9+ Kebiasaan Orang Sunda yang Perlu Anda Ketahui

Budaya kebiasaan orang sunda atau urang sunda ialah golongan kelompok etnis yang berasal dari bagian barat pulau Jawa, Indonesia, yang biasa dengan istilah Tatar Pasundan yang dapat mencakup wilayah administrasi populasi provinsi Jawa Barat. Jumlah populasi Orang Sunda tersebar diberbagai wilayah Indonesia, dengan provinsi Banten dan sedangkan Jawa Barat sebagai wilayah utamanya.

Negara Indonesia memiliki banyak beragam macam suku bangsa dan agama. Salah satu bagiannya adalah Suku Sunda atau biasa disebut ‘Urang Sunda’. Menurut saya sebagai asli (Suku Jawa) sendiri, Urang Sunda adalah suku atau budaya yang paling mudah bikin saya jatuh hati dan kagumi. Bukan hanya gara-gara Neng Geulis atau Aa Kasep nya hehe. Tapi, apakah Anda tahu kebiasaan mereka?.

13 Sifat Kebiasaan Orang Sunda

sifat kebiasaan orang sunda

sifat kebiasaan orang sunda

Berikut ini adalah kebiasaan orang Sunda yang bikin para pengunjung domistik dan wisatawan betah berada di Tanah Sunda.

1. Yang pertama orang Sunda selalu berbicara dengan nada romantis

orang Sunda selalu berbicara dengan nada romantis

orang Sunda selalu berbicara dengan nada romantis

Setiap bahasa di dunia pasti memiliki sifat keunikan logatnya masing-masing, begitu pula dengan logat bahasa Sunda. Baiklah, jujur kali ini saya tidak pernah menyangka sebelumnya disapa orang dengan halus dan lembut oleh para penjual tas dan sepatu di Cibaduyut saat saya jalan bareng dengan teman saya.

Anda pernah dengan “neng geulis”, “punten” ?
Kata sapan diatas menjadi bahasa sapaan bahasa Sunda familiar yang selalu saya dengar selama berjalan di area wisata belanja terkenal di Tanah Sunda itu.

Menurut saya, bahasa Sunda adalah harus menjadi keajaiban dunia hehehe, karena setiap kali mendengar berbagai kata percakapan dan kalimat menggunakan bahasa Sunda. Rasanya tuh dagdigdug romantis banget gitu, dan hal ini adalah menjadi hal pertama yang membuat saya sangat betah berada di Tanah Sunda.

2. Urang Sunda Mempunyai Etika kesopanan yang mendarah daging

sopn santun orang sunda

sopn santun orang sunda

Urang Sunda memiliki pedoman hidup sebagai filosofi bersosial untuk saling menghargai sesama. Mungkin inilah barangkali alasan mengapa Urang Sunda yang pernah saya temui di Tanah Sunda selalu memiliki rasa etika kesopanan yang tinggi.

Mereka mempunyai kebiasaan menyapa orang meskipun tak mengenal orang yang disapa itu, bahkan yang sangat unik hanya sapaan basa-basi manis (yang penting nyapa) “Bade Angkat Kamana, Neng?”. Fenomena unik inilah yang bikin Saya betah berada di Tanah Sunda.

3. Orang Sunda Penuh Jiwa humoris, bahkan saat mereka marah terdengar seperti melucu

Siapa yang di sini yang tidak kenal dengan pelawak bernama Sule? Menurut saya, backgroundnya sebagai pelawak bukan hanya menjadi pekerjaan sematara. Namun juga bisajadi jiwanya humoris karena mengalirnya darah urang Sunda. Semua orang Sunda yang pernah saya temui selama berada di Tanah Sunda ini memiliki sifat yang lucu layaknya Sule.

yaa, meskipun mereka bukan dibayar untuk melucu. Bahkan sesaatkali mereka marah, mereka terlihat seperti melucu,haha..

karena menjadi ciri khas logat dan rasa humor yang melekat pada diri mereka.

Bahkan sekarang sedang viral musisi bernama “Mawang” hehehe,
Inilah seorang musisi berdarah sunda yang mempunya gaya nyentrik saat bernyanyi. Disaat umumya bernyanyi dengan vocal kosakata romantis dll, dia datangn dengan gebrakan nyanyi yang begitu aneh tapi ngakak dibuatnya. haha (bisa Anda cek di youtube)

4. Orang Sunda Mempunyai Skill kreatif

Saat kita sekarang mengorolkan kebiasaan orang Sunda, saya sedniri Sebenarnya belum sepenuhnya menjelajahi tanah Sunda. Namun, setelah pergi pertemuan singkat 3 hari piknik ke beberapa tempat sudut di kota Bandung membuat saya merasa atmosfir berbeda. Baik saat bertemu dengan anak muda berkeliaran di kota Bandung maupun orang-orang tua ayang saya temui di warung makan dan dimanapun tempat di sana.

Coba lihat saja, berbagai sudut kota Bandung berbagai wisata belanja di Bandung pasti Anda temukan semuanya lucu, unik, dan beda. Ini menunjukan dan menandakan bahwa orang sunda sangat kreatif dalam kesehariannya.

Dilansir dari website swasta, bahwa kebanyakan orang Sunda juga jarang yang merantau jika memang tidak mepet sekali dalam perekonomian mereka, Mereka lebih tertarik untuk memajukan kesenian dan keelokan daerahnya sendiri daripada pergi keluar daerah untuk mencari uang.

5. Urang Sunda Memang Menjunjung tinggi adat-istiadat

Hal yang membuat banyak orang merasa nyaman berada di Tanah Sunda adalah salah satunya karena budayanya dan adat-istiadat yang selalu mereka hormati dan junjung. Salah satu destinasi di pusat kota Bandug saat itu, wisata yang pernah saya kunjungi dan menjunjung tinggi adat-istiadat tapi bercitra modern adalah Saung Angklung Mang Udjo dan konfrensi ASEAN.

Di sanalah saya melihat banyak turis mancanegara datang untuk belajar angklung dan menyaksikan pentas seni yang kental akan adat Sunda hingga sejarah terjadinya monumen konfrensi ASEAN di Bandung semasa penjajahan Belanda saat itu.

6. Adat Papahare yaitu yang selalu dinantikan

Papahare atau bisa disebut dengan Papadangan aalah secara harafiah dapat diterjemahkan sebagai acara makan-makan masakan sendiri secara bersama-sama di suatu tempat. Istilah ini bisa kita kenal atau disamakan dengan acara piknik

Urang Sunda memiiliki suatu tradisi Papahare atau makan bareng, baik bersama dengan keluarga, atau rekan, atau sahabat, maupun tetangga. Sebenanya, saya sih nggak pernah ikutan tradisi ini saat saya datang ke Tanah Sunda, tapi ada seorang bule bernama Mark Wiens lah yang ikut nimbrung melakukannya.

Saat mulai melakukan adat dan kebiasaan makan Urang Sunda ini, Mark Wiens si bule ini merasa sangat bahagia, karena makan dengan gaya seperti ini tak pernah ia rasakan sebelumya di negara asalnya. yaa begitulah contoh dari kebahagiaan sosisal dari warga mancanegara yang ikut serta dalam adat makan bareng di Sunda ini.

7. Tambahan kata ‘teh’ dan ‘mah’ dalam percakapan orang Sunda

Hari hari ini juga banyak sekali film sinetron yang mengangkat kehidupan remaja anak Sunda di desa. Jika Anda sering melihat dan menonton tayangan televisi mengenai kehidupan orang Sunda. Pasti paham dengan gaya bicara mereka dengan tambahan kata istilah ;ajaib; yang mereka tambahkan dalam dalam setiap kalimat yang mereka katakan, seperti ‘teh’ dan ‘mah’. Itulah ciri khas mereka, sangat mencolok sekali. Tapi cukup enak didengar.

Seperti contohnya, “saya teh bogoh ka anjuen” (saya tu cinta sama kamu)

8. Semua Orang Sunda memiliki skill seni yang tinggi

Anda harus ketahui bahwa Setiap orang memiliki sisi sensitivitas sendiri-sendiri terhadap setiap karya seni, dan nggak semua orang memiliki skill bagus dengan sebuah karya seni. Tapi anehnya, tidak semua seperti di atas tadi yang saya ungkapkan.

Ada kalanya semua orang Sunda yang saya temui pernah mengaku bahwa beberapa dari mereka bisa memainkan alat musik dan bisa menari meskipun jarang dari background mereka bukanlah seniman. Minimal memainkan angklung lah.

Maka, dengan adanya gaya dan seni urang Sunda yang tinggi, Karya seni inipun menjadi senjata bagi pemerintah Kota Bandung untuk menggaet wisatawan masuk. Dan banyak orang terjebak dengan indahnya karya seni di Tanah Sunda ini, termasuk juga saya yang bahagia nan girang kalau lihat pertunjukan angklung.

9. Orang sunda pandai sekali membuat akronim yang mudah jadi sesuatu yang booming (viral)

Anda pasti tidak asing dengan kulineran cilok. Sya yang asli Ponorogo, Jawa Timur, sangat tahu dan sering sekali melihat abang-abang yang mengedarkan cilok ini dengan gaya gerobak minimalis didorong. Bicara tentang kuliner urang Sunda pasti nggak jauh dari akronim unik yang mereka buat secara khas mereka.

Seperti contohnya cilok singkatan dari Aci Dicolok, Colenak singkatan dari Dicocol Enak,hehe atau juga Combro singkatan dari Oncom Dijero.

10. Mempunyai Sifat Religius yang dalam

Dikala banyak yang mengatakan derah Sunda adalah kaya dengan budayanya, tapi disisi itu Urag Sunda mempunyai harga diri untuk membuktikan dalam sosialnya bahwa punya pondasi kuat dalam peribadahan, agama tentu sangat perlu diperhatikan. Orang sunda asli bisa di cek keabsahannya bahwa survei membuktikan mereka sangat tepat waktu dalam melaksanakan ibadahnya.

Karakter kebiasaan dalam agama ini telah menjadi suatu kebiasaan baik turun temurun sejak dulu dan menjadi kebiasaan wajib bagi Urang Sunda yang menetap di sana.

Menjalankan perintah dari Allah SWT tentu harus menjadi kewajiban yang harus selalu ditepati. Tidak ada kata “mendahulukan lainnya” dibanding dengan menjalankan ibadah. Karena, orang sunda memiliki sifat religius dan sangat tepat waktu dalam beribadah.

11. Menjunjung dan menghormati Tinggi Adat Istiadat

Hal ini juga yang menjadikan salut dalam kehidupan saya, belajar dari mereka bagaimana menjadi Orang sunda sangat menjunjung tinggi adat istiadat yang ada. Seperti contohnya pakaian sunda yang menjadi primadona setiap masyarakat di sana bahkan domistik lain yang berkunjung di sana.

Pakaian busana adat sunda sendiri mempunyai model lentik sangat cantik dan disukai masyarakat. Terlebih juga, perkembangan teknologi jaman sekarang, mendukung dan memberikan hal positif bagi adat istiadat.

Hal ini sangat baik dan layak untuk memperkenalkan adat istiadat nasional kita ke berbagai macam belahan dunia. Jangan hawatir jika Anda belum mengetahui dalam tentang adat di sana. Mereka yang lembut dalam menghormati tamu. sangan evisien sekali dikala Anda nanti minta penjelasan detailnya ke mereka. Memang, kebiasaan adat sunda sangat bertoleransi tinggi dan ini faktanya!

12. Cinta Persib Bandung Sebagai Maskot

Begitu sampai di kota Sunda, baik itu di Bandung atau dimana saja kurang lengkap rasanya, Anda pasti akan melihat venomenal bahwa jika orang sunda belum cinta dengan persib. Hal ini merupakan hasil apresiasi dalam jiwa kepribadian Urang Sunda untuk saling support kepada rekannya, kotanya dalam kancah nasional. Ini adalah suatu kebiasaan yang sudah berkembang sejak lama.

Persib dilambangkan sebagai mahkota bagi kota bandung dan orang sunda semuanya, bahkan saya yang dari Jawa Timur pun, banyak anak kecil senang sekali jika sudah mengenakan baju kebangsaan tim Persib Bandung.

Karena mendukung tim kesayangan tentu menjadi bangga.

13. Urang Sunda itu Ramah Senyum nan Sopan

Fakta lucu selanjutnya ialah bahwa orang Sunda itu sangat respon sekali. Tidak dapat dipungkiri, dalam ligkup kehidupan bermasyarakat beginin alangkah indahnya kita rajut kebersamaan dan kehormatan sesama. Saya sangat pungkiri Orang sunda, sudah sangat terkenal akan sifat ramah senyum dan sopan terhadap semua kalangan dan kita bisa belajar dari sana. Kebiasaan baik nan terpuji ini sudah dimulai sejak dahulu dan terus di terapkan.

Di dalam kepripadian dalam diri orang Sunda, sudah melekat filosopi tentang “ Someah Hade Ka Semah” yang maksudnya berbuat ramah, bersikap baik pada semua, saling menjaga , menjamu serta memperlakukan tamu bahagia karenanya. Dengan begitu, nilai-nilai kebersamaan itu akan selalu tersalurkan dan tersampaikan lebih baik.

haha, aneh aneh saja ya

Begitulah kebiasaan orang sunda yang telah Sya telusuri, mungkin masih banyak lagi rahasia dari kebiasaan tersebut. Meskipun terdengar aneh, tapi kebiasaan orang Sunda ini sukses mendapat penilaian yang membuat banyak orang penasaran dan ingin mencoba kuliner khas Sunda.

  • Leave a Reply

%d bloggers like this: