Kapan Kamu Nikah?? Jangan Kaget mbloo, ini Doa Pernikahan

Doa walimatul ursy – Di dalam sebuah pernikahan menyatukan dua insan tak dikenal disatukan karna menjadi satu kesaudaraan. Pastinya antara mempelai perempuan dan mempelai laki-laki menjadi satu keluarga terikat dalam sebuah perkawinan memenuhi syariat agama Islam.

Mulai dari itulah, pintu rizki, kebahagian dan keberkahan terbuka dan semakin terbuka luas karna ada hal syariah itu yang dibenarkan dan dilakukan karna niat lillahi ta’ala.

Di acara tersebutlah, hadir berbagai undangan yang telah disebarluaskan. Karna memang niat untuk ajang pemberitahuan, dan ajang silaturrahim kerbat teman maupun sanak keluarga jauh nan dekat.

Momentum inilah yang sangat duitunggu. Karna berpuluh-puluh do’a kebaikan ditujukan kepada sang pengantin agar sahaja dimasa yang akan datang.

Bacaan dan Tulisan Doa Walimatul Ursy (lengkap artinya)

doa walimatul ursy
by canva.com

Ketika bertemu kedua mempelai yang sedang berbahagia dalam sebuah acara walimatul ‘ursy, sebagai teman muslim disunnahkan untuk mengucapkan selamat dan juga doa walimatul ursy

Hal tersebut yang telah disampaikan dalam sebuah hadist ini,
Dari Abu Huroiroh r.a : Sesungguhnya Nabi Muhammad Saw ketika ada yang menikah, beliau memberi ucapan selamat dan mendoakannyadan berkata:

بَارَكَ اللَّهُ لَكَ وَبَارَكَ عَلَيْكَ وَجَمَعَ بَيْنَكُمَا فِيْ خَيْرٍ

“Baarokallahu lakumaa wa baaroka ‘alaikumaa wa jama’a bainakumaa fii khoirin”

Artinya: Semoga Allah memberi berkah kepadamu dan atasmu serta mengumpulkan kamu berdua (pengantin laki-laki dan perempuan) dalam kebaikan.

Doa Pernikahan Lainnya Sesuai Sunnah

doa walimatul ursy
Tribunnews.com credit by canva.com

Pada saat pernikahan, biasanya pengantian akan menjamu para tamu dengan bersalaman sapa salam dan doa. Saat itulah doa walimatul ursy yang kita sampaikan dibarengi dengan salam keselamatan atas terlaksananya rsepsi pernikahan ini.

Hal tersebut syariat Islam yang begitu indah romantis dan sempurna, mengatur setiap sendi permasalahan kehidupan. Termasuk adap menghadiri sebuah acara pernikahan. Nah,.. Diantara sunnah yang sering terlupakan saat menghadiri acara pernikahan adalah mendoakan orang yang mengundang anda yang telah memberikan anda makan.

Inilah deretan doa walimatul ursy dianjurkan dalam sunnah:

اَللّٰهُمَّ اغْفِرْ لَهُمْ، وَارْحَمْهُمْ، وَبَاِرِكْ لَهُمْ فِيْمَا رَزَقْتَهُمْ
Allahumma ghfir lahum warkhamhum wa baarik lahum fiimaa rozaqtahum

Artinya: Yaa Allah ampunilah mereka, sayangilah mereka dan berkahilah mereka dari apa-apa yang telah Engkau karuniakan rizki kepada mereka. (HR. Ahmad)

 

اَللّٰهُمَّ بَارِكْ لَهُمْ فِيْمَا رَزَقْتَهُمْ، وَاغْفِرْ لَهُمْ، وَارْحَمْهُمْ
Allahumma baarik lahum fiimaa rozaqtum waghfir lahum warkhamhum
Artinya: Yaa Allah berkahilah bagi merekaapa-apa yang Engkau karuniakan rizki kepada mereka, dan ampunilah merekadan sayangilah mereka. (HR. Muslim)
اَللَّهُمَّ أَطْعِمْ مَنْ أَطْعَمَنِي، وَاسْقِ مَنْ سَقَانِي
Allahumma ath’im man ath’amanii wasqi man saqoonii
Artinya: Yaa Allah berikanlah makan kepada orang yang telah membrikan makan kepadaku, dan berkahilah minum kepada orang yang telah memberi minum kepadaku. (HR. Muslim no. 2055)
أَفْطَرَ عِنْدَكُمُ الصَّائِمُوْنَ، وَأَكَلَ طَعَامَكُمُ اْلأَبْرَارُ، وَصَلَّتْ عَلَيْكُمُ الْمَلاَئِكَةُ
afthoro ‘indakumu-sshoimuun, wa akala tho’aamakumu-abroru, wa shollat ‘alaikumu-l-malaa ikatu
Artinya: Telah berbuka disisi kalian orang-orang yang berpuasa dan telah menyantap makanan kalian orang-orang baik, dan para malaikat telah mendo’akan kalian.

Memaknai Doa Pernikahan

doa walimatul ursy
https://thegorbalsla.com

Ketentraman, kedamaian dan doa walimatul ursy muncul seiring dengan terlaksana ijab qobul (akad nikah) hingga resepsi nikahan. Kenapa seperti itu?, Jelas aja dengan mengikuti sunnah Rosulullah yang mempunyai pahala setengah dalam beragama islam ini, menjadikan amalan sunnah ini yang paling besar dan sangat dianjurkan tuk dilaksanakan.

Menikahlah maka kamu telah melaksanakan setengah dari kewajiban kamu beragama Islam.

Luar biasa.

Hal ini, dikuatkan dalam Islam, bahwa berkholwat (berdua-duaan) dengan wanita lain yang belum nikah menjadikan timbulnya fitnah hingga dosa besar. Karna sebuah perilaku yang mendekat dengan kezinaan.

Maka Rosulullah dengan Sunnahnya yang sangat relevan sepanjang zaman ini, menunjukkan kepada ummatNya tuk segera menikah, demi menghindari besarnya fitnah dan dosa besar.

Bahkan Sang Rosul pun bersabda, dalam sebuah hadist

فمَن رغب عن سنَّتي فليس منِّي
faman roghiba ‘an sunnatii falaisa minnii
Arting: Barang siapa yang membenci sunnahku, maka ia bukanlah termasuk umatku(HR. Bukhori dan Muslim)
Maka dari itu, ketika kita menatangi undangan dari seorang teman pernikahan, seyogyanya kita lantunkan doa sepenuh hati dan ikhlas. Dan doa orang mu’min untuk saudaranya itu semata-mata kembali kepadanya.
Selain itu,
Di dalam doa nikah itu sendiri diartikan mengucap harap besar kepada Allah, agar pengantin diberikan keberkakhan di dalamnya.

Doa Walimatul Ursy Menjadi Penting Sekali

Pengertiannya pernikahan merupakan hal yang sangat penting perlu diketahui oleh semua manusia. Kali ini dapat dijelaskan secara bahasa, An-nikaah menurut bahasa Arab memiliki arti menghimpun. Dan walimatul ursy ini diambil dari B. Arab yang artinya pesta pernikahan. Maka doa walimatul ursy menjadi satu kedudukan penting dalam pernikahan.

Arti kata diatas dimutlakkan untuk akad atau persetubuhan bagi suami istri yang sudah menikah sah.

Adapun menurut Syariat Islam, dalam sebuah kutipan hadist Ibnu Qudamah r.a berkata: Nikah menurut syariat adalah akad perkawinan. Ketika kata nikah telah diucapkan secara mutlak, maka kata itu memiliki makna demikian selagi tidak ada satupun dalil yang memalingkan darjnya.”

Kedudukan Pernikahan Dalam Islam

Penghargaan Islam terhadap ikatan pernikahan cukup besar dan penting, sampai-sampai ikatan pernikahan ini ditetapkan setara dengan pahala separuh agama. Itulah doa walimatul ursy atau doa pernikahan menjadi penting di dalam Islam.

Karna memang telah dijelaskan diatas, Pernikahan itu sendiri dianggap memenuhi sebagian dari agama Islam.

Untuk itu, mari kita kirimkan doa yang baik-baik kepada saudara-saudari kita yang dikelilingi kebahagiaan pernikahan.

Adab Mendoakan Pernikahan saat Acara

Dalam memenuhi undangan pernikahan dan berniat doa walimatul ursy, hendaknya anda melakukan ini ketika anda berniat mendoakan sang mempelai dan keluarganya:

1. Tidak Menundanya

Untuk memenuhi undangan nikah tersebut, jangan sesekali ada niatan menundanya. Kecuali jika ada halangan yang terpaksa harus ditundanya. Hal ini juga menyangkut ketika menghadiri pernikahan saerta mendoakannya.

Maka lebih baik anda menghadirinya dan mendoakan pernikahannya tanpa menunda-nunda kedatangan.

2. Jangan Membedakan kehadiran dan Doa

Lain dari itu semua, Hendaknya anda tidak membedakan kehadiran dalam sebuah acara pernikaha. Misalnya juga apabila anda mendapatkan dua undangan, antara undangan dari orang miskin dan orang kaya.

Anda tentu tidak boleh membeda-bedakannya, termasuk jika undangan 2 orang yang tempat tinggalnya jauh dan dekat.

Jika anda bingung saat mendapatkan 2 undangan dengan kriteria  tersebut, mkaa selayaknya untuk memenuhi undangan yang lebih dulu dateng ke rumah, dan sampaikan minta maaf kepada ahlul-hajah (pengundang) yang terakhir memberikan undangannya.

Dan anda juga perlu niat datang ke acara pernikahan tersebut dalam rangka untuk menghormati saudaranya.

3. Do’a Terlarang yang Harus Kamu Ketahui

Disamping and atelah mengetahui doa yang telah dianjurkan ketika menghadiri undangan walimahan, maka kali ini saya sharing terklait doa yang sering diloncatkan ke mempelai. Dan itu tidak boleh!

Semoga Bahagia dan Banyak anak!

Para ulama menjelaskan bahwa doa tersebut makruh. Yang artinya kita alangkah baiknya tidak melontarkan doa itu. Karna doa itu bukan doa yang tepat. Memang di dalam agama Islam rencana mempunyai banyak anak itu bagus. Dan  bahagia di dalam sebuah pernikahan juga bukan sebuah halyang dilarang.

Tetapi,

Mendoakan pengantin dengan ucapan “semoga bahagia dan banyak anak”  bukanlah doa yang tepat diucapkan saat pernikahan.

Mulai dari sini, hikmah yang kita bisa dapatkan adalah anda dapat mengetahui bagaimana sebenarnya ucapan doa yang pantas dan sopan diucapkan kepada saudara atau kerabat yang melangsungkan pernikahan.

Dalil Tentang Pernikahan

doa walimatul ursy
dalil tentang pernikahan

Alhamdulillah, diatas telah dijelaskan bagaimana doa walimatul ursy yang harus atau patut kita ucapkan pada mempelaai yang melangsungkan pernikahan. Semoga dapat manfaatnya dan dipraktekan kemudian hari.

Disamping itu pembahasan kita kali ini, dasar dalil yang menguatkan adanya syariat satu ini, yaitu pernikahan.

Sahabat nabi Muhammad SAW menyampaikan hadist tentang pernikahan, Dari sahabat Anas bin Malik r.a berkata:

مَنْ تَزَوَّجَ فَقَدِ اسْتَكْمَلَ نِصْفَ اْلإِيْمَانِ، فَلْيَتَّقِ اللهَ فِي النِّصْفِ الْبَاقِى
man tazawwaja faqodistakmala nishfal iimaani, fal yattaqillaha finnishfil baaqi

Artinya: Barang siapa yang menikah, maka ia telah melengkapi setengah dari Imannya. Dan hendaklah ia bertaqwa kepada Allah dalam memelihara yang separuhnya lagi.

Hadist tersebut menjelaskan bahwa agama Islam telah menjadikan ikatan sebuah pernikahanyang sah berdasarkan dari Al-qur’an dan As-sunnah. Ikatan inin juga merupakan sarana bagi manusia untuk mnyalurkan kebutuhan biologisnya secara benar dan boleh.

Dan sebagai salah satu sarana membina biduk rumah tangga yang Islami sebanding dengan separuh iman.

Hadist lain terkait diatas,

Bahwa Rosulullah SAW bersabda:

مَنْ رَزَقَهُ اللهُ امْرَأَةً صَالِحَةً فَقَدْ أَعَانَهُ اللهُ عَلَى شَطْرِ دِيْنِهِ، فَلْيَتَّقِ اللهَ فِي الشَّطْرِ الثَّانِى
man rozaqohullahu imroatan sholihatan faqod a’aanahullahu ‘ala syathri diinihi, fal yattaqillaha fissyathri tsaanii

Artinya: Barang siapa yang dikaruniai oleh Allah dengan wanita (isteri) yang sholihah, maka sungguh Allah telah membantunya ubtuk melaksanakan separuh dari agamanya. Maka hendaklah ia taqwa kepada Allah dalam menjaga separyhnya lagi. (HR. Ath-Thabrani, Al-Hakim)

Dari hadist ini, anda bisa melihat jika pernikahan sangat membantu melaksanakan separuh dari agama Islam. Maka dari itu, Pernikahan juga termasuk menuntun untuk menjaga penuh iman kepada Allah Swt.

Semoga Bermanfaat dan dapat disebarkan sebagai kebaikan jariyah temen-temen:)

 

 

 

Leave a Reply