√Cantik !!! Boneka Kerajinan dari Kain Flanel (Mudah & Terbaru)

kerajinan kain flanel itu pastinya dari bahan flanel. Pertanyaannya, apakah kalian tau flanel itu apa? Flanel atau felt adalah model kain yang dirancang dari serat wol tanpa ditenun, dibuat dengan proses pemanasan dan penguapan maka menghasilkan kain dengan beragam tekstur dan jenis. (tergantung bahan pembuatnya). Kain flanel gampang dijumpai di pasaran, dengan harga yang relatif terjangkau.

Kain ini memiliki ketebalan dan tekstur yang beragam. Kelebihan dari kain ini adalah mudah dibentuk dan pada proses penjahitan tidak perlu dilipat seperti kain yang lain.

Sejarah Singkat Flanel

Flanel adalah model kain tertua lebih tua dari kain tenun dan rajut. Di Turki, bekas pendayagunaan kain flanel yang ditemukan diperkirakan berasal dari tahun 6500 SM, jenis kain flanel terumit ditemukan dalam bentuk awetan di Siberia pada tahun 600 M. Legenda di Sumeria, menyatakan bahwa kain flanel perdana kali dibuat oleh Urnamman. (wikipedia.com)

Kegunaan Bahan Flanel Dulu dan Sekarang

Waktu dulu. Dari pertengahan abad seventeen sampai twenty, kain flanel atau felt dipergunakan untuk membuat topi bagi para pria.

Masa kini. Flanel digunakan untuk memangkas getaran pada panel interior dalam industri otomotif, juga untuk membungkusi meja biliar, serta untuk menghasilkan volume bersih pada simbal drum atau piano.Kaum Nomadic di Asia Tengah memanfaatkan kain flanel untuk pembuatan permadani, tenda atau pakaian.

Di Barat, kain flanel digunakan sebagai media untuk berekspresi di dunia seni tekstil atau seni design. Kain ini mudah dibentuk menjadi apapun, salah satunya adalah membentuk replika makanan yang dapat digunakan sebagai aksesori atau hiasan.

Model Kain Flanel

Pada umumnya terdapat 2 model kain flanel yaitu polos dan bercorak. Kain flanel yang polos hanya memiliki 1 warna di seluruh bagiannya, sementara kain flanel yang bercorak memiliki serat-serat dalam campuran warna yang berbeda.

Kebanyakan kain yang memiliki corak dihargai cukup lebih mahal. Ada lagi kain flanel dengan versi zephyr yaitu kain flanel dengan corak biasa, tetapi digabung bahan sutera di dalam bahan pembuat benang-benangnya.

Harga Kain Flanel di Pasaran

Harga terbaru Kain flannel yang telah saya chek di tahun 2016 …
Rp 18 ribu s/d 20 ribu per meter persegi Rp 10.000,0 s.d Rp 12.000,- per setengah meter
Rp 6000 ~ 8000 rupiah untuk yang ukuran terkecil (25×25 cm)

Harga diatas tergantung kwalitas kain beserta market place yang anda beli.

kelebihan dan Kekurangan Kain Flanel

Kain flanel mempunyai struktur kain yang cukup unik dengan yang lainnya. Berikut kelebihan dari kain flanel:

  1. Warna mencolok sehingga lebih menarik
  2. Tekstur halus Mudah digunting
  3. Harga terjangkau

Kekurangan kain flanel:

  1. Membuat susuh benang ketika dijahit
  2. Mudah hancur ketika ditarik kuat
  3. Lem yang diperlukan khusus

Cara Membuat Boneka dari Kain Flanel

Sebenarnya banyak cara untuk membuat kerajinan dari kain flanel, tetapi kali ini saya akan memberikan satu contoh yaitu Cara membuat boneka dari kain Flanel

Dan cara membuatnya ini sangat lah mudah dan harganya sangat terjangkau oleh sebab itu silahkan simak artikel di bawah ini,

Number 1: Alat dan Bahan

Berikut alat-alat pokok dalam kreasi kain flanel. Dan ini sangat mudah anda temui dan dapatkan di sekililling anda,

  • Kain flanel (wajib ada)
  • Dakron (kalau tidak tau silahkan share di google)
  • Pita
  • Benang
  • Jarum
  • Manik manik
  • Gunting (wajib juga)
  • Spidol
  • Lem tembak

Setelah alat dan bahannya sudah lengkap semua kita beralih ke sesi selanjutnya.

Number 2: Cara pembuatan Boneka nya

Hal ini yang saya sampaikan sangat penting, maka untuk lebih detail dalam berkarya harus cermat dan sabar tentunya. Berikut ini step-step dalam pembuatan boneka dari kain flanel:

  1. Membuat Pola

Pola sangatlah penting dalam pembuatan kerajinan ini. Karena jika pola tidak ada maka kita akan sulit untuk membuat kerajinan.

Saran saya jika kalian sulit untuk membuat pola kalian ikutilah langkah saya yaitu Share di google dengan menulis Format “Pola boneka flanel” makan akan muncul gambar seperti di bawah ini.

boneka dari kain flnel

Bisa cari semau anda di Google Image. Source: fajrimaulanamembaca.blogspot.com

Jika sudah mendapatkan pola, kita lanjut ke sesi ke-2

  1. Menggunting kain flanel sesuai dengan Pola

Setelah teman teman sudah membuat pola, langkah berikutnya yaitu menggunting kain flannel saseui dengan yang ada di pola yang kalain inginkan. kerajinan dari kain flanel ini perlu melatih ketelitian. sabar yaa hehe..

Tapi saran saya jika kalian tidak bisa langsung mengguntingnya, kalian potong dulu pola yang kalian sudah buat terus pindahkan ke atas kain flanel lalu ikuti deh polanya menggunakan pensil atau pulpen tapi lebih bagus sih pensil aja. Berikut contoh gambarnya.

kerajinan dari kain flanel

Potongan kain yang telah disiapkan. (kerajinan kain flanel)

Jika sudah selesai di sesi ke-2 kita lanut ke sesi berikutnya

  1. Membuat Tangan boneka

Nah di sesi ke-3 ini kita membuat tangan boneka, caranya yaitu teman teman ambil pola tangan yang sudah di gunting tadi kemudian kalian satukan dengan pola tangan yang satunya setelah itu jahit polanya tapi jangan lupa sisakan lubang sedikit unutk memasukkan ‘daktron’ ke dalam tangan boneka agar bonekanya tidak kempes hehehe

kerajianan boneka dari kain flanel

kerajinan kain flanel boneka

kerajinan kain flanel

kerajinan kain flanel boneka

Oke stelah pembuatan tangan bonekanya selsai kita lanjut ke sesi ke-4

  1. Membuat Badan

Setelah tangan tadi sudah selesai, saatnya kita memsang tangan ke badan boneka. caranya yaitu teman teman ambil pola badan sepasang (karena jika tidak sepasang cara bentuknya gimana hihi).

kemudian simpan tangan di bagian tengah antara ke dua pola badan tadi, setelah itu jahit tangan dengan badan boneka, tapi jangan lupa untuk menyisakan lubang untuk daktronnya (jika masih bingung silahkan simak gambar di bawah ini :D)

kerajinan tas kain flanel

kerajinan dari flanel

Jika sudah seperti di atas kalian tinggal masukkan daktronnya.

cara bikin boneka dari kain flanel

kerajinan kain flanel boneka dari kain flanel

Apabila sesi ke-4 sudah selesai kita lanjut ke sesi ke-5

  1. Pembuatan Kepala atau bahasa inggrisnya Head

Lanjut ke sesi ke-5, pertama teman-teman jahit telinga di kepala bonekanya karena jika tidak memiliki telinga jelek dong, lalu isi menggunakan daktron, jika sudah selesai jahit bagian kepalanya. silahkan lihat gambar di bawah. Kerajinan dari kain flanel ini sangat gampang nan mudah.

mennyatukan kepala dengan badan boneka dari kain flanel

kerajinan kain flanel boneka

Setelah bagian telinga selsai, tempel bagian mulut dan buat pola seperti mulut menggunakan benang jahit. Kemudian, satukan kepala dengan badan, jahit antara kedua bagian tersebut dengan rapi. Sisakan sisi bagian atas kepala untuk memasukkan dakron.

kerajinan boneka kain flanel

kerajinan kain flanel bunga dan kerajinan boneka kain flanel

Jika sudah selesai kita lanjut ke sesi berikutnya.

  1. Menjahit Mata Boneka/eyes

Mula mula ambil manik manik yang kalian sudah siapkan tadi kemudian letakkan manik manik tersebut pada bagian kepala. Setelah itu jahitlah manik manik tersebut dengan penuh kasih sayang (hehehe lebay :D) atau kalian juga bisa tempel dengan lem tembak.

bikin boneka dari kain flanel

bikin boneka dari kain flanel

Jika sudah selesai kita lanjut ke sesi ke- berapa yah? saya lupa 😀

  1. Membuat/menjahit Bagian Kaki atau Bahasa Inggrisnya Feet

Untuk selanjutnya, kerajinan dari kain flanel ini caranya pertama-tama kamu siapkan pola bagian kaki lalu satukan beberapa pola yang sudah di buat lalu tempelkan menggunakan lem tembak (bukan cinta yah :D). kemudian jahit dan jangan lupa sisakan lubang (asmara) buat daktronnya.

cara bikin kerajinan dari kain flanel

cara bikin kerajinan dari kain flanel

setelah kalian jahit isis lubang kecil tersebut menggunakan daktron.’

ini cara bikin kerajinan boneka dari flanel

ini cara bikin kerajinan boneka dari flanel

Jika sudah selesai kita lanjut ke sesi-8

  1. Menempelkan Kaki ke Badan

Setelah kaki boneka yang teman teman buat tadi selesai, kalian tempelkan kaki tersebut ke badan bonekanya (agar bonekanya memiliki kaki) menggunakan lem tembak dan bisa juga di jahit, terserah mau teman teman gimana.

boneka dari kain flanel

boneka dari kain flanel

Jika sudah selesai kita lanjut ke sesi terakhir/finally yaitu sesi ke-9

  1. Menambah Dasi Kupu-kupu

Untuk lebih mempercantik boneka tersebut kita bisa menambahkan hiasan dasi kupu kupu. caranya yaitu dengan ambil pita kemudian bentuk pita tersebut seperti dasi kupu kupu yang biasa di gunakan umat manusia. kemudia tempel dengan menggunakan lem.

kerajinan kain flanel

kerajinan kain flanel

Akhirnya selesai, mudah kan?.

InsyaaAllah cara diatas telah teruji dengan amana, hehehe. Bisa diterapkan di rumah dengan para sahabat dan murid-murid tercinta.

Semoga bermanfaat 🙂

  • Leave a Reply

%d bloggers like this: