Apa itu kain Wolfis?, bahan Wolfis (Woolpeach) ini adalah kain yang terbuat dari campuran sutra, katun, dan serat sintetis. Bahan wolfis ini dalam beberapa tahun terakhir sering dibahas oleh perancang busana muslim, dan wanita muslim. Namun pada kenyataannya ia tidak tahu tentang karakteristik, kelebihan, kekurangan, bahan wol peach.

Oleh karena itu, dalam artikel ini saya akan menjelaskan beberapa ulasan tentang materi wolfis. Bahan Wol persik memiliki ketebalan di bawah bahan jarsey, sehingga kainnya relatif lebih ringan dan lebih tipis. Namun, bahan wolfis ini meski tipis tetapi tidak transparan.

Bagaimana Cara Membuat Wolfis?

kain wolfis

Cara membuat kain wolfis. (image: mizutex.com)

Kain wolfis sering digunakan untuk pembuatan busana muslimah. bahan wolfis merupakan salah satu jenis kain katun yang tidak melar, tebal, tidak kelihatan berserat, dan dingin. Serta memiliki struktur kain yang halus jika diraba dan tidak kaku. Oleh karena itu banyak yang menyukai jenis kain ini karena meskipun tebal, tetapi tidak kaku.

Bahan wolfis adalah bahan kain yang terbuat dari campuran sutra, katun, dan juga tambahan bahan campuran serat sintetis lainnya. bahan wolfis pada umumnya memiliki ketebalan dibawah bahan jersey sehingga cenderung relatif lebih ringan dan tipis. Tetapi meskipun tipis, bahan wolfis ini tidak tembus pandang. Sehingga kain ini sangat cocok untuk wilayah-wilayah tropis. (riraclothing.com)

Bahan wolfis ini termasuk jenis kain atau bahan chiffon namun tidak melalui proses lining. Proses lining ini merupakan bahan pelapis yang berupa kain dan melaipisi bahan utama baik sebagian ataupun seluruhnya. Bahan lining ini sering dinamakan sebagai furing.

Ciri Khas Karakter Bahan Wolfis

Ciri Khas Karakter Bahan Wolfis

Ciri Khas Karakter Bahan Wolfis. (gamisjilbabsyari.com)

Kain wolfis atau woolpeach memang beberapa tahun kebelakang ini cukup banyak disebut-sebut sebagai salah satu bahan kain yang cocok untuk membuat busana muslimah yang banyak idcari oleh para wanita muslimah.

Ini adalah bahan kain yang sering digunakan untuk membuat busana muslim atau muslimah ternyata memiliki karakteristik khusus dan tidak dimiliki oleh kain pada umumnya.

Berikut adalah karakteristik wolfis (woolpeach):

  1. Kainnya tebal tapi ringan.
  2. Memiliki serat yang kencang dan halus.
  3. Kain tidak mudah kusut.
  4. Bahan wolfis tidak panas sehingga nyaman dan tidak panas saat dipakai.
  5. Kain wolfis tidak transparan.
  6. Bahan wolfis tidak licin.
  7. Bahan wolfis mudah untuk diseterika, tetapi harus hati-hati dan mengatur setrika agar tidak terlalu panas karena wolfis tidak tahan terhadap panas.

Disamping karakter woolpeach di atas itu, kain woolpeach mempunyai kelebihan dan celanya yang harus kita ketahui sebagai konsumen kain woolpeach.

Kelebihan Dari Kain Wolfis (woolpeace)

kelebihan kain wolfis

Kelebihan Dari Kain Woolpeach (wolfis). umisehat.com)

Setelah kamu tahu dan mengerti banyak tentang wolfis, dari asal-usulnya dan karakteristik serta karakteristiknya. Sudah saatnya kita meninjau lebih lanjut tentang kelebihan dan kekurangan kain wolfis. Untuk mengetahui kelebihan dan kekurangannya, kita dapat lebih mudah mengenali dan membedakan mana wolfis asli dan mana yang tidak asli.

Jika kamu memiliki keterampilan menjahit dan suka membuat desain atau desain pakaian muslimah, Mengetahui tentang kelebihan dan kekurangan wolfis secara rinci sangat penting.

Karena itu dapat memudahkan dalam memutuskan gambar atau pakaian muslimah mewah yang akan diproduksi dengan bahan wolfis. Sehingga terlihat lebih elegan dan berkualitas.

Kain Wolfis Lebih Halus

Keuntungan paling penting dari kain woolpeach adalah sifatnya yang lebih halus dan lebih fleksibel. Pada permukaan kain ini memiliki tekstur yang halus, menghasilkan perasaan lembut pada kulit.

Kain Wolfis Tidak Mudah Kusut

Dengan mengenakan pakaian busana muslim wolfis. Menjadikan perawatan baju muslim menjadi lebih mudah, karena tidak mudah lelah dan kusut. Selain itu, busana muslim wolf ini tidak membutuhkan busana muslim yang lebih istimewa dan eksklusif.

Bahan Tebal dan Tidak Transparan Kain

Baju muslim adalah pakaian yang dikenakan untuk menutupi anggota badan wanita, kecuali telapak tangan dan wajah. karena itu dengan design yang sangat bagus sekali, bahan wolfish ini banyak muslimah yang mencari untuk style dalam berbusana.

Massa (Berat) Bahan dari Light Wolfis Fabrics

Meskipun kain wolfis tebal, tetapi bahan ini memiliki massa yang ringan. Jadi tidak memberatkan bagi pengguna saat mengenakan dan saat dicuci juga sangat ringan.

Kain Jenis Wolfis Mudah Ditemukan

Bahan Wolfis dijual di pasaran (online atau offline) dengan harga yang relatif murah dan terjangkau. Sehingga bisa dibeli oleh berbagai kalangan, mulai dari kelas atas, menengah, bahkan hingga kelas bawah.

Memiliki Banyak Pilihan Warna

Sebagai seorang wanita, melihat warna adalah variasi yang menarik dan menarik. Ini juga berlaku ketika melihat bahan pakaian yang akan dikenakan. Di mana semakin banyak pilihan warna akan membuat para wanita akan lebih tertarik untuk memakainya.

Bahan Wolfis Tidak Mudah Kusut

Mengenakan busana muslimah berbahan kain wolfis, merawat busana muslimah menjadi lebih mudah. Karena sifat dasarnya yang tidak mudah lecek dan kusut. Selain itu busana muslimah berbahan kain wololpeach ini tidak memerlukan perawatan khusus.

Bahan Wolfis Bahan Familiar

Kain wolfis sangat gampang didapatkan di manapun, baik itu secara online atau offline. Karena banyaknya permintaan konsumen membuat para produsen memproduksi jumlah kain wolfis stock lebih banyak lagi, menambah jenis, warna dan pastinya kualitasnya.

Harga Kain Wolfis Terjangkau Banget

Dengan semakin banyak permintaan produk dan bertambah  banyaknya jumlah konsumen wolpeace, maka semakin murah dan tidak sukar untuk dicari. Untuk itu kamu bisa mencari nya di tempat kamu,bahkan ketik “beli kain wolfis” di Goolging, maka terdapat tempat penjual paling dekat yang ditunjukkan kepada kamu

Kekurangan Dari Kain Woolpeach (Wolfis)

kekurangan Dari Kain Wolfis (woolpeace)

kekurangan Dari Kain Wolfis (woolpeace). gamissyaricikarang

Setelah kita mengetahui kain wolfis dengan segelintir kelebihannya, maka sekarang kita harus tahu kekurangannya juga.Karena tidak mungkin suatu bahan kain hanya mempunyai kelebihan saja tanpa ada kekurangan. Maka berikut ini saya sajikan kekurangan dari wolfis ini:

  • Karena banyak macam warna, kita dibuatnya menjadi bingung ketika membeli kain woolpeace ini (wolfis).
  • Bahan wolfis ini mempunyai berbagai kualitas dan ketebalan. Dari yang tipis hingga tebal bahkan transparan, maka dari itu harus jeli dan detail dalam membelinya (sesuai kebutuhan anda).

Selain itu, kekurangan wolfis itu lumayan mencengangkan dan perlu kamu ketahui ini;

1. Banyak Varian, Bikin Bingung Memilihnya

Contohnya, saat kamu telah membeli kain wolfis warna biru sepanjang 1 m, tetapi ternyata saat dibuat untuk aneka bahan hijab, warna tersebut akan sama dengan orang lain yang juga di pakai untuk baha hijab secara kebetulan.

2. Tingkat Ketebalan Pada Kain Wolfis Bikin Harus Diperhatikan

Pasalnya jenis ketebalan kain wolfis ini, tak hanya tebal secaara utuh namun ada juga tipis transparan yang bisa melekat menirukan lekukan tubuh. Inilah yang membuat ketidak nyamanan pada diri muslimah yang ingin bertampilan syari.

 

Jenis-jenis Bahan Wolfis

Jenis-jenis Bahan Wolfis

Jenis-jenis Bahan Wolfis. (Gamis Jilbab Syar’i)

Layaknya jenis bahan lainnya, kain wolfis ini juga secara umum terbagi mempunyai beberapa jenis yang harus kita kenali. Ada 3 kategori jenis bahan wolfis, berikut ulasannya:

  1. Bahan Wolfis Grade A; memiliki kualitas paling halus dan paling jatuh.
  2. Bahan Wolfis Grade B; memiliki kualitas kurang halus dan kurang jatuh.
  3. Bahan Wolfis Grade C; memiliki kualitas adak kasar dan kurang begitu jatuh

Perbedaan antara 3 bahan semuanya itu adalah banyaknya material campuran yang digunakan untuk membuatnya. Semakin tinggi dan halus kualitasnya maka semakin mahal juga harganya.

Jadi, teruntuk kamu wahai muslimah, jika kamu akan membeli bahan bahan woolpeach, ada baiknya ditanyakan terlebih dahulu ke penjual kainnya, apakah itu masuk grade A, B, atau juga C.

Cara Mengenali Kain Wolfis

cara mengenali kain wolfis

Di atas bahan wolfis dan bahan wollycrape. Bahan Wollycrepe adalah jenis bahan kain crepe yang memiliki tekstur kulit jeruknya. (Imgrum)

Secara tekstur, bahan Wolfis memang tidak memiliki ciri khasa utnuk bisa mengenalinya, seperti kain Balotelli dengan tekstur garis-garisnya, atau juga kain Buble Crepe dengan tekstur seperti kulit jeruk yang kasat mata.

Sedangkan tekstur bahan wolfis ini tidak terlalu nampak dan tidak memiliki ciri yang khas.

Jika diraba , akan terasa cukup begitu halus  dan agak tipis namun tidak menerawang. Dan perlu diketahui bahwa wolfis bukanlah kain yang terbuat dari serat katun. Oleh karena itu jangan dibandingkan kualitasnya dengan deretan jenis kain katun.

Bahan Wolfis Cocok Untuk Busana Muslimah (gamis, jilbab,dll)

Bahan Wolfis Busana Muslimah

Bahan Wolfis Busana Muslimah. (IG @Hijab_ss)

Suatu kain yang terbuat dari campuran antara katun, sutra dan tambahan campuran serat sintetis. Asal nama kain wolfis ini adalah woolpeach, namun dengan lidah Indonesia yang sedikit susah dalam pengucapannya, yaa begitu deh.

Sifat bahan wolfis ini umumnya mmempunyai ketebalan di bawah bahan jersey sehingga relatif tipis dan ringan. Akan tetapi walaupun tipis, dari segi kelebihan wolfis ini yaitu tidak tembus pandang.

Karakternya yang halus, adem, ringan dan tidak transparan pastinya. Sehingga cocok dan ideal untuk gaya busana muslima millenial sekarang.

Bahan Jet Black Dan Kain Wolfis

Apa hubungannya antara bahan jet black dan wolfis ini?, bagi yang menyukai abaya model Timur Tengah, pasti tahu dengan istilah bahan kain ini. Karena Abaya Saudi banyak yang menggunakan bahan Jet black.

Hubungannya di sini ternyata,…..

untuk warna, bahan kain wolfis ini sebenarnya mempunyai banyak warna pilihan yang dapat  kamu pakai sesuai dengan selera hati.Nah, untuk pasar Timur Tengah, orang daerah sana biasanya memilih warna hitam utnuk bahan abayanya. Sehingga bahan wolfis yang diekspor ke Timur Tengah biasanya berwarna hitam.

Setelah sampai di sana kemudian kain ini dicelup lagi dengan warna hitam pekat untuk menjadi kain jet black . Warna hitam ini banyak wanita Arab memakainya untuk busana mereka, dikarenakan hitam warna wanita, maka putih menjadi sebaliknya, yaitu untuk warna kaum laki-laki.

Harga Bahan Wolfis

harga bahan wolfis

harga bahan wolfis. (masbidin.net)

Untuk harga bahan kain wolfis ini lumayan beragam, tergantung dari lokasi penjual dan juga grade kualitas bahan wolfis yang dijual. Secara umum para penjual online memasang harga wolfis sebagai berikut;

Harga Wolfis Grade A ± Rp. 20.000 hingga Rp. 35.000 /@Meter dengan Lebar kain 150 cm

Himbauan untuk kamu yang ingin membeli dengan online, agar memperhatikan dengan detail mengenai kealitas bahan wolfis, warna yang akan dibeli dan ukuran lebar sera ketersedian barang hingga lama waktu pengiriman. Ini sangat penting.

 

 

 


Leave a Reply