13+ Gambar Lapangan Sepak Bola & Sejarah, Ukurannya (LENGKAP)

Gambar lapangan sepak bola. Lapangan sepak bola atau juga dikenal dengan football field atau juga lapangan hijau adalah prmukaan tanah lapang untuk pertandingan cabang olahraga sepak bola yang umumnya berupa lapangan rumput alami atau rumput sintetis. Aturan ukuran bentuk dan ketentuan lebih lanjut tercantum dalam pasal pertama dari LOTG “The Field Of Play”.

Adapun yang mencangkup semua wilayah di dalam garis lapangan adalah bagian dari area permainan.

Sejarah Sepak Bola Singkat

Sejarah Sepak Bola Singkat
Sejarah Sepak Bola Singkat

Sejarah singkat sepak bola di dunia itu ketika sejarah permainan sepak bola dimulai di Tiongkok dari abad ke-2 dan ke-3 sebelum masehi. Pada masa dinasti Han tersebut, para warga memainkan ini dengan cara menggiring bola yang terbuat dari kulit ke jaring kecil dengan cara menendangnya.

Sejarah Sepak Bola Indonesia

Sejarah Sepak Bola Indonesia
Sejarah Sepak Bola Indonesia

Pada kutipan kecil di atas tentang sejah singkat sepak bola, maka di bagian ini akan mendetailkan bagaiman cerita sejarah sepak bola masuk ke
Indonesi ahingga saat ini kita merasakan kemeriahan itu.

Saat Masa Penjajahan Belanda

Sepak bola merupakan permainan antara 2 tim dengan masing-masing terdiri dari sebelas orang pemain. yang ada. Mulainya permainan ini ditemukan perdana kali di China saat abad ke-2 M. Pada saat iru, sepak bola dimainkan dengan menggunakan bola yang terbuat dari kulit dan digiring bersamaan kaki.

Kemudian, masuklah ke Indonesia pada tahun 1914 saat negara masih genting dijajah oleh pemerintah  koliniel Belanda.

Kapan Lahir PSSI?

Sepak bola modern di Indonesia dimulai pada terbentuknya Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI)., tepat 19 April 1930, di  Yogyakarta. Dengan ketua PSSI pertama adalah Soeratin Sosrosoegondo. Kala itu kelahiran PSSI kerap dikaitkan dengan kegiatan politik yang menentang penjajahan.

Pasca mendiamnya Soeratin, prestasi tim nasional sepak bola Indonesia menyurut  karena pembinaan tim nasional tidak diimbangi dengan hal-hal ini.

Sejarah Sepak Bola Dunia

Sejarah Sepak Bola Dunia
Sejarah Sepak Bola Dunia. wikipedia

Sejarah sepak bola  atau disebut juga permainan menendang bola, dimulai pertama pada abad ke-2 dan ke-3 sebelum Masehi. Sepak bola dalam bahas aInggris “football atau Soccer” cabang olahraga yang menggunakan media bola sebagai bahan mainannya. Adapun tim masing-masing  harus mempunyai 11 anggota dan dengan cadangan (bila ada).

Olahraga ini telah dimainkan oleh lebih dari 250 juta orang di 200 negara, yang menjadikan olahraga paling populer di dunia.

Visi Misi Bermain Sepak Bola

Visi Misi Bermain Sepak Bola
Visi Misi Bermain Sepak Bola

Sepak bola bertujuan untuk mencetak poin dengan memasukkan bola ke dalam gawang lawan (goal) sebanyak-banyaknya. Sepak bola dimainkan dalam lapangn terbuka yang berbentuk persegi panjang di atas rumput memanjang  atau rumput sintetis. Dan kamu pperlu tau bagaimana ukuran lapan sepak bola sebenarnya., Yuuk cek di bawah ini!

Ukuran Lapangan Sepak Bola Lengkap

Ukuran Lapangan Sepak Bola Lengkap
Ukuran Lapangan Sepak Bola Lengkap

Untuk ukuran lapangan sepak bola secara umum adalah panjang lapangannya harus berukuran antara 90 hingga 120 meter (100 hingga 110 meter untuk pertandingan resmi tingkat internasional,  serta lebar lapangan antara lain 45 hingga 90 meter, adapun untuk kalangan Internasional 64 meter dan 75 meter dan harus berbentuk persegi panjang.

Ukuran Lapangan Sepak Bola Nasional

Ukuran Lapangan Sepak Bola Nasional
Ukuran Lapangan Sepak Bola Nasional. qudsfata

Pertangan sepak bola yang diadakan dalam skala nasional (dalam negeri Indonesia), lapangan yang digunakan dalam pertandingan ini biasanya memiliki ukuran yang sedikit lebih sempit dibandingkan dengan lapangan skala Internasional. Ukuran lapangan standar Nasional berkisar;

  • Panjang 120 meter Lebar 90 meter
  • Lingkaran tengah 9,15 meter
  • Ukuran kotak kiper 18,30 x 5,5 meter
  • Kotak pinalti depan gawang 40,3 x 16,5 meter

Ukuran Lapangan Sepak Bola Internasional

Ukuran Lapangan Sepak Bola Internasional
Ukuran Lapangan Sepak Bola Internasional. aturan permainan

Pertandingan sepak bola Internasional yang digunakan memiliki panjang 100-120 meter dan lebar 65-75 meter. Bagian tengah kedua ujung lapangan, terdapat area gawang yang berupa persegi empat berukuran dengan lebar 7,32 meter dan tinggi 2,44 meter. Di bagian depan dari gawang area pinalti yang berjarak 16,5 meter dari gawang. Area ini adalah merupakan batas kiper, boleh menangkap bola dan boleh dengan tangan serta menentukan kapan sebuah pelanggaran mendapatkan hadiah tendangan pinalti atau tidak.

Ukuran lapangan Sepak Bola Internasiona;

  • Panjang garis samping = 100-120 meter
  • Lebar = 75 hingga 90 meter,
  • Jari-jari lingkaran tengah = 9,15 meter
  • Daerah gawang = 18,3 x 5,5 meter,
  • Daerah pinalti = 40,3 x 16,5 meter,
  • Jarak titik tendangan hukuman pinalti dengan garis gawang = 11 meter
  • Tinggi gawang = 2,4. Lebar gawang = 7,3 meter

Ukuran Lapangan Standar Fifa

Mengetahui perbedaan ukuran lapangan sepak bola merupakan tambahan pengetahuan dan info bagi kamu bagi pecinta sepak bola masa kini, dan guna meningkatkan stok ilmu tentang olahraga yang kamu miliki.

Dan berikut ini yang membedakan ukuran lapan sepak bola versi Fifa;

  1. Panjang; 90 hingga 120 meter
  2. Lebar; 45 hingga 90 meter
  3. Lingkaran tengah; radiu 9,5 meter
  4. Panjang kotak pinalti; 40 meter
  5. Lebar kotak pinalti; 16,5 meter
  6. Jarak tendang penalti; 11 meter
  7. Panjang area gawang; 18,32 meter
  8. Lebar area gawang; 5,5 meter
  9. Tinggi gawang; 2,4 meter
  10. Lebar gawang; 7,3 meter

Ukuran Gawang Sepak Bola

Ukuran Gawang Sepak Bola
Ukuran Gawang Sepak Bola. (perpustakaan.id)

Ukuran gawang sepak bola, dengan ukuran tinggi gawang setinggi 2,44  meter, dedangkan panjangnya 7,32 meter. Perhitungan seperti itu dihitung dari sisi dalam tiang sebuah gawang dan mistar di atasnya. Nah, jaring pada gawang memiliki ukuran lubang yang lumayan renggang yaitu 10 m.

Bentuk Tiang Mistar Gawang

Bentuk gawang yang diletakkan di tengah masing-masing garis gawang bentuknya terdiri dari 2 tiang berdiri dan sebuah mistar yang terpasang  di atasnya. Daripada itu juga diberikan jaring agar dapat menahan laju bola sehingga tidak jauh keluar melebihi batas gawang.

Ketahanan Tiang Mistar Gawang

Perihal ketahanan gawang, bahan yang dibuat untuk tiang dan mistar gawang ialah dari besi, atau juga beberapa material dengan persetujuan FIFA (asal tak membahayakan pemain). Khususnya penjaga gawang, bentuknya elips dan diberi dengan warna dasar putih. Mengenai ketahanan gawang tertanam di dalam tanah lapangan atau hanya ada di atas tanah lapangan. Sealin itu jaring gawang harus melekat pada tiang dan tanah  dan tidak mengganggu kiper dalam menjaga gawang.

Ukuran Bola & Kriteria Bola Untuk S. Bola

Ukuran Bola & Kriteria Bola Untuk S. Bola
Ukuran Bola & Kriteria Bola Untuk S. Bola. Informasi dunia sepak bola

Ukuran bola untuk sepak bola standard Internasional menurut FIFA, memeliki keliling lingkaran minimal 68 cm dan maksimal 71 cm atau dengan ukuran berdiameter lingkaran 21 – 22,5 cm.

Spesifik Bentuk Bola Untuk Sepak Bola

Spesifik Bentuk Bola Untuk Sepak Bola
Bola sepakbola standar internasonal FIFA

Bola yang gunakan dalam permainan sepak bola pastinya berbentuk bulat sempurna, aga r putaran yang dihasilkan bola bisa stabil, baik saat menggelinging di permukaan lapangan tanah maupun saat berputar di udara melambung. Bola yang stabil juga penting supaya mudah bagi pemain untuk mengontrolnya.

Bahan Bola Untuk Sepak Bola

Bahan Bola Untuk Sepak Bola
Bahan Bola Untuk Sepak Bola

Tidak semua material dapat dijadikan bahan untuk pembuatan bola karena hal ini sudah ditentukan oleh FIFA, dan bahan yang ditentukan untuk pembuatan bola sepak itu ialah bahan khusu atau terbuat dari kulit. Bahan yang digunakan tidak boleh dari bahan yang berbulu.

Ukuran Lapangan Kotak Pinalti

Ukuran Lapangan Kotak Pinalti
Ukuran Lapangan Kotak Pinalti. kampus pjok

Pada kotak pinalti ada ukuran yang harus kamu ketahui. Bahwa ukurannya yang khusu ini yang dengan panjang sekitar 18 meter dan lebar 5,5 meter. Dan ini sudah merupakan ukuran lapangan sepak bola yang telah ditetapkan oleh FIFA, dan untuk ukuran gawang sendiri juga harus berbanding 3:2 dengan bentuk persegi panjang, seperti penjelasan saya di atas tadi.

Jenis-jenis Garis Lapangan Sepak Bola

Jenis-jenis Garis Lapangan Sepak Bola
Jenis-jenis Garis Lapangan Sepak Bola. okezone bola

Terbentangnya luasnya lapangan sepakbola, ada garis-garis warna putih yang mengelilingi tepi lapangan dan juga terdapat di tengah lapangan. Apakah kamu tahu garis-garis itu? Untuk apa & namanya apa?

Berikut ulasannya;

Garis Samping/The Touch Line

Garis Samping atau The Touch Line
Garis Samping atau The Touch Line

Jenis garis ini adalah garis tepi yang memanjang di sisi lapanga, atau bisa juga disebut dengan garis samping. Panjang garis ini menjelaskan panjang dari lapangan tersebut. Biasanya sekitar 100-110 meter. Tergantung lapangannya juga.

Jika bola keluar dari garis tersebut,  maka permainan dihentikan. Permainan dimulai kembali dengan melakukan lemparan ke dalam dengan menggunakan tangan.

Garis Gawang/The Goul Line

Garis Gawang/The Goul Line
Garis Gawang/The Goul Line

Tertera digambar atas, sebuah garis yang sejajr dengan gawang, dimana garis ini juga menunjukkan lebar dari lapangan tersebut. Apabila boal keluar yang (dilakukan oelh pihak lawan) mealui garis ini maka permainan dihentikan untuk kemudian dimulai kembali dengan mellakukan tendangan gawang.

Dan apabila bola keluar sebab dari tim sendiri, dan melalui garis tersebut juga, mak permainan dihentikan untuk kemudian dimulai kembai dengan melakukan tendangan penjuru atau corner oleh pihak lawan.

Garis Tengah/Halfway Line

Garis Tengah atau Halfway Line
Garis Tengah atau Halfway Line

Sebuah garis yang terketak di bagian tengah lapangan. Garis ini akan membagi lapangan dengan sama panjang. Garis ini juga menutup kemungkinan digunakan untuk mengetahui offside dalam pertandingan sepak bola.

Lingkaran Tengah/Center Circle

Lingkaran Tengah atau Center Circle
Lingkaran Tengah atau Center Circle

Adalah sebuah lingkaran besar yang dimana letaknya dibagian tengah lapangan sepak bola. Bagian tengah dari lingkaran ini digunakan untuk melakukan kick off tanda mulai sebuah pertandingan sepak bola. Baik pada babak 1 ataupun babak ke 2. Lingkaran ini memiliki radius 9,15 meter.

Titik Tengah/Center Spot

Titik Tengah atau Center Spot
Titik Tengah atau Center Spot

Adalah sebuah titik yang terletak pada center circle. Titik ini adalah merupakan pusat dari lapangan. Titik ini juga merupakan tempat menaruh bola pada saat melakukan kick off pada babak 1 maupun ke 2. Kick off sendiri sekarang bisa dilakukan oleh 1,2 orang pemain berada di area Center Circle.

Kotak Pinalti/Penalty Box

Kotak Pinalti atau Penalty Box
Kotak Pinalti atau Penalty Box

Sebuah area dimana posisinya ada di dekat gawang,. Area ini tidak besar dan cinderung lebih kecil dari kotak pialti, yaitu hanya memiliki panjang 18,32 meter dengan lebar 5,5 meter dihitung dari garis gawang.

Pada area posisi inilah, seorang kir sangat berkuasa dan lebih di prioritaskan dalam menagkap bola. Dengan kondisi apapun bola di area ini, kiper leluasa untuk menangkap bola. contoh lain: saat kiper ingin menangkap bola tinggi di area ini, dan dapat gangguan dari dari pihak musuh, maka biasanya pertandingan akan di hentikan serta kiper diberikan pelanggaran untuk dilanjutakan dengan tendangan bola mati ke arah pihak musuh.

Kotak Area Gawang/Goal Box

Kotak Area Gawang/Goal Box
Kotak Area Gawang/Goal Box

Adalah suatu area yang terletak di depan mistar gawang. Wilayah ini lebih kecil dari kotak pinalti, yaitu memiliki panjang 18,32 meter dengan lebar 5,5 meter dihitung dari garis gawang.

Di area ini, keper sangat berkuasa dan lebih di prioritaskan. Contohnya pada saat kiper ingin menangkap bola tinggi di area ini, dan mendapat gangguan dari pihak musuh, maka biasanya pertandingan akan dihentikan dan kiper diberikan pelanggaran untuk dilanjutkan dengan tendangan bola mati ke arah pihak musuh.

Titik Pinalti/Penalty Spot

Titik Pinalti atau Penalty Spot
Titik Pinalti atau Penalty Spot

Pinalty ArcSebuah area cekung setengah lingkaran tepat pada belakang titik pinalty. Fungsinya untuk mengatur jarak pemain dengan bola ketika tendangan pinalti. aka, pada saat pinalti terjadi, tidak ada 1 pemain pun yang  berjarak terlalu dekat sama bola.

Corner Arc/Pojok Arc

Corner Arc atau Pojok Arc
Corner Arc atau Pojok Arc

Dimana suatu area berbentuk cekung seperempat lingkaran yang terletak di 4 pojok lapangan sepak bola. Wilayah ini digunakan untuk tempat menaruh bola pada saat melakukan tendangan penjuru/corner dengan  ukuran radius 1 meter.

Technical Area

Technical Area 
Technical Area

Berbentuk kotak persegi panjang tak utuh, dimana area ini terletak di bagian pingging samping kanan-kiri garis tengah, tapi posisi nya di luar lapangan. Wilayah ini juga biasanya berada tepat di depan bangku-bangku pemain cadangan.

Fungsinya adalah sebagai tempat coach mengontrol para pemain dan menginstruksi juga memberi arahan dalam sebuah pertandingan sepak boal. 

Corner Flagpost

Corner Flagpost
Corner Flagpost

Sebuah bendera dimana berdiri tegak di sisi 4 posisi pojok lapanga persegi panjang ini. Adapun tinggi nya bervariasi cuman patok ukuran mulai dari 1,5 ,eter.

Leave a Reply