Doa Akad Nikah – Rentetan pernikahan adat Indonesia yang sangat unik dan menggoda perhatian publik, membuat saya kali ini mengutip dari salah satu acara tersebut yaitu akad nikah.

Acara ini adalah pertama yang harus dilakukan dalam adat pernikahan Indonesia khususnya Muslim. yang Selanjutnya itu adalah acara resepsi pernikahan yang cukup fenomenal dalam penyelenggaraannya (sebagian saja).

Tetapi,

Ditulisan kali ini, mengungkap acara akad nikah, yang mana banyak warga Indonesia belum tau detail tentang ini, bagaimana cara akad nikah? apa saja didalam acara akad nikah? apa doa akad nikah? dll.

Mari kita lanjutkan pembahasan.,

Langkah-Langkah yang Harus Diperhatikan 

doa pernikahan

Mempersiapkan pernikahan memang bukan hal yang mudah. Tapi diluar sana juga ada tidak sedikit menikahkan anaknya dengan se-simple mungkin. Tak lain dan tak bukan hanya 1 niat tulus semata menikahkan anaknya, takut dari fitnah di zaman penuh kebebasan ini.

Maka, saya merangkum persiapan nikah hingga sesi doa akad nikah dalam sesi ini dengan sesingkat mungkin dan diharapkan dapat dimengerti oleh kamu semua calon pengantin.

Persiapkan Jiwa Raga Materi

Mempersiapkan jiwa raga sebelum menikah itu termasuk syarat penting dalam pernikahan. Dalam Islam pun sangat menjunjung tinggi ilmu sebelum berbuat. Jangan biarkan kita polos tentang ilmu pernikahan (jangan hanya modal cinta).

Banyak kajian yang membahas tentang kesempurnaan pernikahan, apalagi dengan kemajuan sekarang, kita dapat mengakses ustadz favorit dengan mengakses video Youtube.

Jodoh kita adalah lawan jenis kita

Pasangan kita untuk menikah adalah laki-laki untuk perempuan, dan sebaliknya. Surat Az-Zariyat Ayat 49

وَمِنْ كُلِّ شَيْءٍ خَلَقْنَا زَوْجَيْنِ لَعَلَّكُمْ تَذَكَّرُونَ

Artinya: Dan segala sesuatu kami ciptakan berpasang-pasangan sepaya kamu mengingat kebesaran Allah.

Hari ini Indonesia diracuni bebagai adat penjuru dunia, salah satunya yaitu LGBT. Virus berbahaya ini semakin marak di belahan dunia komunis hingga atheis. Dan sekarang negara dengan penduduk Orang Islam terbesar di dunia menjadi market mereka.

Jangan terbius!.

Jodohmu adalah lawan jenis kamu.

Saling Mengenal

Kenali latar belakangnya, hadis nabi tentang wanita sebelum kamu nikahi dengan ciri 4 ini. Al-Bukhari meriwayatkan dari Abu Hurairah Radhiyallahu anhu, dari Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam, beliau bersabda:

تُنْكَحُ الْمَرْأَةُ لأَرْبَعٍ: لِمَـالِهَا وَلِحَسَبِهَا وَلِجَمَالِهَا وَلِدِيْنِهَا، فَاظْفَرْ بِذَاتِ الدِّيْنِ تَرِبَتْ يَدَاكَ.

Artinya: Wanita dinikahi karena empat perkara: karena hartanya, keturunannya, kecantikannya, dan agamanya. Maka pilihlah wanita yang taat beragama niscaya engkau beruntung. – Al Manhaj.or.id

Tidak harus berpacaran.

Dengan saudara nya kita dapat informasi, dengan guru ngajinya kita dapat informasi, dengan teman dekatnya juga kita dapat informasi. Bahkan dengan mental kuatmu, kamu dapat segera ke orangtua nya langsung , sehingga mendapatkan info yang lebih lengkap dan jelas.

Cari Istri Sholehah

Banyak sumber yang memaparkan hal ini, tapi saya merecomendasikan beberapa ciri-ciri wanita yang harus kamu bisa timbangkan.

doa nikah

Bisa ini menjadi rekomendasi buat anda, yang sedang mencari pendamping hidup.

doa akad nikah

carilah istri yang dapat mendamaikan ketika kamu berada di rumah

Carilah istri yang membuatmu bangga menjadi imam untuknya.

doa akad nikah

carilah seseorang istri yang mampu menenangkan kamu ketika amarah

doa akad nikah

Inilah contoh pasutri yang ideal.

Adab Akad Nikah

Agar akad nikah anda semakin berkah, berikut beberapa adab yang perlu diperhatikan. Dari mulai mahar hingga selepas pemhgakuan sah para saksi , semua ada adabnya.

Tidak Ada Saling Mengancam

Hindari semua hal yang menyebabkan kemudhorotan akad nikah. Pastikan kedua mempelai saling ridho, tak ada unsur saling mengancam atau paksaan. Dan perhatikan harus adanya wali pihak wanita, saksi dua orang yang amanah.

Rosulullah Saw bersabda, yang artinya: Tidak sah nikah, kecuali dengan wali (pihak wanita) dan dua saksi yang adil (amanah). (HR. Tirmidzi)

 

Dianjurkan adanya Khutbatul hajah sebelum akad nikah. Bacaan Khutbatul hajah seperti ini:

إِنَّ الْحَمْدَ لِلَّهِ نَسْتَعِينُهُ وَنَسْتَغْفِرُهُ وَنَعُوذُ بِهِ مِنْ شُرُورِ أَنْفُسِنَا مَنْ يَهْدِ اللَّهُ فَلاَ مُضِلَّ لَهُ وَمَنْ يُضْلِلْ فَلاَ هَادِىَ لَهُ وَأَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللَّهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُولُهُ يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا ( اتَّقُوا اللَّهَ الَّذِى تَسَاءَلُونَ بِهِ وَالأَرْحَامَ إِنَّ اللَّهَ كَانَ عَلَيْكُمْ رَقِيبًا) (يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اتَّقُوا اللَّهَ حَقَّ تُقَاتِهِ وَلاَ تَمُوتُنَّ إِلاَّ وَأَنْتُمْ مُسْلِمُونَ) ( يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اتَّقُوا اللَّهَ وَقُولُوا قَوْلاً سَدِيدًا يُصْلِحْ لَكُمْ أَعْمَالَكُمْ وَيَغْفِرْ لَكُمْ ذُنُوبَكُمْ وَمَنْ يُطِعِ اللَّهَ وَرَسُولَهُ فَقَدْ فَازَ فَوْزًا عَظِيمًا.

Dalil anjuran ini adalah hadist dari Abdullah bin mas’ud r.a, beliau berkata:

عَلَّمَنَا رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ خُطْبَةَ الْحَاجَةِ أَنِ الْحَمْدُ لِلَّهِ نَسْتَعِينُهُ وَنَسْتَغْفِرُهُ وَنَعُوذُ بِهِ .مِنْ شُرُورِ أَنْفُسِنَا

Anjuran mengucapkan khutbatul hajah sebagaimana ditunjukkan hadist Ibn Mas’ud r.a adalah sebelum akad nikah buksn ketika walimah. Wallahu a’lam bisshowab.

Syahadat, Istighfar dan Alfatihah sebelum Ijab Qobul, Perlukah?

Tidak ada tuntunannya, hanya saja ini menjadi rasa kekhawatiran untung menjaga kesucian hati.Barang kali selama menunggu penantian hari Ijab ini banyak salah dan dosa, bisa mendamaikan diri dengan bacaan tersebut. Ucap Ust. Abdul Somad

Tetapi, juga tidak ada anjuran untuk membaca syahadat dan alfatihah waktu hendak akad, attau beristighfar sebelum melangsungkan akad nikah. Semua itu sudah diwakili dengan lafazh khutbatul hajah diatas.

Posisi Mempelai Wanita saat Ijab Qobul

Hendaknya mempelai pengantin wanita tidak ikut dalam majlis akad nikah. Pengantin wanita ada dilokasi itu, hanya saja dia dibalik tabir, karna pernikahan dilangsungkandengan wali si wanita. lebih lengkapnya disini .

Pengucapan Ijab Qobul

Salah satu rukun nikah adalah ijab qobul. Ijab adalah perkataan wali pengantin wanita kepada pria : “zawwajtuka ibnatii, (saya nikahkan kamu dengan putriku,.). Sedangkan qobul adalah ucapan pengantin pria “saya terima..

Jika sudah dilaksanakan ijab qobul dan dihadiri dua saksi laki-laki atau diumumkan kepada halayak ramai, maka nikahnya sah.

Jaga Sikap Denagn Istri di Tempat Umum

Hindari bermesraan setelah akad di tempat umum. Meski apapun yang sebelumnya diharamkan menjadi halal, hanya saja anda sadar bahwa untuk melampiaskan kemesreaan ada tempatnya sendiri.

7. Ada hadist yang menganjurkan untuk mengadakan akad nikah di Masjid.

Umumkan pernikahan, adakan akad nikah di masjid dan meriahkan dengan memukul rebana.” (HR. At Turmudzi, 1:202 dan Baihaqi, 7:290)

Penyebutan Mahar Ketika Akad Nikah

Bagaimana jikalau mahar tersebut hutang?
Ust. Abdul Somad dalam tausyiahnya menerangkan, bahwa Mahar diperoleh dan diserahkan harus dengan status tunai, jika memang terpaksa dengan status hutang, maka harus dalam penyerahan mahar dalam penyebutannya dibayar tunai.

Tunai secara sah diberikan ke sang istri, tapi tetap hutang dalam tanggungan suami.

أَنَّ ذِكْرَ الْمَهْرِ فِي الْعَقْدِ لَيْسَ شَرْطًا لِصِحَّةِ النِّكَاحِ فَيَجُوزُ إِخْلاَءُ النِّكَاحِ عَنْ تَسْمِيَتِهِ بِاتِّفَاقِ الْفُقَهَاءِ

Menyebut mahar ketika akad bukanlah syarat sah nikah. Karna itu, boleh nikah tanpa menyebut mahar dengan sepakat ulama. (mausu’ah fiqhiyah kuwaityah)

Tepai, penyebutan mahar didalam upacara akad nikah akan semakin menenangkan kedua belah pihak keluarga.

Doa Akad Nikah 

doa akad nikah

Doa setelah ijab qobul merupakan rasa syukur segala syukur.

Banyak versi dalam doa akad nikah ini. Pengertian secara spesifik, bahwa doa akad nikah ini ialah bisa kita sebut dengan doa pernikahan atau doa setelah terlaksana ijab qobul secara lancar.

Maka, dalam keabsahan doa tidak bisa kita ragu-ragu dalam mengambil rujukan, karna jika kita salah refrensi maka kita ni yang dasarnya hanya ikut-ikutan akan dikhwatirkan tak bisa dipertanggungjawabkan di hadapan Allah Swt.

Maka, Menurut ulama dan besar dari kekuatan sanadnya, doa setelah ijab qobul itu seperti ini:

Barokallau laka wa baroka ‘alaika wa jama’a bainakuma fil khoir

“Semoga Allah memberi berkah padamu disaat rumah tangggamu dalam keadaan harmonis, dan semoga Allah tetap memberi berkah padamu disaat rumah tanggamu terjadi kerenggangan , dan semoga Allah mengumpulkan kalian berdua dalam kebaikan.”

Doa tersebut boleh diucapkan antara kedua mempelai saling mengucapkan antara satu yang lainnya. Istri ke suami, ataupun juga suami ke istri.

Dan bisa kamu konsultasi selengkapnya, dengan gurunda Pondok Sintesa, Alhadi Ibrahim


Leave a Reply

%d bloggers like this: