Jenis Makanan Burung Hantu Lengkap (Mudah Kamu Cari)

Burung Hantu adalah Burung Pemangsa, yang berarti mereka harus membunuh binatang lain untuk bertahan hidup. Makanan mereka termasuk invertebrata, contohnya ( seperti serangga, laba-laba, cacaing tanah, siput dan kepiting), ikan, reptil, burung , dan mamalia kecil.

Makanan Utama sangat tergantung pada spesies burung hantu. Sebagai contohnya Scops dan Screech Ewls memakan serangga sebagian besar, sedangkan Barn Owls kebanyakan memakan tikus-tikus dan tikus.

Burung Hantu yang lebih besar seperti Elang, Burung Hantu akan memangsa kelinci, rubah muda dan burung hingga seukuran bebek dan burung gamebird.

Burung Hantu Berburu Makanan

burung hantu berburu makanan
Seekor Barn Owl menyelam menuju mangsanya dengan cakar yang tersebar luas. Foto © Andy Harmer

Beberapa spesies memiliki spessialisasi dalam penagkapan ikan, seperti Burung Hantu Asia (Katupa) dan Burung Hantu Perikanan Afrika (Scotopelia). Meskipun spesies tertentu memiliki prefensi ini untuk jenis makanan, sebagian Burung Hantu adalah oportunistik, dan akan mengambil mangsa apa pun yang tersedia di daerah tersebut.

Burung Hantu pada umumnya memiliki wilayah perburuan yang jauh dari tempat bertenggernya siang hari.

Semua Burung Hantu dilengkapi adaptasi khusus yang menjadikannya pemangsa yang efisien. Penglihatan yang tajam memungkinkan mereka menemukan lokasi penggalian bahkan pada malam redup.

Pendengaran terarah dan sensitif membantu menemukan mangsa yang tersembunyi.

Beberapa spesies bahkan dapat berburu dalam kegelapan total menggunakan suara saja untuk membimbing mereka agar berhasil dibunuh. Penerbangan seekor Burung Hantu dibungkam oleh bulu-bulu sayap khusus, yang meredam suara udara yang mengalir deras di atas permukaan sayap.

Hal ini memungkinkan seekor  Burung Hantu untuk berburu secara sembunyi-sembunyi, mengejutkan korbannya. Ini pun juga memungkinkan Burung Hantu untuk mendengarkan gerakan mangsa saat masih terbang.

Strategi Burung Hantu Ketika Memburu Mangsa Makanannya
Carar Burung Hantu Mencari Makan.(woodlandtrust)

 

Sebagian besar spesies berburu dari tempat bertengger, seperti cabang rendah, tunggul atau tiang pagar.

Mereka akan menunggu mangsa muncul, dan menukik dengan sayap yang terbuka, dan cakar mereka membentang ke depan. Beberapa spesies akan terbang atau meluncur sedikit jauh dari tempat bertengger sebelum menjatuhkan korban. Dalam beberapa kasus, Burung Hantu dapat dengan mudah jatuh pada target, membuka sayap mereka pada saat terakhir.

Selain Menunggu, Burung Hantu Juga Melambung

Spesies lain lebih suka melambung, atau melakukan penerbangan quatering, meminfai tanah di bawah untuk makanan yang cocok. Ketika target ditemukan, Burung Hantu akan terbang ke arahnya, menjaga kepalanya sejajar dengannya sampai saat terakhir.

Ini adalah ketika Burung Hantu menarik kepalanya ke belakang, dan mendorong kakinya ke depan dengan cakar menyebar lebar, dua menunjukkan ke belakang dan dua ke depan.

Kekuatan tumbukan biasanya cukup untuk membuat mangsa pingsan, yang nantinya dikirim dengan jentikan paruh.

Burung Hantu Punya Teknik Khusus Bagi Jenis Mangsanya

Buruing Hantu dapat menyesuaikan teknik berburu mereka tergantung pada jenis mangsa. Serangga dan burung kecil dapat ditangkap di udara, kadang-kadang setelah disiram dari punutup pohon atau semak-semak oleh Burung Hantu.

Burung Hantu yang menangkap ikan dapat meluncur di atas air, menyambar ikan  dengan cepat (Pel’s Fishing Owl) atau, yang mungkin bertengger di tepi air, meraih ikan atau lobster air tawar yang muncul di dekatnya (Burung Hantu Blakiston).

Spesies laindapat menyeberang ke air untuk mengejar ikan, ular air, udang karang atau katak.

Setelah ditangkap, mangsa yang lebih kecil terbawa dalam tagihan, atau dimakan segera, 😀 rakus yaa.

Mangsa yang lenih besar terbawa dalam cakar. Di saat-saat banyak, Burung Hantu dapat menyimpan kelebihan makanan dalam cache. Ini mungkin di dalam sarang , atau lubang pohon, atau garpu di cabang.

Bagaiman Burung Hantu Mencerna Makanannya?

Bagaiman Burung Hantu Mencerna Makanannya?
burung hantu memangsa hewan tupai sebagai makanannya. (owlpages.com)

Seperti burung lainny, Burung Hantu tidak bisa mengunyah amkanannya, mangsa kecil ditelan utuh. Sementara mangsa yang lebih besar dikoyak menjadi potongan-potongan kecil sebelum ditelan. Beberapa spesies Owl sebagian akan memetik burung dan mangsa mamalia yang lebih besar.

Tidak seperti butung lain, Burung Hantu tidak memiliki tanaman. Tanaman adalah kantung longgar di tenggorokan yang berfungsi sebagai tempat penyimpan makanan untuk dikonsumsi nanti. Karena seekor Burung Hantu kekurangan ini, makanan disalurkan lagnsung ke sisitem pencernaan mereka.

Perut Burung Punya 2 Bagian

Sekarang, perut burung memiliki dua bagian:

Bagian pertama ialah lambung kelenjar atau proventriculus, yang menghasilkan enzim, asam dan lendir yang memulai proses pencernaan.

Bagian kedua adalah perut berotot atau gizzard. Tidak ada kelenjar pencernaan di dalam ampela dan pada burung pemangsa, itu berfungsi sebagai filter, menahan barang-barang makanan yang tidak larut seperti tulang, bulu, gigi dan bulu.

Begini Percernaan Burung Hantu Bekerja

Bagian makanan yang mudah larut atau lunak dihaluskan oleh konttraksi otot, dan dibiarkan memlewati seluruh sistem pencernaan yang mencakup usus kecil dan besar.

Hati dan prankeas mengeluarkan enzim pencernaan ke usus kecil tempat makanan diserap ke dalam tubuh. Pada akhir saluran pencernaan (setelah usus besar) adalah kloaka, area penampung untuk limbah dan produk dari sistem pencernaan dan kemih.

Kloaka terbuka ke luar melalui lubang angin. Sangat menarik untuk dicamkan bahwa burung (selain Burung Unta) tidak memiliki kandung kemih. Ekskresi dari ventilasi sebagian besar terbuat dari asam yang merupakan bagian putih dari penurunan yang sehat.

Pelet Memblokir Sistem Pencernaan Owl

Beberapa jam setelah makan,..

…. bagian-bagian yang tidak dapat dicerna (bulu, tulang gigi dan bulu yang masih di dalam ampela) dikompresi menjadi pelet dengan bentuk yang sama dengan ampela.

Pelet ini bergerak ampela kembali ke proventikulus. Itu akan tetap di sana hingga 10 jam senelum dimuntahkan. Karena pelet yang disimpan sbagai memblokir sistem pencernaan Owl, mangsa baru tidak dapat ditelan sampai pelet dikeluarkan.

Regurgitasi sering menandakan bahwa seekor Owl siap untuk makan lagi. Ketika Burung Hantu (Owl) makan lebih dari satu item mangsa dalam beberapa jam, nberbagai sisa dikondisikan ke dalam satu pelet.

Ketika Burung Hantu Memuntahkan Pelet

Siklus pelet teratur, memuntahkan sisa-sisa ketika sistem pencernaan selesai mengekstraksi nutrisi dari makanan. ini sering dilakukan saat bertengger favorit. Ketika Burung Hantu hendak membuat pelet, ia akan menunjukkan ekspresi sedih, mata tertutup, cakram wajah menyempit dan burung enggan untuk terbang.

Pada saat pengusiran , leher direntangkan ke atas dan ke depan, paruh dibuka, dan pelet keluar begiru saja tanpa ada gerakan muntah atau meludah.

Pelet Burung Hantu Beda Dengan yang Lainnya

Pelet burung hantu berbeda dengan burung pemangsa yang lain, karna mengandung proporsi residu makanan yang lebih besar. dan ini karena cairan pencernaan burung hantu kurang asam dibandingkan burung pemangsa yang lainnya. Juga, raptor lain cenderung untuk memetik mangsanya ke tingkat yang jauh lebih besar daripada Burung Hantu. (worldofowls.com)

Makanan Burung Hantu Berdasarkan Jenis-jenisnya

Burung Hantu Bubo salah satu Burung Hantu yang bikin menraik perhatian, juga banyak dikenal dengan sebutan Eagle Owl karena penampakannya yang mirip elang putih. Burung jenis ini terkenal sulit untuk dipelihara bagi pemula karena memiliki tingkat stress yang lebih tinggi dari jenis burung hantu lainnya.

burung hantu Bubo
burung hantu Bubo. (Boombastis.com)

Burung Hantu Australia

Burung Hantu yang kuat julukannya, yang ditemukan di Australia dan berburu mamalia pengembur pohon yang berukuran sedang atau besar seperti:

  • Possum Ringtail Umum
  • Pseudocheirus peregrinus
  • Glider Besar

Ia juga berburu burung-burung yang bertengger dan mamalia kecil seperti Kelinci, Marsupial kecil.

Burung Hantu Celepuk

Burung Hantu Celepuk
Burung Hantu Celepuk. (BudidayaKenari.com)

Burung Hantu ini memang tidak asing untuk para kalangan pecinta Burung Hantu, karena memang inilah spesies yang kebanyakan orang memeliharanya. Jenis burung Hantu ini pemakan jenis-jenis serangga dan burung yang berukuran kecil. Seperti contohnya;

  • Jangkrik
  • Anak ayam
  • Puyuh
  • Anakan unggas.

Burung Hantu Spotted Wood Owl

Burung Hantu Spotted Owl
Burung Hantu Spotted Owl. (hargaburung.id)

Untuk makanan burung hantu jenis spotted wood owl, makanan burung hantu jenis yang satu ini bisa berupa daging-dagingan bisa juga makanan pokoknya yaitu

  • tikus putih yang merupakan makanan favorit dari semua jenis burung hantu.

Burung Hantu Salju

Burung Hantu Salju
Burung Hantu Salju

Burung hantu salju mungkin jarang ditemui di Indonesia dan bahkan sangat jarang ada pecinta burung yang memeliharanya, ini karena perbedaan habitat aslinya kurang cocok bisa saja burung hantu salju hidup di Indonesia bahkan di pelihara oleh pecinta burung di Indonesia namun mungkin saja tidak bertahan lama sebab burung hantu ini terbiasa dengan hawa dingin sedangkan di Indonesia memiliki iklim tropis dan jarang terjadi musim dingin.

Makanan burung hantu salju juga sedikit berbeda dengan yang lain yaitu

  • gemar memakan ikan,
  • anakan burung lain juga kerap ia mangsa juga tak ketinggalan,
  • tikus yang masih anakan juga ia senangi.

Burung Hantu Celupuk Reban

Burung Hantu Celupuk Reban
Burung Hantu Celupuk Reban

Burung hantu Celepuk Reban ini, sangat banyak ditemui di Indonesia dan bahkan kerap menjadi satwa peliharaan. Burung hantu ini memiliki habitat asli di wilayah jawa, sumatera, bali, Kalimantan serta di luar negara Indonesia yaitu negara Filipina.

Burung hantu celupuk reban ini memiliki tubuh yang kecil dan bahkan menjadi salah satu spesies burung hantu yang memiliki ukuran tubuh terkecil. Burung hantu celupuk reban memiliki nama latin Otus Lempeji dan memiliki makanan yang sangat di senangi yaitu

  • tikus yang masih kecil atau
  • anakan

Burung Hantu Oriental Bay Owl

Burung Hantu Oriental Bay Owl
Burung Hantu Oriental Bay Owl

Burung Hantu oriental bay owl memiliki makanan khas yaitu

  • serangga kecil seperti jangkrik dan
  • tikus-tiku kecil atau anakan,

burung hantu ini memiliki ciri khas yang sangat mencolok yaitu memiliki warna merah pada kelopak matanya. Burung hantu ini juga sangat aktif pada malam hari untuk berburu makanan.

Burung Hantu Buffy Fish Owl

Burung Hantu Buffy Fish Owl
Burung Hantu Buffy Fish Owl

Burung Hantu Buffy Fish Owl yang satu ini juga sangat mudah di temui di Indonesia dan sering menjadi piaraan oleh pecinta burung, dengan sifatnya yang mudah untuk beradaptasi dengan lingkungan dan juga dapat bersahabat dengan baik dengan manusia adapun makanan burung hantu buffy fish owl antara lain

  • ikan lele,
  • tikus putih,
  • anak ayam dan
  • anakan burung.

Semoga bermanfaat, dan bisa menjadi refrensi untuk kamu ,. Terima kasih 😀

 

Leave a Reply