Khutbah Nikah – Dalam acara akad nikah hingga wallimatul ursy banyak hal-hal yang harus diperhatikan oleh shohibul hajah (Keluarga Penyelenggara). Hal tersebut sangat krusial demi kehangatan acara dan keberkahannya, yaitu sambutan ceramah saat resepsi nikah.

Hampir di setiap sektor acara pernikahan di kampung biasanya menyelenggarakan pesta pernikahan tak absen dengan namanya pidato nikah. Dan pada umumnya yang mengisi ini adalah satu tokoh agama di lungkup desa tersebut, atau undangan khusus dari shohibul hajah yang memesannya.

Isi Khutbah Nikah

Bermacam dari ceramah nikah yang disampaikan oleh pembicara tersebut. Tergantung dari pembicara dan ada permohonan yang disampaikan oleh pembicara dari shohibul hajah. Hanya saja pidato nikah tak jauh dari inti-nti yang disampaikan.

Berikut inti-inti yang disampaikan dari ceramah nikah:

  • Salam lengkap “Asslamu’alaikum wr. wb
  • Bacaan tahmid, tahlil.
  • Sholawat nabi.
  • Penggalan ayat waris (menghimbau)
  • Ayatnya berhubungan dengan topik acara. Jika pernikahan boleh pakai Surat 30 ayat 21
  • Isi Khutbahnya.
  • Penutup dan salam.

Contoh Pembukaan Singkat Khutbah Nikah

Adapun dalam pembukaan singkat khutbah nikah, saya ada contohnya dibawah. Untuk pembukaan tersebut tidak terlalu penting, karna anda bisa mengkombinasikan dengan sendirinya. Biasanya para penceramah sangat unik dan lihai serta memancing perhatian para undangan di saat pembukaannya.

Berikut contonya

khutbah nikah

Contoh Isi Sambutan Nikah Singkat

Supaya isi khutbah nikah dapat Memotivasi semua pendengar, kali ini saya sampaikan manfaat nikah. Berikut ulasannya,

Judul: Menikah itu Menentramkan Hati

khutbah nikah

Gambar oleh https://pixabay.com

1. Menikah Membuat Setiap Insan Lebih Merasakan Ketenangan.

Coba dalami fikirkan ayat berikut, Allah ‘azza Wajalla berfirman:


وَمِنْ ءَايَاتِهِ أَنْ خَلَقَ لَكُم مِّنْ أَنفُسِكُمْ أَزْوَاجًا لِّتَسْكُنُوا إِلَيْهَا
wa min aayaatihi an kholaqo lakummin ansfusikum azwaajallitaskunuu ilaihaa

“Dan diantaran tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah Dia menciptakan untukmu istri-istri dari jenismu sendiri, supaya kamu cenderung dan merasa tentram kepadanya.” (Ar Rum :21)

Lihatlah ayat ini menyebutkan bahwa menikah menjadi lebih tentram karena adanya pendamping.

Al mawardi berkata mengenai ayat tersebut, Mereka akan begitu tenang ketika berada di samping pendamping mereka karna Allah memberikan pada pernikahan tersebut ketentraman yang tidak didapati pada yang lainnya. Sunggguh faedah yang menyenangkan jiwa setiap pemuda.

2. Jangan Ragu! , Allah akan Mencukupkan rizkimu

وَأَنكِحُوا اْلأَيَامَى مِنكُمْ وَالصَّالِحِينَ مِنْ عِبَادِكُمْ وَإِمَآئِكُمْ إِن يَكُونُوا فُقَرَآءَ يُغْنِهِمُ اللهُ مِن فَضْلِهِ وَاللهُ وَاسِعٌ عَلِيمٌ
wa an’kihuu al-ayamaa minkum wassholihiina min ‘ibaadikum wamaaaikum in yakunuu fuqorooa yughnihimullahu min fadhlihi wallahu waa si’un ‘aliimun.

“Dan kawinkanlah orang-orang yang sendirian diantara kamu, dan orang-orang yang layak (berkawin) dari hamba-hamba sahayamu yang lelaki dan hamba-hamba sahayamu perempuan. Jika mereka miskin, Allah akan memampukan mereka dengan karunia-Nya. Dan Allah maha luas pemberianNya lagi Maha Mengetahui” (S. An-Nur 32)

Nikah adalah suatu ketaatan, dan tidak mungkin Allah membiarkan hambaNya sengsara ketika mereka ingin berbuat kebaikan semisal menikah.

Tafsiran ayat diatas adalah:

Jika kalian miskin maka Allah yang akan mencukupi segala rizki kalian. Bisa juga Allah mencukupinya dengan membri sifat qona’ah (merasa cukup) dan boleh jadi Allah mengumpulkan dua rizki sekaligus. Jadi, Miskin aja Allah akan mencukupi rizkinya, apalagi jiga yang jomblo sudah bercukupan dan kaya? MasyaaAllah, yuk nikah.

Ibnu Mas’ud Berkata:

“Carilah kaya (hidup berkucukupan) dengan Menikah” (Tafsir  Al ‘azdiim)

Dan dijelaskan  juga dalam hadist bahwa Allah akan senantiasa menolong orang yang ingin menjaga kesucian dirinya lewat menikah.

Dari abu Huroiroh r.a bahwasannya Rosulullah Saw bersabda mengenai 3 golongan yang pasti mendapat pertolongan  Allah,

وَالنَّاكِحُ الَّذِي يُرِيدُ الْعَفَافَ
wannakihu alladzii yuriidul-‘afaafa

 

“,.. Seseorang yang menikah karena ingin menjaga ksuciannya. ” (HR. An Nasai 3218)

3. Bahwa Orang Menikah itu Menjalankan Sunnah Rosulullah

Allah ta’ala berfirman,

وَلَقَدْ أَرْسَلْنَا رُسُلاً مِن قَبْلِكَ وَجَعَلْنَا لَهُمْ أَزْوَاجًا وَذُرِّيَّةً

wa laqod arsalna rusulan min qoblika wa ja’alnaa lahum azwajan wa dzurriatan

Artinya: Dan sesungguhnya kami telah mengutus beberapa Rosul sebelum kamu dan kami memberikan kepada mereka istri-istri dan keturunan

Rosullullah Saw bersabda,

أَرْبَعٌ مِنْ سُنَنِ الْمُرْسَلِينَ الْحَيَاءُ وَالتَّعَطُّرُ وَالسِّوَاكُ وَالنِّكَاحُ

“Empat perkara yang termasuk sunnah para rosul, yaitu sifat malu, memakai wewangian, bersiwak dan menikah”. (HR. Tirmidzi no. 1080)

Redaksi hadist ini dhoif sebagaimana kata syaikh Al Albani dan syaikh Syu’aib Al Arnauth, tetapi arti hadist ini sudah didukung oleh ayat Al qur’an yang disebutkan sebelumnya tadi diatas.

4. Menikah itu Tameng Hawa Nafsu dan Lebih Menundukkan Pandangan

Rosululllah Saw bersabda:

“Wahai para pemuda, barangkali yang memiliki Baa-ah (mampu bersetubuh), maka mneikahlah. Karna itu lebih akan menundukkan pandangan dan lebih menjaga kemaluan. Barangsiapa yang belum mampu, maka berpuasalah karena puasa itu bagai obat pengekang baginya.” (HR. Bukhori no. 5065)

Maksud dari Baa-ah dalam hadist di atas terdapat 2 pendapat, yaitu maknanya pertama yang artinya sudah memiliki kemampuan finansial untuk menikah. Dan yang kedua itu artinya meampu berjima’ (bersetubuh). Tapi dari kedua pendapat itu semua, intinya yang ditekankan yaitu pendapat pertama, yaitu mampu secara finansial.

Itulah beberapa keutamaan menikah. Semoga dapat memberikan pesan dan ilmu baru kepada para pendengar hadirin disini, dan semoga bisa membantu yang masih ragu untuk menikah menjadi semangat dan berniat tulus untuk menikah karna Allah ta’ala.

Judul: Jomblo itu Tidak Enak, Rosulullah juga Menikah

Berikut contoh ceramah nikah singkat dengan judul “Jomblo itu Tidak Enak, Rosulullah juga  Menikah,
khutbah nikah

khutbah nikah

Judul: Nikahlah! Selagi masih Bujang

khutbah nikah singkat

Gambar oleh https://pixabay.com

Muda jangan sampai galau, jika kamu ingin motivasi temukan disini. Dalam khutbah ini, menekankan bagi siapa saja yang masih sendiri, disamping itu telah mampunya diri untuk bersetubuh dan mandiri finansial, maka dianjurkan segera menikah. Berikut textnya:

khutbah nikah singkat

khutbah nikah singkat

https://penganten.com

 

Judul: Nikah itu Iman Bukan Hanya Tukar Cincin

khutbah nikah singkat

by Tuu Anh pixabay.com

Ini adalah khutbah nikah singkat untuk para khotib yang menginginkan untuk mengisi khutbahnya dengan judul, Nikah itu Iman bukan hanya tukar cincin. Berikut contohnya:

Contoh Khutbah Nikah Bahasa Arab

Ceramah ketika saat dalam acara khitbah atau resepsi nikahan menjadi suatu acara intinya. Karna ini lah petuah, nasehat, dan kalimat bijak dari ulama. Bagaimanapun pernikahan itu adalah suatu momen yang sangat krusial, perjanjian antara hamba dengan Sang Kholiqnya untuk mempersunting putri dari orang yang tak dikenal sebelumnya.

 

Disini ini ada doa Ijab qobul Dan berikut contoh dakwah nikah B. Arab. bisa kamu download langsung. Dan lengkap dengan harokatnya.

khutbah nikah bahasa arab 1

Credit to http://sunni.co.id

contoh lain,

khutbah nikah bahasa arab

Sambutan nikah bahasa Arab dengan harokatnya

khutbah nikah pdf bahasa arab 3

Ceramah nikah bisa download gratis.

 

Iya benar sekali, pidato nikahan itu tidak harus bahasa Indonesia, banyak macam kita temukan di beberapa tempat menggunakan bahasa daerah bahkan bahasa Arab. Dengan contoh diatas anda mendapat gambaran bagaimana tausyiah nikah dengan bahasa Arab.

Contoh Ceramah nikah Bahasa sunda

Indonesia berbagai adat dan suku, bahakan ribuan bahasa terhitung., yang menjadi satu Bhinneka Tunggal Ika. Kekayaan luar biasa dalam satu negara yang berbagai macam budaya teteap hidup rukun. Maka, tidak hanya khutbah nikah dengan bahasa formal bahkan Internasional saja, tapi dengan bahasa daerah pun juga banyak kita temukan.

Inilah contohnya Ceramah nikah berbahasa Sunda:

Kapihatur para sepuh pinisepuh anu sinimbut ku kaagungan, kapilenggah sohibul hajat, kersana petugas ti kator kementrian agama, miwah para pajabat para aparat pemerintah anu sumalendang kamulyaan. Hadirin hadirot ihwan-ahwat rohima kumullah. Selengkapnya

khutbah nikah

Slide 1 Ceramah Nikah dengan bahasa sunda

khutbah nikah

Slide 2 Ceramah sambutan nikah bahasa sunda

Khutbah nikah

Slide 3 Ceramah sambutan nikah bahasa sunda

khutbah nikah

Slide 4 ceramah nikah dengan Bahasa Sunda

Contoh Ceramah Nikah Bahasa Jawa

Beberapa contoh diatas dari khutbah nikah dengan bahasa-bahasa daerah bahkan bahasa Arab. Memang se-krusial itu yaa dari adat pernikahan Indonesia, sehingga Islam juga sangat relevan dengan dakwahnya yang berbagai background bahasa dari manapun bisa ditoleransikan. Di samping ini ada juga contoh dari doa pernikahan. 

Kali ini ada khutbah nikah dengan bahasa Jawa,

khutbah nikah pdf

tausyiah nikah dengan bahasa jawa

khutbah nikah bahasa jawa

Cuplikan lain dari isi ceramah nikah debngan bahasa Jawa:

 

Pernikahan, jejodoh meniko sunnah Rosul ingkang kunurmat soho suci. Pawongan sinten kemawon ingkang mboten nindakaken sunnahipun meniko utowo sumejo wadat tanpo bebrayan, pitambakipun boten kalebet golonganipun umat Islam. Selengkapnya

Berikut diatas dengan berbagai contoh Khutbah nikah yang bisa menjadi rujukan dan  sebagai contoh untuk anda semua di rumah, Insya dapat digynakan kapan saja.

 


Leave a Reply

%d bloggers like this: