Evaluasi Pembelajaran

 

Dalam suatu proses pembelajaran terdapat suatu penilaian yang dinamakan evaluasi pembelajaran. Evaluasi merupakan sebuah proses untuk menentukan nilai suatu objek berdasarkan pada acuan tertentu. Dalam penilaian ini akan didapatkan suatu data atau informasi yang nantinya data tersebut akan digunakan untuk menganalisis pembelajaran berikutnya.

Definisi evaluasi pembelajaran menurut para ahli

evaluasi pembelajaran
Definisi evaluasi pembelajaran menurut para ahli

Mengenai pengertian dari evaluasi ada perbedaan menurut para ahli diantaranya adalah sebagai berikut:

Menurut Raka Joni evaluasi merupakan sebuah proses untuk mempertimbangkan sesuatu, hal, fenomena yang mana dengan mempertimbangkan berbagai faktor yang kemudian disebut value judgment. Berbeda halnya Abdul Basir, menurutnya evaluasi merupakan sebuah proses pengumpulan data yang deskriptif, informatif, prediktif serta dilakukan secara sistematik dan bertahap dengan tujuan untuk menentukan kebijaksanaan dalam upaya memperbaiki pendidikan. Sementara menurut Suharsimi Arikunto evaluasi merupakan serangkaian kegiatan yang bertujuan untuk mengukur tingkat keberhasilan suatu program pendidikan.

Tujuan evaluasi pembelajaran

Tujuan evaluasi pembelajaran
Tujuan evaluasi pembelajaran

Evaluasi pembelajaran tidak serta merta muncul begitu saja melainkan memiliki tujuan. Dalam dunia pendidikan, guru harus benar-benar menguasai evaluasi pembelajaran ini. Berikut tujuan evaluasi pembelajaran:

  1. Untuk mengetahui secara pasti seberapa baik tingkat penguasaan seseorang terhadap materi atau kompetensi yang telah ditetapkan sebelumnya.
  2. Untuk mengetahui banyaknya kendala yang dihadapi seseorang ketika melakukan sebuah kegiatan sehingga dapat dilakukan diagnosis dan kemungkinan memberikan ramedia teaching.
  3. Untuk mengetahui tingkat efisiensi serta efektivitas dari suatu metode, media, dan sumber daya pendukung lainnya ketika melakukan suatu kegiatan.
  4. Sebagai timbal balik dan informasi penting bagi pelaksana evaluasi sebagai upaya untuk memperbaiki kekurangan yang ada sehingga ini dapat dijadian acuan ketika mengambil keputusan.

Belajar juga: Metode pembelajaran terlengkap

Fungsi evaluasi pembelajaran

fungsi evaluasi pembelajaran
fungsi evaluasi pembelajaran

Selain memiliki tujuan, evaluasi pembelajaran juga memiliki fungsi diantaranya adalah:

  1. Fungsi selektif

Dengan mengacu pada evaluasi yang telah dilakukan, guru bisa mengadakan seleksi atau penilaian terhadap siswanya. Evaluasi sendiri memiliki tujuan yakni:

  • Memilih siswa yang bisa diterima di sekolah tertentu.
  • Memilih siswa yang dapat naik kelas selanjutnya.
  • Memilih siswa yang seharusnya mendapat bantuan beasiswa.
  • Memilih siswa yang berhak untuk meninggalkan sekolah dan lain sebagainya.
  1. Fungsi diagnostik

Dengan melihat hasil penilaian, guru akan mengetahui secara pasti kelemahan setiap siswanya. Selain itu, dengan melakukan penilaian ini juga bisa sekalian melakukan diagnostik kepada siswa. Ketika sudah mengetahui kelemahan tiap siswa maka guru akan dengan mudah melakukan cara untuk mengatasinya.

  1. Fungsi penempatan

Fungsi ini lebih menekankan pada kemampuan dan bakat tiap siswa. Sehingga guru pun mampu melakukan evaluasi dan hasilnya dijadikan acuan dalam mengelompokkan siswanya sesuai dengan kemampuannya.

  1. Fungsi pengukuran keberhasilan

Fungsi ini lebih menekankan bagaiman guru mampu mengetahui sejauh mana program kegiatan berhasil diaplikasikan. Keberhasilan suatu program sangat ditentukan oleh berbagai faktor yakni dari gurunya, metode mengajar, kurikulum, sarana, dan sistem administrasi.

Manfaat adanya evaluasi pembelajaran

Manfaat adanya evaluasi pembelajaran
Manfaat adanya evaluasi pembelajaran

Evaluasi pembelajaran juga memiliki manfaat yang sangat banyak khususnya bagi dunia pendidikan. Manfaat ini bisa ditinjau dari berbagai sudut pandang:

  1. Sudut pandang siswa

Dengan dilakukannya evaluasi ini, siswa akan mengetahui sejauh mana tingkat keberhasilannya dalam mengikuti pelajaran. Hasil yang diperoleh siswa ini memiliki kemungkinan yakni:

  • Dengan siswa memperoleh hasil memuaskan maka akan memberikan kebanggaan tersendiri bagi siswa tersebut. Dan siswa tersebut kemungkinan besar akan berusaha untuk mendapatkan hasil yang serupa di lai kesempatan.
  • Tidak memuaskan. Dengan siswa memperoleh hasil tidak memuaskan, meski kecewa siswa akan termotivasi untuk terus berusaha memperbaikinya.
  1. Sudut pandang guru

Dari sudut pandang guru maka akan didapatkan beberapa kemungkinan yakni:

  • Dengan hasil evaluasi yang memuaskan guru akan mengetahui bahwa materi pelajaran yang disampaikan selama ini berhasil. Begitu juga sebaliknya jika hasilnya tidak memuaskan maka akan dicari tahu kesalahannya ada dimana.
  • Guru akan mengatahui materi apa yang sudah tepat atau belum bagi siswanya untuk dijadikan bahan evaluasi di pembelajaran selanjutnya.
  1. Sudut pandang sekolah

Ada beberapa kemungkinan yang didapatkan berdasar pada sudut pandang sekolah yakni sebagai berikut:

  • Sekolah akan mengetahui sejauh mana proses pembelajaran yang berlangsung serta sudah sesuai atau belum proses pembelajaran yang sudah dilakukan.
  • Pihak sekolah akan mengetahui kurikulum yang digunakan sudah sesuai atau belum berdasarkan pada penilaian guru untuk dijadikan bahan pertimbangan di masa yang akan datang.
  • Informasi hasil penilaian yang diperoleh dari tahun ke tahun akan digunakan sekolah sebagai pedoman untuk mengetahui sudah standar belumkah sekolah ini mengacu pada bagusnya hasil belajar siswa.

Baca juga: instrumen penelitian lengkap

Teknik dan bentuk evaluasi pembelajaran

Teknik dan bentuk evaluasi pembelajaran
Teknik dan bentuk evaluasi pembelajaran

Secara keseluruhan, teknik dan bentuk evaluasi pembelajaran dapat digambarkan sebagai berikut:

Tes

Tes merupakan cara evaluasi yang didalamnya terdapat beberapa tugas atau pertanyaan yang harus dijawab oleh siswa. Dari jawaban tersebut didapat sebuah hasil penilaian. Berdasarkan jumlah responen, tes hasil belajar dapat dibedakan menjadi dua jenis yakni tes kelompok dan tes perseorangan. Sedangkan dari cara penyusunannya, tes hasil belajar dibedakan menjadi dua jenis yakni tes hasil buatan guru dan tes yang distandarisasi.

  • Tes tertulis

Tes ini menuntut siswa untuk menjawab soal tes secara tertulis.

  • Tes essay (uraian)

Tes essay atau uraian merupakan serangkaian tes yang menuntut siswa untuk menjawab soal tes berupa uraian secara tertulis. Tes ini bersifat subjektif sesuai dengan pemahaman tiap siswa.

  • Tes objektif

Kebalikan dengan tes essay, tes objektif lebih menekankan pada jawaban diantara beberapa kemungkinan dari jawaban yang ada.

  • Tes dengan bentuk benar-salah

Tes ini berupa soal yang menuntut siswa untuk memilih jawaban berdasarkan indikator benar- salah. Bentuk soal benar- salah ini juga digunakan untuk mengukur kemampuan siswa mengenai hubungan sebab akibat.

  • Tes bentuk pilihan ganda

Tes berbentuk pilihan ganda ini digukan untuk mengukur hasil belajar siswa berdasarkan pada kemampuan siswa untuk mengingat. Soal tes ini bisa berbentuk pertanyaan atau pernyataan sedangkan jawaban bisa berbentuk perkataan, bilangan, atau kalimat yang sering disebut option.

  • Tes bentuk menjodohkan (matching)

Tes ini memiliki bentuk hampir sama dengan pilihan ganda namun bedanya adalah jika pilihan ganda terdiri dari jawaban optional, maka tes menjodohkan ini terdiri atas kumpulan soal dan jawaban yang keduanya disusun pada dua kolom yang berbeda.

  • Tes bentuk jawaban singkat dan melengkapi

Kedua tes ini sama-sama menginginkan jawaban dengan kalimat atau angka yanh hanya dapat dinilai benar atau salah. Biasanya tes ini dikemukakan dalam bentuk pertanyaan.

Prosedur evaluasi pembelajaran

Prosedur evaluasi pembelajaran
Prosedur evaluasi pembelajaran

Prosedur ini merupakan langkah-langkah pokok yang harus dilakukan tatkala ingin melakukan kegiatan evaluasi pembelajaran. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Membuat perencanaan evaluasi yang meliputi menyusun kisi-kisi dan uji coba.
  2. Mengumpulkan data.
  3. Mengolah data.
  4. Menafsirkan atau menganalisis data dan,
  5. Menyusun laporan.

Pelajari juga: Pendekatan pembelajaran

Nah itulah penjelasan mengenai evaluasi pembelajaran. Semoga bisa bermanfaat dan bisa diterapkan di lingkungan sekolah masing-masing.

Leave a Reply