Dimensi Tekanan

Dimensi tekanan dalam fisikan merupakan dimensi yang ada dalam fisika. Pada umumnya dimensi ini digunakan untuk mengetahui besaran yang digunakan. Pada artikel ini kita akan diajak untuk mengenal lebih lanjut mengenai dimensi tekanan dalam fisika.

Tidak hanya itu kita akan mengetahui bagaiman pengaruh besaran terhadap suatu dimensi tekanan dalam fisika. Dimensi penting untuk diketahui karena dapat digunakan untuk membuktikan kebenaran suatu persamaan. Langsung saja simak pembahasannya di bawah ini.

Apa Itu Tekanan?

dimensi tekanan
Apa Itu Tekanan?

Sebelum mengetahui dimensi tekanan sebaiknya kita mengenal terlebih dahulu mengenai konsep tekanan dalam fisika. Tekanan sendiri merupakan gaya yang ibagi dengan luas permuakaan benda. Satuan tekanan sendiri sering digunakan untuk menentukan kekuatan pada suatu cairan atau gas.

Satuan volume dan suhu juga dapat digunakan untuk mengukur tekanan. Semakin tinggi tekanan pada suatu benda maka suhunya pun juga akan meningkat. Sebagai contohnya suhu pada daerah pegunungan lebih rendah dari di pantai. Hal tersebut karena tekanan di pantai jauh lebih tinggi.

Berdasarkan penjelasan tersebut tekanan dapat dihitung menggunakan persamaan sebagai berikut:

P =

Keterangan :

P = tekanan udara (N/m)

F = gaya (N)

A = luas permuakan (m2)

Baca juga: Rumus gaya terlengkap

Jenis Tekanan

 

Pada umumnya tekanan dibedakan menjadi dua, yaitu tekanan hidrostatis dan tekanan udara. Tekanan tersebut dibedakan berdasarkan tempatnya. Selain itu materi yang menyebabkan tekanan juga mempengaruhinya. Berikut adalah penjelasan mengenai jenis-jenis tekanan.

Tekanan Hidrostatis

Tekanan Hidrostatis
Tekanan Hidrostatis

Tekanan hidrostatis merupakan tekanan yang terjadi di dalam air. Pada hal ini tekanan diberikan ke semua arah akibat adanya gaya gravitasi di dalam air. Tekanan pada air akan meningkat bersamaan dengan bertambahnya kedalaman yang diukur dari permukaan. Persamaannya adalah sebagai berikut:

P = ρgh

Keterangan:

P = tekanan hidrostatis (N/m2)

ρ = massa jenis cairan (kg/m3)

g = percepatan gravitasi (m/s2)

h = kealaman cairan (m)

Pelajari juga: Rumus gaya gesek

Tekanan Udara

Tekanan Udara
Tekanan Udara

Tekanan udara bisanya terjadi pada atmosfer. Atmosfer sendiri merupakan lapisan yang melindungi bumi. Lapisan atmosfer memiliki luas hingga 1000 km dan memiliki massa sebesar 4,5 x 1018 kg. Tekanan atmosfer dapat terjadi ketika massa atmosfer tersebut menekan permukaan bumi.

Tekanan udara sendiri merupakan tenagan yang menggerakkan massa udara pada luas tertentu. Barometer merupakan alat yang digunakan dalam mengukur tekanan udara. Pada umumnya tekanan udara berbanding terbalik dengan ketinggian benda. Tekanan udara pada setiap tempat berbeda.

Hal tersebut disebabkan karena udara pada tempat yang tinggi tekanannya akan semakin berkurang. Satuan yang digunakan untuk menghitungnya adalah milibar. Pada peta tempat yang dihubungkan dengan tekanan udara yang sama disebut isobar.

Pengertian Dimensi

Dimensi merupakan ekspresi huruf pada kuantitas yang diturunkan dari besaran pokok. Pada dimensi nilai numeriknya tidak dipertimbangkan. Pada sistem pengukuran metrik besaran tertentu dapat dianggap sebagai besaran pokok, sedangkan setiap besaran yang berasal dari besaran pokok tersebut disebut sebagai besaran turunan.

Pada fisika, khususnya gaya, dimensi ditentukan oleh Hukum II Newton dimana besaran gerak yaitu ML/T2. Sedangkan dimensi tekanan memiliki besaran M/LT2. Pada usaha dimensi yag dimiliki adalah ML2/T2. Selanjutnya daya memiliki dimensi ML2/T3.

Besaran turunan tersebut didapatkan dari besaran pokok panjang (L), waktu (T), dan massa (M). Ekpresi huruf tersebut yang terjadi pada setiap besaran pokok dikenal sebagai analisis dimensi dan sering digunakan dalam perhitungan matematika.

Besaran pokok pada fisika pada umumnya adalah massa, panjang, waktu, arus listrik, sushu, jumlah zat, dan intensitas cahaya. Besaran lainnya yang terkait dengan fisika adalah energi, percepatan, perpanjangan, dan masih banyak lagi.

Kombinasi besaran pokok yang sering digunakan dalam fisika pada umumnya membentuk besaran turunan. Hal tersebut menunjukkan bahwa besaran dimensi besaran saling berkaitan antara besaran pokok dan turunannya.

Dengan mengetahui bagaiman besaran dimensi, kita akan bisa menghitung rumus pada dimensi. Seperti dimensi impuls, dimensi momentum, dimensi energi kinetik, dimensi volumedan berbagai dimensi dalam ilmu fisika lainnya.

Dimensi pada setiap besaran akan melibatkan dimensi lainnya bergantung pada satuan yang digunakan. Pada pengukuran dimensi yang dilakukan pada setiap rumus perlu diketahui satuan yang digunaknnya, sehingga dapat ditentukan dimensi yang digunakan.

Istilah Dalam Dimensi

Istilah Dalam Dimensi
Istilah Dalam Dimensi

Untuk menentukan dimensi suatu persamaan perlu diketahui bebera istilah yang mempengaruhinya. Terdapat tiga istilah penting yang digunakan dalam mengetahui dimensi. Berikut adalah penjelasannya.

  • Pengukuran, artinya membandingkan besaran yang diukurdengan alat ukur yang igunakan. Misalnya pada pengukuran panjang sebuah tali dengan panjang 10 m. Pada contoh tersebut panjang tali akan dibandungkan dengan satuan standar pengukuran panjang.
  • Besaran, yang dimaksud besaran adalah sesuatu yang dapat diukur dan memiliki nilai dan satuan tertentu. Misalnya pada panjang besarannya adalah m atau cm.
  • Satuan, hal ini dugunakan untuk menjelaskan hasil dari pengukuran dan perbandingan.

Belajar juga: Rumus gaya berat

Lambang Dimensi

Lambang Dimensi
Lambang Dimensi

Untuk mengetahui dimensi suatu persamaan penting sebelumnya mengetahui lambang yang digunakan dalam dimensi. Berdasarkan besarannya dimensi yang umum digunakan adalah sebagai berikut.

  • Massa atau berat [M]
  • Panjang [L]
  • Waktu [T]

Penggunaan tanda kurung perlu dipehatikan dalam penulisan lambang dimensi. Hal tersebut berguna untuk menunjukkan bahwa yang dimaksud adalah dimensi besaran. Pada pengaplikasiannya dimensi besaran akan berhubungan dengan antar satu dengan yang lainnya.

Kegunaan Dimensi

kegunaan dimensi
kegunaan dimensi

Dimensi dalam fisika memiliki dua buah kegunaan, yaitu untuk memeriksa suatu persamaan dan mendapatak suatu persamaan. Dua kegunaan dimensi tersebut sangat penting dalam sebuah rumus fisika. Berikut adalah penjelasan dari kegunaan dimensi.

Dimensi Untuk Memeriksa Persamaan

Dimenis dapat digunakan untuk memeriksa persamaan. Persamaan antara kedua sisi dalam rumus fisika harus memiliki nilai yang sama. Hal tersebut untuk membuktikan bahwa persamaan yang digunakan telah tepat.

Dimensi Untuk Mendapatkan Persamaan

Analisis dimensi juga digunakan untuk mendapatkan persamaan. Hal tersebut bisa dilakukan ketika kita memiliki gagasan yang berasal dari sebuah besaran pokok. Selanjutnya analisi dimensi digunakan untuk mendapatkan persamaan variabel yang memiliki kesesuaian.

Dimensi tekanan

Dimensi tekanan
Dimensi tekanan

Sebelumnya telah diketahui mengenai persamaan dan satuan yang digunakan dalam mencari dimensi tekanan. Berdasarkan rumus di atas gaya gravutasi dapat dicari dengan menggunakan massa (m) dikali dengan percepatan (g). Jadi persamaan pada tekanan adalah p = .

Selanjutnya agar lebih meudah mari kita lihat satuan-satuan yang terdapat dalam persamaan tekanan. Massa memiliki satun kg, gravitasi memiliki satuan m/s2, sedangkan luas memiliki satuan m2. Setelah mengetahu satuan-satuannya, selanjutnya adalah menyederhanakan persamaannya.

p =

P = kg (m1-2)(s-2)

P = kg (m-1)(s-2)

P = [M][L]-1[T]-2

Jadi dimensi tekanan berdasarkan persamaanya adalah sebagai berikut:

P = [M][L]-1[T]-2

Berdasarkan penjelasan di atas kita dapat mengetahui dimensi tekanan dalam fisika. Dimensi penting digunakan untuk mengetahui ketepatan suatu persamaan. Semoga artikel ini dapat membantu untuk memahami lebih lanjut mengenai dimensi dalam fisika.

 

 

 

Leave a Reply