3 Jenis Kata Rujukan Yang Mempermudah Penelusuran

Bahasa indonesia merupakan bahasa persatuan yang dijadikan sebagai materi dasar dalam segala jenis pembelajaran. Mata pelajaran ini membahas segala macam mulai dari pembahasan kata yang paling sederhana layaknya kata ganti, kata benda, kata sifat, kata ulang, hingga kata rujukan yang kata sebagian orang masih sangat membingungkan.

Berbicara masalah kata rujukan ini pastinya adalah hal yang banyak dibahas dalam segala hal sehingga harus dipelajari dengan lebih detail dan seksama.

Kata rujukan banyak digunakan dalam segala macam pola kalimat sehngga Anda harus menggunakannya secara cepat dan juga tepat.

Pengertian Kata Rujukan yang Banyak Digunakan

kata rujukan
Pengertian Kata Rujukan Yang Banyak Digunakan

Saat membahas mengenai kata rujukan, maka Anda harus memahaminya mulai dari kata dasar yang digunakan dan apa itu kata rujukan. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, kata rujukan dapat memiliki 2 buah arti. Arti Kata rujukan yang pertama bisa dikatakan sebagai sumber dari suatu bahan yang sering dipakai agar bisa mendapatkan keterangan lebih lanjut.

Pegertian yang kedua adalah keterangan lanjutan terkait suatu hal. Sehingga, dari definisi di atas, dapat ditarik benang merah jika nama lain kata rujukan adalah segala sesuatu yang digunakan untuk mencari sesuatu secara lebih lanjut dan detail.

Kata ini bisa juga diartikan sebagai kata lain yang sudah digunakan sebelumnya yang berfungsi sebagai kata ganti dari aslinya.

Fungsi Penggunaan Kata Rujukan

Fungsi Penggunaan Kata Rujukan
Fungsi Penggunaan Kata Rujukan

Kata rujukan ini memiliki banyak sekali fungsi yang pastinya akan menjadi penting karena bisa meningkatkan evektifitas suatu kalimat. Fungsi dari kata ini adalah dapat memuat informasi terkait beragam kata atau pun istilah serta dapat juga memberi informasi terkait sumber kepustakaan atau rujukan yang digunakan.

  • Memberikan keterangan secara langsung

Fungsi pertama dari kata rujukan adalah untuk memberikan keterangan atau pun penjelasan yang diberikan secara langsung dalam suatu kalimat. jadi, dengan penggunaan kata ini nantinya akan memudahkan pembaca untuk memahami setiap arti kata rujukan atau makna dari kalimat yang ada dalam paragraph.

  • Menambah perbendaharaan kata

Selain berfungsi untuk menjelaskan, kata rujukan juga berfungsi untuk menambah kosakata dalam suatu kalimat. sehingga, perbendaharaan kata akan semakin bertambah dan bervariasi penggunaannya dalam suatu kalimat.

  • Mengetahui riwayat hidup tokoh

Fungsi selanjutnya dari penggunaan kata rujukan adalah dapat digunakan untuk telusur lebih dalam.

Dengan adanya kata yang merujuk, maka kita dapat mengetahui informasi lainnya yang lebih lanjut yang bisa didapatkan menganai riwayat hidup tokoh, atau pun pustaka secara lebih lanjut.

Ciri kata dari Kalimat Rujukan

Ciri kata dari Kalimat Rujukan
Ciri kata dari Kalimat Rujukan

Setiap kalimat pasti memiliki cirinya masing-masing yang membedakan antara satu jenis kalimat dengan jenis yang lainnya. Begitu pula dengan kalimat rujukan yang memiliki kata khusus untuk membedakan dalam suatu kalimat.

  • Terdapat kata tunjuk

Salah satu ciri yang paling utama yang bisa dikenali dalam kalimat dari kata rujukan adalah penggunaan kata tunjuk ini dan itu.

Kata ini biasa digunakan untuk menunjukkan sesuatu yang bersifat dekat dengan pembicara. Sedangkan untuk kata itu ditunjukkan untuk menunjuk sesuatu yang bersifat jauh dari penulis.

  • Terdapat kata tersebut

Ciri kalimat rujukan yang selanjutnya adalah dilihat dengan adanya kata tersebut. Kata tersebut sering dimunculkan dalam suatu paragraph. Kata ini berfungsi untuk mengembalikan terkait kata yang telah disebutkan pada kalimat sebelumnya.

Pelajari juga: 9 Contoh Kata depan perlu kamu ketahui

Jenis-Jenis Kata Rujukan

Jenis-Jenis Kata Rujukan
Jenis-Jenis Kata Rujukan

Kata rujukan ini memiliki beragam jenis yang bila diketahui secara lebih detail, maka akan memudahkan Anda dalam penggunaanya. Kata rujukan ini dapat dibagi ke dalam tiga macam yang singkat yang mana bisa disesuaikan dengan kegunaan.

Kata Rujukan Benda

Kata Rujukan Benda
Kata Rujukan Benda

Jenis kata rujukanĀ  yang pertama adalah kata rujukan benda. Kata ini akan menunjuk pada benda atau segala hal yangmenyerupai benda. Kelompok kata yang pertama ini biasanya terdiri atas kata itu, ini, dan juga tersebut. Berikut adalah contoh penggunaan kata rujukan.

  • Tadi pagi Santi membaca novel Rindu karya Tere Liye. Novel ini adalah novel terbaik hingga masuk ke dalam novel best seller yang disukai banyak orang. Kata ini yang digunakan mengacu pada benda yakni novel dengan judul Rindu yang telah disebutkan pada kalimat sebelumnya.
  • Cara terbaik untuk mencegah datangnya banjir adalah dengan jangan membuang sampah sembarangan di lingkungan. Akan tetapi, banyak masyarakat yang belum menyadari akan hal itu. Kata itu merujuk terhadap perilaku membuang sampah secara teratur jangan sembarangan yang telah disebutkan pada kalimat sebelumnya.
  • Kesehatan adalah harta yang paling berharga. Namun, banyak orang yang tidak menyadari akan hal tersebut. Kata tersebut pada akhir kalimat mengacu kepada kalimat sebelumnya yakni terkait pentingnya kesehatandalam kehidupan.

Baca juga: Mengupas rahasia Kata kerja mental

Kata Rujukan Orang

Kata Rujukan Orang
Kata Rujukan Orang

Kata rujukn yang selanjutnya adalah kata rujukan yang diperlakukan seperti orang sehingga disebut sebagai kata rujukan orang. Kata tersebut adalah kata ganti untuk orang atau segala macam yang diperlakukan layaknya orang.

Kata rujukan ini memiliki banyak macam seperti

  1. mereka,
  2. dia,
  3. ia, higga
  4. beliau.

Dan contohnya penggunan kata rujukan ini adalah:

  • Andi memiliki teman dekat. Ia selalu memberikan segala sesuatu yang dimiliki untuk berbagi dengan temannya. Kata ia, pada akhir kalimat tersebut merujuk kepada Andi.
  • Setiap siswa pasti sangat mengidolakan pak Andi. Sebab, beliau adalah guru teladan yang selalu memberikan contoh yang baik untuk semua muridnya. Penggunaan kata beliau merujuk kepada pak Andi yang selalu memberikan contoh terbaik kepada muridnya.
  • Fahman adalah seorang musisi yang hebat. Dia mampu menciptakan musik yang mampu membuat semua orang menikmati karyanya. Penggunaan kata dia merujuk pada Fahman yang merupakan seorang musisi yang hebat

Pelajari juga: Tentang kata hubung

Kata Rujukan Tempat

Kata Rujukan Tempat
Kata Rujukan Tempat

Kata rujukan yang ketiga adalah rujukan tempat. Kata ini merupakan kata yang ditujukan untuk suatu tempat atau segala sesuatu yang menyerupai dan diperlakukan seperti tempat.

Kata yang digunakan sebagai kata rujukan tempat adalah

  1. di sini,
  2. di sana,
  3. di situ, dan juga kata lainnya yang menggambarkan rujukan tempat.

Berikut adalah contoh penggunaan kata rujukan tempat:

  • Aku lahir di Purwokerto. Di sana, terdapat banyak sekali tempat wisata alam yang menarik untuk dilihat. Penggunaan kata di sana, mengacu terhadap kota Purwokerto.
  • Gelora Bung Karno adalah stadion terbesar yang biasa digunakan untuk segala jenis pertandingan. Di sini, akan dilaksanakan pertandingan persahabatan yang sangat ramaiuntuk ditonton. Penggunaan kata di sini menunjuk terhadap Gelora Bung Karno yang telah disebutkan pada kalimat sebelumnya.
  • Warung makan Pak Juned terkenal akan kelezatan setiap sajian yang ada. Di situ, kamu juga akan mendapatkan banyak sekali menu khas nusantara yang tiada duanya. Penggunaankata di situ, merujuk terhadap warung Pak Juned yang telah disebutkan pada kalimat pertama.

Kata rujukan adalah kata yang akan memudahkan Anda dalam memahami setiap kalimat dalam paragraf. Sehingga, dengan memahami jenis kata ini maka kita dapat lebih memahami dan tak akan terdapat kekliruan secara lebih lanjut lagi.

Leave a Reply