4 Jenis Kata Kerja Mental Beserta Seluk Beluknya

Kata adalah satuan paling kecil yang memiliki makna. Kata ini menjadi suatu dasar yang tak bisa dihiraukan sama sekali. penggunaan kata sangat penting untuk dapat menyusun suatu paragraph dan menyempurnakannya. Salah satu jenis kata yang wajib dipahami adalah kata kerja mental. Kata kerja adalah suatu dasar yang wajib ada dalam suatu kalimat.

Tanpa kata kerja, maka pola suatu kalimat akan menjadi tak terarah.

Salah satu jenis kata kerja yang mungkin belum banyak diketahui orang adalah kata kerja mental. Kata kerja ini sering kita temui dalam beragam paragraph yakni dalam berita namun belum banyak orang yang menyadari akan kehadiran kata kerja ini.

Sehingga, harus diketahui apa itu pengertian kata kerja mental beserta contohnya secara lengkap.

Pengertian Kata Kerja Mental

Kata Kerja Menta
Pengertian Kata Kerja Mental

Pengertian Kata Kerja Mental Yang Harus TerjejalLengkap persepsi, atau keberadaan. Kata kerja ini menggambarkan suatu proses, situasi, atau pun tindakan secara nyata.

Kata kerja ini akan selalu mengacu pada kegiatan atau pun aktivitas apa saja yang dilakukan oleh subjek.

Dalam tatanan yang sama, kata kerja ini tetap berfungsi sebagai predikat pada suatu kalimat. sehingga, sebenarnya kita sering menenmukan kata kerja kativis mental dalam kehidupan sehari-hari.

Kata kerja ini akan sangat mudah ditemukan pada teks dalam suatu kalimat. sehingga, pasti tidak akan membingungkan semua orang.

Terdapat dua buah cara yang bisa digunakan saat akan mencari kata kerja yang pastinya tak bisa dikupakan.

Baca juga: Tentang kata rujukan

Cara Temukan Kata Kerja Secara Mudah Dalam Paragraf

Cara Temukan Kata Kerja
Cara Temukan Kata Kerja Secara Mudah Dalam Paragraf

Ada dua buah cara yang bisa digunakan untuk mencari kata kerja. Cara ini bisa dilakukan dengan mudah dan tanpa menggunakan bantuan apa pun juga. Cara yang paling penting adalah dengan mencobanya hingga akhirnya dapat ditemukan secara tepat.

  • Cara pertama yang bisa digunakan adalah dengan menandai kata yang termasuk ke dalam subyek dan juga predikat. Cara ini adalah cara yang paling mudah karena predikat adalah sesuatu yang dikerjakan oleh subyek begitu pula subyek adalah seseorang yang mengerjakan sesuatu.
  • Selain itu, Anda juga harus menandai terkait adanya obyek yang ada. Obyek ini adalah sesuatu yang dikenai oleh subyek. Dengan mengetahui mana obyek dan mana subyek, maka Anda akan secara otomatis mengetahui yang mana predikat.

Belajar juga: Kata hubung lengkap

Ciri Ciri Kata Kerja

Ciri Ciri Kata Kerja
Ciri Ciri Kata Kerja

Saat akan membedakan yang mana kata kerja dan yang mana unsur lainnya, maka Anda harus mengetahui terlebih dahulu apa saja ciri yang membedakan antara yang satu dengan yang lainnya. Ciri ini hanya dimiliki oleh satu buah kata saja sehingga tidak akan pernah bingung saat mencari yang mana yang kata kerja dan yang mana kata lainnya.

  • Ciri pertama dari kata kata kerja adalah memiliki arti sebagai suatu tindakan, kegiatan, atau pun aktivitas yang dilakuan subyek. Contoh kalimat: menulis, minum, membaca, menggambar, dan masih banyak lagi.
  • Ciri yang selanjutnya adalah memiliki makna proses seperti mengeksploitasi dan meledak.
  • Selain titu, kata kerja ini juga dapat diikuti pula dengan nama. Contoh penggunaan kalimatnya adalah: Harun membeli mobil yang merupakan pola dari S-P-O.
  • Ciri selanjutnya adalah untuk kata kunci dapat disertai pula dengan kata sifat atau pun kata keterangan.
  • Ciri yang selanjutnya adalah untuk kata unci yang memiliki status atau makna status maka tak bisa digunakan sebagai tambahan awalan.

Jenis Kata Kerja

Jenis Kata Kerja
Jenis Kata Kerja

Kata kunci atau pun kata kata kerja banyak ditemukan dalam segala macam kalimat. sehingga, kata kerja ini digolongkan berdasarkan sifat dan kelompoknya masing-masing. Jadi, ada beragam jenis kata kerja yang sudah seharusnya Anda ketahui sejak dini.

Kata Kerja Berdasarkan Subjek

Kata Kerja Berdasarkan Subjek
Kata Kerja Berdasarkan Subjek

Jenis Kata Kerja Menurut Subjeknya Dapat Dibagi Menjadi Dua Buah Macam, Yakni:

  • Kata kerja aktif

Kata kerja aktif adalah kata kata kerja yang subyeknya melakukan kerja atau sebuah kegiatan. Kata kerja ini memiliki bentuk atau pola S-P-O. Contoh penggunaan dalam suatu kalimat:

Harun membaca buku di perpustakaan

Harimau menerkam singa secara brutal

Bapak berjualan buku setiap hari

  • Kata kerja pasif

Kata kerja pasif adalah sebuah kata kerja yang subjek atau pelakunya dikenai kerja. Hal ini menjadi pembalikkan dari kata kerja aktif. Jenis ini memiliki pola O-P-S. Contoh penggunaan dalam kalimat:

  1. Bunga ditanam oleh Ibu
  2. Bola dilempar oleh Harun
  3. Buku dibaca oleh Tami

Jenis Kata Kerja Berdasarkan Objek

Jenis Kata Kerja Berdasarkan Objek
Jenis Kata Kerja Berdasarkan Objek

Kata kerja berdasarkan objek dapat dibagi pula menjadi dua macam yakni kata kerja transitif dan kata kerja intransitive.

  • Kata kerja transitif

Kata kerja transitif adalah sebuah kata kerja yang diiringi objek. Objek yang mengikuti ini bisa dimulai dari kata ganti, frasa, atau pun kata benda. Bentuk kata kerja ini akan dapat diubah menjadi bentuk pasif. Contoh penggunaan:

Saya makan durian

Saya beli bunga

Kata kerja ini sangat membutuhkan objek. Pasalnya, tanpa objek maka kalimat tersebut hanyalah kalimat tanpa makna yang sulit untuk dimengerti. Kata kerja ini juga mampu menjawab pertanyaan 5 W dan 1H.

  • Kata kerja intransitif

Kata kerja ini adalah sebuah kata kerja yang tak menggunakan objek untuk melengkapi kalimat. dalam kata kerja ini, tak akan bisa diubah menjadi bentuk pasif. Contoh penggunaan kalimat:

Dia jatuh

Anak kecil menangis

Kamu tertawa

Perbedaan kata kerja intransitif adalah tak dapat diikuti dengan kata benda namun hanya bisa diikuti dengan kata keterangan atau pun frasa preposisional. Kata kerja ini biasanya akan membantu menjawab pertanyaan di mana, kapan, atau pun bagaimana.

Berdasarkan Bentuk Lain

Kata kerja berdasarakan bentuknya dapat dibagi menjadi 3 jenis yaitu kata kerja berguna, yang reflektif, dan jata kerja timbal balik

  • Kata kerja berguna

Contoh penggunaan kata ini adalah Adi orang yang sombong

Nina membeli baju baru untuk temannya

  • Kata kerja refleksi

Contoh penggunaan kata ini adalah Tina menggunakan make-up sebelum ke sekolah

  • Kata kerja kolektif

Alesha memandangi Lina

 

Qonita dan Kiki berpegangan tangan

Belajar juga: Tentang kata mutiara pendidikan lengkap

Kata Kerja Berdasarkan Bentuk

Kata Kerja Berdasarkan Bentuk
Kata Kerja Berdasarkan Bentuk

Jenis kata kerja juga dapat dibagi berdasarkan bentuknya, yaitu karya seni asli, dan kata kerja dasar.

  • Kata kerja dasar

Kaka jarang minum

Pekerja lebih memilih makan daripada tidur

  • Karya seni asli

Karya seni asli ini, menggunakan beberapa jenis kata seperti lebar, berlari, melompat, mengayun, berkelahi, tatap muka, ringkas, pendaratam, dan amsih banyak lagi.

Penggunaan kata kerja mental memang harus sering dilatih. Pasalnya, dengan memperbanyak latihan dan penggunaan nantinya akan dapat dihasilkan kelancaran dalam menggunakan kata tersebut.

Jadi, yuk kenali macam-macam kata sejak dini utnuk menghasilkan pemahaman yang lebih hakiki ke depannya.

Leave a Reply