5 Kehebatan Sintesa Dari Ponpes Modern Lain Versi Newbie

Sintesa – Pondok Pesantren Qur’an dengan bisnis marketing online, yang sedang dibicarakan segilintir kota dari ribuan banyak pemuda yang kepo dengannya. Pengalaman saya yang masuk disiini sudah cukup lama memang, hampir 720 jam saya disini.

Banyak anak muda disini, dengan sekitar umuran 20 kurang lebih.

Sedang yang menjadi visi-misi dari pondok ini, sekilah yang saya tahu alkan kita bahs bersama dibawah. Jadi, jika kamu punya sanak saudara bingung dengan masa depannya, maka saya merekomendasikan belajar disni. Dan alhamdulilllah cukup singkat saja 1 tahun menempuh pembelajaran disini.

Apa saja yang siajarkan? hehe..

1. Sintesa Dulu Sebelum Nikah, hehe

 

sintesa
foto: https://sintesa.net

Sintesa singkatannya yaitu sinergi terpadu santri. Dengan slogannya “Hijaukan Generasi Muda Indonesia”.

Bayangkan dengan nama kepanjangannya dan slogannya. Seolah anak muda di Indonesia lagi masalah gitu yaa,.

Memang benar dan sedang terjadi, bahwa anak Indonesia sedang kecanduan berbagai suntikan bius dari berbagai pnjuru adat Internasional. Jauh dari yang diharapkan, jika memang anak muda sedang sehat maka akan lebih maju jika negara ini di pegang anak muda Indonesia. Sangar!..,

Tapi diatas hanya cuplikan gambaran anak Indonesia, sejujurnya anak muda Indonesia sangat multitalent. Sedang yang salah hanya pergaulan saja.

Jangan biasakan kata Pacara terdengar dalam telinga anda sebagai kata baku yang biasa dilakukan anak muda Indonesia. Mari kita buka mindset diiri kita. Anak muda Indonesia harus berkarya dengan penuh talentanya dan menikahlah jika sudah mampu.

Jangan boroskan waktu kita dengan hal yang tak produktif. Sintesa hadir dengan sejuta permasalahan anak muda Indonesia. Mari selamatkan muda-mudi Indonesia!!

2. Sintesa Dulu Sebelum Jaim Ngaji

sintesa
foto: https://sintesa.net

Cakepp!..

Sini saya kasih tahu, kamu hendak mau apa di umurmu sekarang?
“Aku mau meneruskan penggalian harata karun bapakku!
Aku sudah dibooking sama Juventus, ttd kontrak 50 tahun!”

Kalau emang anak Sultan, mau bisa apa saya mah, :*(

kalo jauh dari ekspetasi, ini mungkin bisa jadi solusi saya buat kamu semua.

Berpikirlah Kamu!

Saya adalah anak yang belum mandiri dan ingin berdikari. Saya adalah mahasiswa tapi tak mau kemana, kuliah juga malas. Ingin berkarya mengahasilkan papan, sandang dan pangan untuk orang lain. Jika anda membaca ini sama dengan yang saya pikirkan, jika saya menjadi anda maka saya ke Sintesa sekarang.

Berpikirlah Sebentar!

Jangan lama-lama membuat keputusan. Setiap harinya ada 100 anak muda Indonesia telah menghasilkan karya, belum ukuran dunia lo yaa

Setiap detika dari seorang pemuda itu adalah bibit dolar. Jangan kamu sia-siakan hanya untuk melamun!, Jngan kamu sia-siakan untuk melakukan yang tak sejalan dengan hatimu!

Berpikirlah sebentar! Minta do’a restu ayayh bunda, dan putuskan!

Berpikirlah Akhirat!

Bukan hanya orangtua renta yang wajib berpikiran besok bakal mati. Justru kitalah anak muda Indonesia yang kudu sadar dengan keberadaan kita di Dunia hanya sementara. Untuk apa sudah masa mudamu!, inilah yang kita harus persiapkan sekarang!

iya sekarang!

3. Sintesa Dulu Sebelum Berboros Ria

pondok bisnis sintesa
ngaji bisnis. foto: https://sintesa.net

 

Diatas lagi event belajar bisnis. Bagaiman anak muda disini diarahkan untuk berbisnis baik. Bukan maksud yang paling baik, hanya saja ingin anak muda berbisnis berlandaskan Qur’an Sunnah.

Dengan demikian akan menghasilkan yang baik juga. Dan bisa menghidupi anak istri kemudian, aamiin yaa Allah!

4. Sintesa Dulu Pengusaha Tajir Kemudian

Tidak sedikit orang mencoba keberuntungannya dengan membuka usaha, namun kemudian failed. Dan kesalahan yang paling umum terjadi adalah karena dia hanya merubah profesinya dari pekerja menjadi wirausaha.

Padahal, yang pertama kali harus dia lakukan adalah merubah cara untuk berfikir, dari cara berfikir seorang pekerja menjadi cara berfikir seorang pengusaha.

Butuh waktu panjang? Tentu. Segala sesuatu itu butuh proses.

Pernah dengar konsep pembelajaran 70/20/10?

Di mana 70% pembelajaran terjadi dari pengalaman. Termasuk juga tugas-tugas serta pemecahan masalah yang pernah dilakukan.

20% berasal dari riset / pengamatan dan masukan (feedback) dari orang lain.

Dan 10% sisanya berasal dari pendidikan formal.

Konsep semacam ini pertama kali diperkenalkan oleh Robert Eichinger dan Michael Lambardo. Dari sini bisa kita ambil kesimpulan bahwa pengalaman lah yang punya peran sangat besar dalam proses pendewasaan.

Robert Eichinger
from: https://sintesa.net

 

Saya cukup lama disini, 720 jam sudah. Dan hasilnya saya menemukan slogan, Orang kaya itu adalah membiarkan uangnya sendiri yang bekerja.

Kata yang diakumulasikan tak genap 20 kata ini mbikin gelitik teling, greget dirasa.

Bukan jaman seperti sekarang yagn promo bunga besar-besaran, ngeRIBAnget cuy!. Tapi bagaimana lagi, dengan akumiulasi prusahan kapitalis dan ekonomi Indonesia berkiblat dengan  oportunis kapitalis yang menjadikan orang miskin tambah miskin, yang kaya tambah kaya.

Semuanya ini belum akhir dari film!

5. Sintesa Dulu Sebar $ 5 Juta Kemudian

 

sintesa dupak
Tagline mas vatih. source: IG @vatih

 

Bukan clickbait, justru inilah yang saya terima pembelajran disini.

Sintesa mengajarkan bisnis online berlandas Qur’an dan Sunnah. Mana yang harus dijauhi mana yang harus menjadi market pasar. Hal sekecil pun dalam berseharian disini mengajai bagaimana hidup menjadi Bos sebenarnya. seperti,

Qailulah

Melakukan kebiasaan tidur siang, atau disebut dengan qailulah. Perilaku ini di Pondok Sintesa diberlakukan wajib sebelum sholat dzuhur, tepatnya jam 11. 

Aktivitas ini manfaatnya ialah menguatkan dalam rutinitas ibadah.

Dalam berbisnis, saya diajarkan dengan mu’amalah. Berinteraksi dengan para pelanggan ialah sejenis dengan Mu’amalah Ma’annas. Keberhasilan berbisnis tak bisa diukur dengan cerdiknya dalam Mu’ammalah ma’annas, akan tetapi semua hal itu hasil dari usaha beribadah kepada Allah Swt.

Semua kehendak Sang Maha Pemberi Rizki, Allah Swt.

Dan itulah ciri dari menjadi Boz sholeh

10 Malam Tepat

Kehidupan sehat muncul setelah menjadi pola hidup sehat. Bukankah Bos harus sehat?

Jam 10 di Sinteseta wajib tidur. Beda jauh dengan kehidupan habbit anak muda diluar sana, hingga larut malam pun begadang boleh saja.

Dan tidur jam sekian, bukan tanpa alasan semata. Melainkan untuk membiasakan santri guna bangun malam. Dan ini adalah market paling cepat 100% closing. Kenapa seperti itu?
Indahnya Sunnah Nabi, mengajarkan umatnya memohon sesuatu kepada Rabbnya.

Disamping mustajabnya waktu dalam berdoa. Bangun malam untuk solat malam ini bisa menguatkan hapalan seseorang dan kepekaan diri dalam insting, hingga daya tubuh seseorang.

Contoh Leader Friendly

Mas vatih adalah Pendiri Pondok Sintesa. Beliau dengan kesederhanaanya dalam menjajaki hidup, ditiru dan digugu dari segala pituturnya kepada para santri. Dan itu sangat relevan dengan keadaan santri yang berumur darah muda ini.

mas vatih
Mas Vatih dengan santrinya. foto: ig @vatih

 

Saya merasakan radiasi pendidikan beliau, meski hanya terbatas omongan ke omongan yang di ceritakan dari seorang temen saya, dan santri yang dulu pernah belajar dengan beliau. Seperti tagline diatas, jujur, merakyat, dan sederhana.

semoga dengan ini, bisa bermanfaat dan menambah wawasan info tentang Pondok Pesantren.

 

 

 

Leave a Reply