseorang di luar sana yang akan menerima kamu apa adanya!
  • Jangan Pacaran sebelum kamu meang sudah menikah. Karena Pacaran sebelum nikah itu DOSA!!

Cobalah untuk tidak terus-menerus memikirkan apa yang seharusnya bisa kamu tulis dengan lebih baik karena meski kamu menulis surat cinta yang luar biasa, takdir mungkin berkata lain.

Semoga bermanfaat dan bisa disebarkan secara gratis.,:)

Leave a Reply