Belajar Tentang Kata Ganti

Kata adalah satuan terkecil dalam konteks bahasa yang harus dipahami oleh semua orang. Pasalnya, penggunaan kata ini bukan hanya terletak pada penulisan saja namun juga pada kegiatan sehari-hari. Salah satu kata yang banyak dijumpai dalam kehidupan sehari-hari adalah kata ganti.

Kata ganti ini cukup familiar dan hampir setiap hari ditemukan dalam kehidupan. Bukan hanya dalam penulisan saja, namun dalam komunikasi kita juga sering menggunakan kata ini sebagai kata yang memudahkan penggunaan.

Bahkan, bukan hanya dalam bahsa Indonesia saja namun, hampir semua bahasa yang ada di dunia seperti bahasa inggris memiliki kata ganti sebagai cara yang paling efektif dalam membentuk kalimat.

Pengertian Kata Ganti Yang Sering Dijumpai

Pengertian Kata Ganti Yang Sering Dijumpai
Pengertian Kata Ganti Yang Sering Dijumpai

Kata ganti atau biasa dikenal dengan istilah pronomina adalah sederetan kata yang digunakan untuk menggantikan subyek dan obyek baik berupa orang atau pun berupa benda di sekeliling kita. Penggunaan kata ini dimaksudkan untuk menghasilkan efeketifitas dan menghasilkan kalimat yang tidak bertele-tele.

Fungsi Kata Ganti dalam Segala Konteks Bahasa

Fungsi Kata Ganti dalam Segala Konteks Bahasa
Fungsi Kata Ganti dalam Segala Konteks Bahasa

Kata ganti berfungsi untuk menggantikan benda di mana dengan adanya kata ini maka dapat meningkatkan efisiensi dan efektifitas setiap kalimat, paragraph, atau pun wacana. Penggunaan kata ini juga tak hanya terbatas pada penulisan saja namun, untuk keperluan sehari-hari juga dapat menggunakan kata pronomina.

Fungsi lain kata pronomina ini juga bisa digunakan untuk menggantikan kata benda atau pun orang yang tak dikatakan secara langsung. Penggunaan kata ini berfungsi untuk membuat suatu kalimat yang efektif dan tak terkesan bertele-tele.

Ciri-Ciri Kata Ganti

Ciri-Ciri Kata Ganti
Ciri-Ciri Kata Ganti

Segala macam deretan kata pasti memiliki ciri yang akan membedakannya dengan kata yang lain. Ciri ini akan memudahkan Anda dalam penggunaan karena pasti antara satu jenis kata dengan jenis yang lain berbeda dan tak dapat disamakan.

  • Posisi kata pronomina

Ciri yang paling utama dari penggunaan kata pronomina adalah dari posisinya. Kata ini akan terletak pada posisi subyek atau pun obyek di sebuah kalimat. Kata pronomina ini juga dapat berfungsi sebagai predikat namun hanya dalam konteks kalimat tertentu saja.

  • Jenis kata

Berbicara terkait jenis kata pronomina, maka ada banyak sekali ragamnya. Sehingga, penggunaanya akan sangat tergantung pada posisi yang diinginkan dan konteks yang ada di suatu kalimat.

Jenis-Jenis Kata Ganti Yang Sering Dijumpai

Jenis-Jenis Kata Ganti Yang Sering Dijumpai
Jenis-Jenis Kata Ganti Yang Sering Dijumpai

Kata ganti atau pronomina ini memiliki banyak sekali jenis yang pastinya akan berbeda satu sama lain. Penggunaan kata ini bisa disesuaikan dengan kebutuhan karena antara jenis satu dengan yang lain berbeda dalam hal penggunaanya.

Baca juga: kata hubung lengkap

Kata Ganti Orang

Kata Ganti Orang
Kata Ganti Orang

Kata ganti pertama yang sering digunakan adalah kata pronomina orang. Kata ini biasa digunakan untuk menggantikan posisi subyek berupa orang dalam konteks suatu kalimat. Kata pronomina ini dapat dibagi menjadi enam jenis yaitu:

  1. Kata ganti Orang pertama bentuk tunggal

Kata pronomina ini digunakan untuk menggantikan penulis yang terlibat secara langsung atau berfungsi sebagai pelaku utama dalam paragraph, kalimat, atau bahkan dalam buku sekalipun. Penggunaan kata ini tak pernah terlepas dari aku, saya, penulis dan contohnya:

Saya adalah seorang siswa

Aku dapat berlari sepanjang 3 kilometer tapa berhenti.

  1. Kata ganti orang pertama bentuk jamak

Kata ini digunakan apabila orang yang terlibat lebih dari satu macam. Misalkan penulis yang mengarang cerita atau tokoh dalam cerita lebih dari satu orang. Penggunaanya menggunakan kata kami dan juga kita. Contoh:

Kita akan pergi ke Tasikmalaya nanti malam

Kami membuat perahu untuk menyebrangi sungai deras ini.

  1. Kata ganti orang kedua bentuk tunggal

Kata ini ditujukan untuk lawan bicara atau pun orang lain yang terlibat secara langsung terhadap penulis atau pun pembicara dengan jumlah pelaku satu orang. Kata ini biasa menggunakan kata kamu dan juga Anda. Contoh:

Kamu adalah teman baikku

Anda sangat cocok mengenakan baju merah itu

  1. Kata ganti orang kedua bentuk jamak

Kata ini digunakan untuk lawan bicara yang terlibat langsung dengan penulis dan pembaca yang jumlahnya dua orang. Penggunaan kata ini selalu menggunakan kata kalian. Contoh:

Kalian adalah orang terhebat yang pernah aku miliki

  1. Kata ganti orang ketiga bentuk tunggal

Kata ini digunakan untuk menggantikan orang lain yang bukan merupakan lawan bicara langsung terhadap pembaca atau pun penulis dengan jumlah satu orang. Kata yang digunakan adalah dia, ia, dan bisa juga beliau. Contoh:

Ia menjadi juara kelas karena pandai

Dia adalah orang yang baik hati

Beliau merupakan guru terbaik yang mengajari kami dengan sabar

  1. Kata ganti orang ketiga bentuk jamak

Kata ini digunakan untuk orang yang tidak terlibat secara langsung terhadap pembicara atau penulis. Biasanya, menggunakan kata mereka contoh:

Mereka telah bersahabat sudah dari tahun 2010

Pelajari juga: Kata majemuk penyempurna tulisan kamu

Kata Ganti Kepemilikan

Kata Ganti Kepemilikan
Kata Ganti Kepemilikan

Kata ini berfungsi untuk menggantikan posisi benda yang dimiliki oelh seseorang. Kata ini juga sering ditemukan dalam penulisan sehari-hari. Saat akan menggunakan kata jenis ini, maka ada beberapa aturan yang wajib digunakan dan diperhatikan.

  • Kata benda yang menggantikan orang pertama tunggal maka penulisannya menjadi kepunyaanku. Contoh:

Sayalah yang memiliki rumah mewah itu. Kalimat tersbeut saat menggunakan kata jenis maka akan menjadi rumah mewahku.

  • Kata benda untuk orang kedua tunggal maka akan menjadi kepunyaanmu dan penulisannya akan menjadi milikmu.
  • Kata benda yang dimiliki oleh orang ketiga tunggal amkan akan menjadi kepunyaanya dan akan menjadi miliknya.

Belajar juga: 13 jenis Kata ulang yang perlu kamu pelajari

Kata Ganti Penunjuk

Kata Ganti Penunjuk
Kata Ganti Penunjuk

Kata jenis ini berfungsi untuk menggantikan posisi benda dalam kalimat yang ditunjuk oleh subyek. Kata ini digunakan untuk menunjukkan segala sesuatu baik itu berupa benda atau pun tempat. Kata yang biasa digunakan adalah:

  • Kata pronomina petunjuk umum biasanya menggunakan ini dan itu. Contoh:

Ini pulpenku dan itu pulpenmu

  • Kati penunjuk tempat biasanya menggunakan kata sini dan sana. Contoh:

ilham tadi pagi mengantarkan bunga ke sini, saat aku akan pergi ke sana.

  • Kata pronomina penunjuk perihal biasanya akan menggunakan kata begini dan begitu, contoh:

Kalau begitu akan saya kirimkan sejumlah uang ke rekeningmu.

Kata Ganti Penanya

Kata Ganti Penanya
Kata Ganti Penanya

Kata ini berfungsi utnuk menggantikan pada saat ada yang menanyakan benda, waktu, persona, keadaan, atau bahkan tempat. Biasanya menggunakan beragam kata seperti apa, siapa, yang mana untuk menggantikan orang atau benda.

Kata ini saat menanyakan tempat makan akan menjadi di mana, ke mana, serta dari mana. Kata pronomina penanya untuk menanyakan waktu maka akan menjadi kapan.

Penggunaan kata ini harus disesuaikan dengan keperluan yang ada.

Jangan sampai salah dalam menggunakan dan memasangkan kata ganti karena semua sudah memilik kaidah yang harus dituruti dan ditaati dalam penulisan.

Leave a Reply