Hukum pascal merupakan salah satu materi dalam ilmu fisika yang menjelaskan mengenai pentingnya tekanan yang diberikan pada fluida di dalam ruang tertutup untuk kemudian diteruskan ke segala arah. Tekanan yang dimaksud di sini memiliki besaran yang sama dengan kekuatannya yang sama besar.

Hukum ini sendiri tercatat ditemukan oleh seorang ilmuan, fisikawan berkebangsaan Perancis. 

Jika kamu menyukai ilmu fisika dan matematika maka pasti tak asing dengan sosok ilmuan Blaise Pascal. Blaise Pascal meski meninggal dalam usia yang terbilang muda namun, karyanya telah banyak diterbitkan bahkan mengilhami ilmuan lain untuk mengembangkan konsep yang ditemukan Pascal. Berikut biografi singkat Blaise Pascal.

Biografi Blaise Pascal

Biografi Blaise Pascal

Biografi Blaise Pascal

Blaise Pascal merupakan seorang ilmuan berkebangsaan Perancis yang lahir pada tanggal 19 juni 1623 dari pasangan Etienne Pascal dan Antoinette Begon. Ayahnya Etienne Pascal merupakan seorang penasehat kerajaan yang kemudian diangkat menjadi seorang presiden sebuah organisasi ‘The Court of Aids di kota Clermont.

Ketika Pascal berusia 3 tahun ibunya meninggal dan pada tahun 1931 keluarganya pindah ke Paris. Sejak berusia 12 tahun Pascal juga sudah terbiasa diajak ayahnya mengikuti perkumpulan diskusi matematika.

Terlalu seringnya mengikuti diskusi matematika tersebut nyatanya membuat rasa ingin tahu Pascal terhadap ilmu matematika begitu besar. Sehingga Pascal pun tertarik untuk melakukan eksperimen dengan bentuk-bentuk geometri dan pada akhirnya menemukan rumus-rumus geometri standar dan memberikan nama rumus tersebut dengan namanya sendiri.

Selain menemukan rumus geometri, Pascal juga menemukan sebuah teori yang kemudian dinamakan hukum pascal.

Pascal ini merupakan salah satu teori yang ada di dalam ilmu fisika namun masih ada kaitannya dengan ilmu matematika. Hukum pascal adalah hukum yang menyatakan bahwa benda cair mampu memberikan tekanan ke segala arah.

Artinya, jika benda cair tersebut dalam keadaan mendapatkan tekanan maka tekanan tersebut akan merembet ke segala arah dengan daya kekuatan yang sama (tidak bertambah maupun berkurang). 

Temuan Pascal mengenai hukum pascal ini belum sempat dipublikasikan setahun setelah meninggalnya Pascal. Hingga pada akhirnya mendorong Simion Stevin lewat makalah persamaan benda cair milik Pascal melakukan analisis tentang paradoks hidrostatik hingga semua orang mengenal persamaan tersebut dengan sebutan hukum pascal.

Banyak orang termasuk para ilmuan saat itu menyadari bahwa teori hukum pascal penting lantaran memiliki keterkaitan antara teori benda cair dengan teori benda gas dan tentang perubahan bentuk keduanya yang kemudian dikenal dengan teori hidrodinamik. 

Tepat pada tanggal 9 agustus 1662, Pascal meninggal di usia yang lumayan masih muda yakni 39 tahun. Tidak ada keterangan yang jelas mengenai penyebab Pascal meninggal.

Meski begitu, selama hidupnya Pascal telah memberikan kontribusi yang sangat banyak di dunia ilmu pengetahuan yang mana menempatkan namanya sebagai salah satu ilmuan yang berpengaruh di dunia. 

Pengertian Hukum Pascal

bunyi hukum pascal

bunyi hukum pascal

Hukum pascal merupakan hukum fisika yang menjelaskan bahwa suatu tekanan yang terjadi pada fluida atau zat cair maka tekanan tersebut untuk selanjutnya akan diteruskan ke segala arah dengan besaran tekanan yang sama rata dan sama kuatnya. 

Bunyi hukum pascal adalah sebagai berikut:

“Tekanan yang diberikan pada zat cair dalam ruang tertutup diteruskan ke segala arah dengan besaran yang sama”

Secara matematis dapat ditarik rumus:

∆P= ρg(∆h)

Keterangan:

∆P = perbedaan tekanan pada 2 titik dalam sekat yang berisi zat cair (Pa)

ρ = massa jenis zat cair (kg /m3)

g = percepatan gaya gravitasi (m/s2)

∆h = ketinggian zat cair (m)

Namun, jika yang diketahui adalah jari-jari atau diameternya maka rumus pascal berubah menjadi:

F1/A1 = F2/A2

Atau 

F1 = A1/A2 . F2  atau F1 = (D1/D2)2 . F2

Keterangan:

F1 = gaya pada penampang 1 (N)

F2 = gaya pada penampang 2 (N)

A1 = luas penampang 1 (m2)

A2 = luas penampang 2 (m2)

D1 = diameter pada penampang 1 (m)

D2 = diameter pada penampang 2 (m)

Manfaat Adanya Hukum Pascal

Hukum pascal muncul bukanlah tanpa sebab melainkan muncul melalui berbagai percobaan/eksperimen yang dilakukan berulang kali sebelumnya. Manfaat adanya hukum pascal ini begitu besar bagi kehidupan manusia. Diantaranya adalah:

  1. Dapat memudahkan suatu pekerjaan manusia dan membuatnya jauh lebih ringan terutama pekerjaan yang melibatkan benda-benda berat.
  2. Membantu pekerjaan di banyak industri yang ada di dunia.
  3. Hukum pascal dapat diaplikasikan pada banyak teknologi dan kebutuhan. 
  4. Segala peralatan yang menerapkan hukum pascal dapat terus dikembangkan di kemudian hari dengan tujuan untuk kemudahan pekerjaan manusia. 

Penerapan Hukum Pascal dalam Kehidupan Sehari-hari

Hukum Pascal

Penerapan Hukum Pascal dalam Kehidupan Sehari-hari

Hukum pascal nyatanya memiliki peran yang sangat besar bagi manusia terlebih untuk memudahkan pekerjaan. Sudah banyak peralatan atau teknologi yang dibuat dengan mengaplikasikan hukum pascal. Berikut beberapa peralatan yang merupakan hasil aplikasi hukum pascal dalam kehidupan sehari-hari:

  • Dongkrak hidrolik

Dongkrak hidrolik merupakan alat yang sering digunakan oleh sopir truk apabila truknya mengalami masalah atau kerusakan. Contohnya adalah ketika ban truk mengalami kebocoran dan segera membutuhkan ganti. Oleh karena itu, diperlukan dongkrak hidrolik yang memanfaatkan dua buah silinder yakni silinder besar dan kecil. Prinsip kerja dongkrak hidrolik adalah ketika sebuah dongkrak ditekan, maka minyak pada silinder kecil akan tertekan dan mengalir ke silinder besar. Tekanan pada silinder besar inilah yang akan menimbulkan gaya. Munculnya gaya ini menyebabkan benda berat yang ada di atasnya yakni ban truk terangkat. 

  • Rem cakram hidrolik

Rem cakram hidrolik ini menggunakan fluida minyak. Prinsip kerja rem cakram hidrolik ini adalah ketika kaki menginjak pedal rem maka piston (pipa penghubung) ini akan menekan minyak yang ada di dalamnya. Tekanan yang ditimbulkan tersebut kemudian diteruskan pada dua piston keluaran yang berfungsi untuk mengatur rem. Rem ini akan menjepir sebuah piringan logak yang mengakibatkan timbulnya gesekan pada piringan dengan gerak yang berlawanan.

  • Jarum suntik

Jarum suntik ternyata dalam kerjanya juga menggunakan hukum pascal. Prinsip kerjanya adalah ketika kita memompa cairan yang ada di dalam jarum suntik, maka cairan tersebut mendapatkan tekanan yang kemudian tekanan tersebut mendorong cairan tersebut masuk ke dalam tubuh pasien.

  • Pompa sepeda

Pompa sepeda pada dasarnya terdapat dua jenis yakni pompa sepeda biasa dan pompa hidrolik. Meski begitu, tujuan dari keduanya adalah sama yakni memudahkan manusia ketika memompa ban sepeda. Dengan begitu tenaga yang digunakan untuk memompa jauh lebih sedikit dengan hasil yang maksimal. 

Bagaimana cukup mudah dipahami kan? Itulah pembahasan singkat mengenai hukum pascal dasar. Jadi, jangan takut lagi untuk belajar fisika nyatanya belajar fisika itu mudah dan tentu saja mengasyikkan. 

Categories: SMA

Leave a Reply

%d bloggers like this: