5 Favorit Makanan Burung Lovebird (Untuk Lomba, Birahi dan Ngekek Panjang)

Ada sembilan spesies sejoli, dan semuanya termasuk dalam genus Agapornis, meskipun hanya sedikit yang secara khusus tersedia sebagai hewan peliharaan; yaitu kekasih yang berwajah peach, bertopeng dan Fischer Lovebirds dinamai demikian karena ikatan pasangan mereka yang kuat. Dan pastinya dengan jenis makanan burung lovebird yang berbeda-beda.

Ukuran Lovebirds berkisar dari hanya lebih dari 5 inci hingga hanya lebih dari 6½ inci, yang membuat mereka di antara spesies burung nuri yang lebih kecil. Lovebirds memiliki bulu ekor pendek yang tumpul, tidak seperti budgies (“parkit”), yang memiliki ekor panjang berujung, dan sejoli juga lebih kekar.

Fakta-Fakta Burung Lovebird

fakta fakta burung lovebird
fakta fakta burung lovebird. (kebutuhan burung)

Apakah kamu menangkap fakta bahwa lovebird adalah burung beo? Ya, meskipun mereka beo kecil, mereka masih beo. Mereka termasuk dalam ordo Psittaciformes , yang mencakup semua burung beo. Mereka memiliki paruh dan kaki zygodactyl (dua jari mengarah ke depan dan dua mengarah ke belakang).

Spesies Lovebird dapat dibagi menjadi 2, yang memiliki cincin mata putih yang menonjol – yang bertopeng, atau

  • berkerah kuning ( A. personatus ),
  • Fischer ( A. fischeri ),
  • yang pipi hitam ( A. nigrigenis ) dan
  • Nyasa, atau Lilian’s ( A. lilianae ).

Dan mereka yang tidak memiliki cincin mata – berwajah peach, atau berwajah kemerahan ( A.  roseicollis),

  • bersayap hitam, atau Abyssinian,
  • berkepala merah ( A.  taranta), atau
  • berwajah merah, ( A . pullarius ), Madagaskar, atau
  • berkepala abu, ( A. canus ) dan
  • berkerah hitam, atau Swindern,
  • burung cinta ( A. swindernianus).

Beberapa spesies burung lovebird datang dalam banyak mutasi warna, yang diproduksi oleh pembiakan selektif untuk mengeluarkan ciri warna tertentu.

Di alam liar, sejoli hidup dalam kawanan kecil dan memakan buah, sayuran, rumput, dan juga biji. Abyssinian, atau lovebird bersayap hitam, memiliki makanan khusus yang mencakup buah ara asli, itulah sebabnya mereka sangat langka di penangkaran.

Wilayah Asli / Habitat Alami Lovebird

Wilayah Asli / Habitat Alami lovebird
Wilayah Asli / Habitat Alami lovebird. (Litle Princess of Istalastu)

 

Kebanyakan spesies lovebird adalah spesies asli benua Afrika; pengecualian adalah lovebird Madagaskar (berkepala abu), yang asli dari pulau Madagaskar.

Dari sembilan spesies sejoli, enam terdaftar sebagai Setidaknya Kepedulian oleh Uni Internasional untuk Konservasi Alam dan Sumber Daya Alam . Namun, tiga dari spesies tersebut memiliki kekhawatiran yang membahayakan.

Lovebird Fischer dan Nyasa lovebird keduanya Hampir Terancam, yang selangkah lebih dekat ke Terancam Punah daripada enam spesies. Lovebird hitam-pipi adalah yang paling terancam di alam liar dari semua lovebirds. Itu terdaftar sebagai Rentan, yang hanya satu langkah dari Terancam Punah.

Agar Lovebird Hidup Tahan Lama

Agar Lovebird Hidup Tahan Lama
Perawatan & Pemberian Makan Lovebird. (Super kicau.)

Seperti kebanyakan burung, sejoli suka berolahraga dan membutuhkan kandang terbesar yang bisa dibeli dengan anggaran dan ruang kamu. Lovebird yang terkurung dalam sangkar kecil dan tidak pernah diberi kebebasan cenderung menjadi neurotik dan dapat mengembangkan kebiasaan merusak diri sendiri. Mainan adalah keharusan bagi burung kakaktua yang aktif ini.

Ingatlah bahwa sejoli adalah pengunyah yang kuat, jadi pilihlah mainan yang bisa tahan mengunyah tanpa menyebabkan bahaya. Dengan perawatan yang tepat dan diet seimbang, seekor burung lovebird dapat hidup antara 12 dan 15 tahun atau lebih.

Nutrisi yang baik adalah tentang keseimbangan untuk kekasih (pasangan lovebird), seperti halnya bagi kebanyakan burung.

Diet seimbang menyediakan kelas nutrisi penting : air, protein, karbohidrat dan serat, lemak, mineral, dan vitamin. Diet hanya biji adalah resep untuk kekurangan gizi, dan kekurangan gizi menyebabkan banyak penyakit terkait gizi . Pilihan makan lovebird terbaik adalah diet yang diformulasikan yang mengandung nutrisi penting dan tidak memberi burung pilihan untuk memilih dan hanya memakan bagian yang dia suka.

Varietas juga penting untuk burung, jadi suplemen makanan yang diformulasikan dengan sayuran, buah, dan bahkan makanan meja yang sehat bagi burung (dikurangi saus atau bumbu). Pelajari makanan yang harus dihindari, dan selalu tanyakan pada dokter hewan kamu sebelum menawarkan makanan kepada burung lovebird kamu jika ada masalah.

Lafeber Nutri-Berries dan Avi-Cakes adalah cara yang bagus untuk memberikan nutrisi seimbang sambil juga meningkatkan interaksi dengan makanan. Ini adalah pencarian makanan yang bergizi, yang meningkatkan kesehatan fisik dan mental.

Makanan Sehat Recomendasi untuk Lovebirds

Pakan lovebird yang seringkali bikin bingung para pecinta mania lovebird di seluruh Indonesia, dengan jenis, merk bahkan lebih spesifik lagi. Contohnya ada yang mencari pakan untuk lovebird lomba, pakan lovebird biar cepat birahi, ramuan lovebird ngekek panjang dll.
Setelah saya teliti dengan berbagai sumber, bahwa ada makanan lokal dan kemasan dari luar negri yang bisa menjadi rujukan kamu buat lovebird kamu di rumah. Berikut enu makan untuk lovebird tahan lama gacoannya dan kondisi prima:
  • Biji Kenari
  • Milet
  • Jagung Manis
  • Oats
  • Juwawut
  • Biji Sawi
  • Gabah Beras Merah

Adapun makanan tambahan yang juga kaya dengan vitamin dan nutrisi, sebagai berikut:

  1. Buah Apel
  2. Toge
  3. Kangkung (cemilan lovebird)
  4. Telur Rebus
  5. Jangkrik
  6. Asinan tulang sotong

Cara Menentukan Pakan Lovebird Lomba, Ngekek Panjang, Cepet Birahi

Di bawah ini beberapa tips menentukan pakan burung lovebird yang baik dan benar:

1. Karbohidrat

Pertama tama ini yang harus diperhatikan, kandungan karbohidrat di dalalm sebuah makanan untuk sejoli. Karbohidrat ini tentu dibutuhkan oleh semua makhluk hidup, tak terkecuali burung lovebird. Adapun fungsi karbohidrat ialah selain untuk sumber energi  pun juga memperlanncar metabolismenya.

Jika metabolisnya baik jadi burung akan  lebih merasa baik dan aktif dalam aktifitasnya berkicau. Unyuk memenuhi karbohidratnya, kamu bisa menyuguhkan jagung muda dan sayur-sayuran.

2. Protein

Protein ini berperan untuk pertumbuhan burung mulai dari sejak pembentukan telur, pertunasan bulu-bulu baru ketika pergantian bulu, saat masa kawin, juga pada anakan yang baru menetas guna bisa tumbuh normal dan cepat besar.

3. Vitamin
Ulasan yang terakhir ini, bahwa  burung lovebird juga membutuhkan vitamin layaknya manusia. Berikan makan yang bervitamin dan kaya akan vitamin A, B, C, D, E, dan K yang kmau bisa temui di segala buah-buahan  dan sayuran.

Kepribadian & Perilaku Burung Lovebird

Kepribadian & Perilaku Burung Lovebird
Kepribadian & Perilaku Burung Lovebird. (lovebird-tby-kot.blogspot.com)

Lovebirds mungkin kecil tetapi mereka berani, ingin tahu, ingin tahu dan selalu bepergian. Banyak orang percaya sepasang kekasih datang berpasangan karena mereka sering melihat foto-foto dua kekasih saling berpelukan. Tidak diragukan, seekor lovebird sering membentuk ikatan yang dalam dengan lovebird lainnya. Pemilik potensial harus menyadari, bagaimanapun, bahwa pasangan lovebird mungkin memilih untuk tidak berinteraksi dengan orang-orang, karena mereka akan benar-benar fokus satu sama lain.

Seorang teman lovebird tunggal membutuhkan banyak interaksi sosial dengan orang-orang dalam hidupnya, serta banyak pekerjaan yang sibuk dalam bentuk mainan dan barang-barang aman untuk dikunyah dan dihancurkan. Lovebird betina bisa menjadi sangat defensif terhadap wilayahnya (kandang).

Bicara & Suara Burung Lovebird

Bicara & Suara Burung Lovebird
Bicara & Suara Burung Lovebird. (pemakanbiji.blogspot.com)

Lovebirds adalah sekelompok orang yang suka mengobrol, bernyanyi dan bersiul sepanjang hari. Lihat video YouTube ini dari Relax With Nature yang menangkap satu jam suara lovebird. Lovebirds sangat aktif bersuara saat fajar dan senja.

Dengan semua vokalisasi itu, kamu mungkin berpikir bahwa lovebird sedang berbicara. Nah, sejoli biasanya tidak berbicara seperti yang kamu harapkan. Mereka berbicara satu sama lain, tetapi tidak terlalu banyak orang-orang yang tahu.

Meskipun mereka tidak dikenal karena kemampuan berbicara mereka, namun lagu mereka menyenangkan, lebih daripada banyak burung beo pendamping lainnya.

Semakin banyak lovebird yang kamu pelihara (dan sulit untuk membeli hanya satu) semakin ribut jadinya. Mereka berbondong-bondong saling bersautan bak di alam liar dan suka berbicara satu sama lain.

Kesehatan & Kondisi Umum Lovebird

Kesehatan & Kondisi Umum Lovebird
Kesehatan & Kondisi Umum Lovebird.

Lovebird rentan terhadap klamidiasis, melukai diri sendiri, serta kekurangan nutrisi yang berkaitan dengan diet yang tidak memadai, terutama jika diberi makan sebagian besar benih. maka, dengan memilih makanan burung lovebird yang sehat dan higenis bisa membantu dalam menambah imun dan kekebalan stamina buurng sejoli ini.

Cara Untuk Dapatkan Lovebird

Lovebird dan makanan burung lovebird sudah tersedia di sebagian besar toko hewan peliharaan, serta dari peternak burung. Biaya untuk membeli atau mengadopsi lovebird bervariasi. Di mana kamu membeli atau mengadopsi lovebird kamu dari, wilayah geografis dan kelangkaan yang berbeda serta mudah dan sulitnya penjinakan lovebird tersebut adalah merupakan beberapa faktor yang dapat mempengaruhi harga.

Meskipun harganya bervariasi, harganya biasanya lebih murah daripada spesies nuri yang besar atau yang langka. Pencarian internet secara acak menunjukkan harga mulai dari ±630.000 hingga ±2.800.000.

Apakah sejoli menjadi peliharaan yang baik? Hanya kamu yang bisa memutuskan. Pertimbangkan kebutuhan dan kepribadian burung untuk mengetahui apakah seekor burung lovebird cocok dengan kehidupan kamu.

Semoga bermanfaat dan bisa dibagikan ke semua teman sosmed mu, agar ilmu ini bisa berpahala jariyah.

Leave a Reply