Cara Membuat Kata Sambutan yang Efektif

Sambutan adalah pidato yang bisa disampaikan baik dengan tulisan atau pun dengan lisan. Terkadang, pada situasi tertentu kita dituntut untuk mampu menyampaikan sambutan dengan baik. Pastinya, dengan manggunakan kata sambutan yang dipilih dan bijak. Sehingga, tidak akan mengecewakan dan memalukan diri sendiri.

Kata sambutan ini bisa dipilih sebelumnya saat Anda sedang menyusun teksuntuk sambutan itu sendiri.

Sambutan ini akan bagus tergatung dengan jam terbang di mana orang akan terbiasa memberikan sambutan dengan baik jika orang tersebut telah latihan berkali-kali. Sehingga, persiapkan saja kata sambutan terbaik untuk acara terbaik.

Pengertian Kata Sambutan Yang Sering Dibutuhkan

kata sambutan
Pengertian Kata Sambutan Yang Sering Dibutuhkan

Seperti yang kita tahu, yang namanya sambutan ini terkadang diperlukan dalam berbagai macam acara. Sehingga, kemampuan untuk memberikan sambutan sudah bukan lagi hal yang sepele namun, harus dimiliki sebagai kemapuan tambahan.

Sambutan sendiri adalah sebuah pidato yang bisa disampaikan baik secara lisan atau pun dengan tulisan.

Sambutan juga bisa diartikan sebagai salah satu cara untuk menyampaikan gagasan, pikiram atau pun segala macam persoalan, di hadapan orang banyak, atau pun hanya menyampaikan wacana di depan orang banyak seperti sambutan secara islami dalam sebuah pengajian.

Mengingat begitu pentingnya sambutan, maka sambutan ini harus disampaikan secara singkat, efektif dan efisien jangan sampai berlalrut dan bertele-tele. Caranya, adalah dengan mempersiapkan sambutan terbaik sebelum Anda menampilkan sambutan tersebut.

Pahami Isi Sambutan Sebagai Bahan Pembelajaran

kata sambutan
Pahami Isi Sambutan Sebagai Bahan Pembelajaran

Sebelum membuat teks sambutan, maka akan lebih baik jika Anda melihat beragam contoh sambutan yang telah disampaikan oleh orang. Pastinya, ada banyak sekali contoh yang bisa digunakan baik diambil dari kehidupan nyata seperti sambutan yang disampaikan oleh ketua organisasi, ketua panitia, atau melihat hanya dari chenel youtobe saja.

Pastikan sambutan yang Anda jadikan contoh adalah sambutan yang benar, menginspirasi, dan membuat Anda mengaguminya. Setelah itu, ada beberapa hal yang harus Anda pahami dari sambutan seseorang.

Cara Memahami Sambutan

Cara Memahami Sambutan
Cara Memahami Sambutan

Ada banyak cara yang akan membantu Anda saat memahami sebuah sambutan. Pemahaman ini akan sangat membantu pada saat penyusunan atau bahkan pada saat pelaksanaan. Dengan memahami sambutan ini, maka akan dapat membuat sambutan yang efektif dan tak bertele-tela.

  • Mendengarkan isi pidato

Cara pertama saat akan memahami sambutan pastinya adalah dengan memahami isi pidato. Cara ini adalah cara yang paling mutakhir karena dengan memahami isinya, maka Anda bisa mendapatkan makna dan pesan apa yang harus Anda lakukan.

Pidato, biasanya akan berisi serangkaian pesan yang harus dilakukan. Anda harus bisa menangkap segala macam pernyataan yang berisi makna di dalamnya dengan menarik garis besar yang dibicarakan.

Jenis pidato juga akan berbeda pada setiap acaranya seperti pidato untuk perpisahan, seminar, atau pembukaan acara resmi.

  • Mencatat isi pokok

Jika Anda merasa sambutan terlalu panjang dan sulit untuk memahami keseluruhan isinya, maka ada cara yang bisa dilakukan untuk memudahkan kegiatan ini. Caranya adalah dengan mencatat isi pokoknya saja.

Namun, sebelumnya Anda harus mengetahui terlebih dahulu struktur sambutan agar mengetahui letak isi pokoknya di sebelah mana.

Baca juga: Kata penutup dalam srikpsi atau lainnya

Struktur Sambutan

Struktur Sambutan
Struktur Sambutan

Layaknya pidato atau pun karya tulis lainnya, sambutan juga memiliki struktur terendiri. Dengan memahami struktur ini, maka Anda dapat menarik isi pokok yang ada di dalamnya, serta dapat membuat sambutan sendiri.

  • Pembuka

Bagian pertama dari segala macam sambutan adalah pembuka. Pembuka ini biasanya akan berisi serangkaian ucapan syukur karena nikmat sehat sehingga dapat berkumpul pada suatu acara.

Bagian pembuka ini juga akan berisikan ucapan terimakasih kepada semua pihak yang telah membantu untuk menyelenggarakan sebuah acara. Tak lupa, pada bagian ini juga akan disampaikan terkait tujuan kegiatan dan arah ke mana kegiatan akan dibawa.

Pada bagian pembuka ini, tidak akan ditemui isi pokok karena bisa dikatakan pembuka hanyalah sebuah cara untuk mengawali dan menyambut saja. Sehingga, belum membahas mengenai isi pokok dari apa yang akan dibawakan.

  • Isi pokok pembicaraan

Selanjutnya, bagian yang paling penting adalah isi pokok dari suatu pidato. Pada bagian ini terdapat banyak makna dan juga isi penting dari suatu masalah yang dibawakan. Pasalnya, bagian ini adalah inti dari percakapan atau bahkan bisa berarrti inti dari seluruh kegiatan.

Sehingga, jika Anda akan mencari apa yang dibicarakan, maka perhatikan bagian ini jangan sampai terlewatkan.

Bagian ini biasanya akan berisi latar belakang terkait suatu acara atau suatu kegiatan tertentu.

Selain latar belakang, juga akan disampaikan terkait permasalahan utama serta materi pokok. Sehingga, bagian ini menjadi bagian yang sangat penting yang tak boleh dilewatkan.

  • Penutup

Bagian selanjutnya adalah penutup di mana pada bagian ini berisikan serangkaian kata yang digunakan untuk menutup atau menyimpulkan dari pembicaraan yang telah dibuat. Pada bagian ini, terdapat beberapa isi yang juga harus dipahami.

Isi yang pertama biasanya adalah penarikan kesimpulan dari apa yang telah dibicarakan.

Selain itu, penutup juga berisikan harapan-harapan dari suatu kegiatan atau harapan terhadap peserta serta berisikan permohonan doa restu atau ucapan minta maaf jika selama menyampaikan sambutan ada beberapa kekeliruan.

Saat mengetahui setiap bagian dari smabutan, maka diharapkan nantinya Anda mampu membuat kerangka smabutan dengan cara mengganti saja bagian-bagian yang sesuai dengan acara Anda.

Belajar juga: Tentang kata ulang & penggunaannya

Cara Membuat Sambutan

Cara Membuat Sambutan
Cara Membuat Sambutan

cara membuat kata sambutan bagi pemula adalah dengan mengubah pokok-pokok isi sambutan menjadi sebuah informasi yang harus dipaparkan dengan berbagai langkah seperti di bawah ini:

1. Menentuan Pokok Sambutan

Cara pertama yang harus digunakan saat akan membuat sambutan adalah dengan menentukan bagian isi sambutan. Bagian ini adalah bagan yang paling penting yang tak bisa dilewatkan begitu saja. Sehingga, temukan pokok pembicaraan yang berhubungan dengan acara atau tema yang akan Anda bawa.

2. Hubungkan Dengan Kata Penghubung

Saat Anda sudah menemukan pokok isi sambutan, maka selanjutnya Anda hanya perlu merangkai isi sambutan tersebut dengan kata hubung yang sesuai. Hubungkan kata sambutan dengan menggunakan bahasa yang sesuai.

Missal, acara formal maka Anda harus menggunakan bahasa yang formal, begitu pula jika acaranya adalah acara santai, maka Anda harus menggunakan bahasa yang lebih santai dan menyesuaikan terhadap audiens sambutan Anda atau pun menyesuaikan sambutan dalam bahasa inggris.

Pelajari juga: Cara memasukkan kata hubung dalam text percakapan

3. Mengembangkan Pokok Sambutan

Cara selanjutnya yang bisa digunakan adalah dengan mengembangkan pokok sambutan agar lebih matang. Cara ini akan bisa dilalui dengan mudah jika Anda telah membuat pokok sambutan telebih dahulu. Kembangkan dengan kalimat Anda sendiri sehingga nantinya sambutan mudah dipahami dan mudah dihafal.

Sambutan juga berisikan kalimat pembuka dan penutup sehingga Anda juga harus berlatih terkait bagaimana caranya untuk membuat kalimat sambutan dengan utuh. Ada banyak sekali contoh yang bisa digunakan sebagai acuan.

Carilah contoh kata sambutan yang sesuai dengan kegiatan atau acara yang harus dihadiri. Setelah itu, lakukan berulang kali menggunakan gaya anda sendiri hingga akhirnya luwes dan lancar dalam menyampaikan kata demi katanya.

Leave a Reply