Metode Pembelajaran

Kegiatan belajar mengajar tak akan berjalan maksimal jikalau metode pembelajarannya tidak tepat. kegiatan belajar mengajar di dalam kelas mungkin bagi sebagian orang terihat sederhana hanya sekedar transfer pengetahuan saja, namun disinilah letak kesulitannya. Diperlukan keterampilan dari seorang guru agar apa yang dijealaskan dapat diterima baik oleh para siswa.

Pengertian Metode Pembelajaran

Metode Pembelajaran
Pengertian Metode Pembelajaran

Menurut Abdurrahman Ginting metode pembelajaran adalah suatu cara atau pola yang khas dalam memanfaatkan berbagai prinsip dasar pendidikan disertai dengan berbagai teknik dan sumber terkait lainnya sehingga terjadilah proses pembelajaran pada diri siswa.

Sedangkan menurut Nana Sudjana metode pembelajaran adalah cara yang digunakan guru dalam mengadakan hubungan dengan siswa ketika dalam proses belajar mengajar.

Jadi dari pendapat para ahli tersebut dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran adalah suatu proses penyampaian materi pendidikan kepada peserta didik yang dilakukan secara sistematis dan teratur oleh guru.

Fungsi metode pembelajaran

Fungsi metode pembelajaran
Fungsi metode pembelajaran
  1. Sebagai alat motivasi ekstrinsik

Motivasi merupakan suatu dorogan yang berasal dari dalam diri manusia untuk melakukan sesuatu baik secara sadar maupun tidak sadar. Di dalam proses belajar motivasi ini sangat mutlak diperlukan. Suatu metode pembelajaran dapat berperan sebagai alat motivasi dari luar (ekstrinsik) kepada siswa.

Diharapkan dengan adanya motivasi tersebut, siswa mampu mengikuti proses belajar mengajar dengan baik.

  1. Sebagai sarana strategi pembelajaran

Setiap siswa memilili kemampuan intelektual yang berbeda-beda meskipun kelas tersebut diisi oleh siswa dengan kemampuan di atas rata-rata. Kemampuan intelektual ini sedikit banyak akan mempengaruhi kemampuan mereka ketika menyerap apa yang dijelaskan oleh guru.

Dengan menggunakan metode pembelajaran yang tepat diharapkan semua siswa di dalam kelas mampu menangkap dengan baik apa yang disampaikan oleh guru.

  1. Sebagai alat untuk mencapai tujuan

Metode pembelajaran ini berperan sebagai fasilitas pendidikan yang berfungsi untuk menyampaikan materi pelajatan kepada para siswa. Dapat dikatakan untuk mencapai tujuan pembelajaran maka diperlukan metode pembelajaran yang ideal.

Baca juga: Jenis dan macam variabel penelitian

Macam-macam Metode Pembelajaran

Macam-macam Metode Pembelajaran
Macam-macam Metode Pembelajaran

Sebagai guru wajib mengetahui metode pembelajaran apa yang efektif untuk digunakan. Berikut macam-macam metode pembelajaran yang bisa diterapkan.

  1. Metode ceramah

Metode ini merupakan metode pembelajaran konvensional yang mana prosesnya adalah dengan menyampaikan informasi secara lisan kepada siswa. Metode ceramah ini dianggap sebagai metode yang praktis namun banyak memiliki kekurangan di dalamnya.

Diantara kelebihannya adalah tenaga pengajar dapat mengendalikan kelas sepenuhnya, guru mampu mendorong siswa agar berusaha melatih fokus, proses pembelajaran menjadi lebih mudah dilakukan serta kegiatan belajar megajar dapat diikuti banyak siswa.

Sementara itu, kekurangannya adalah para siswa menjadi lebih pasif karena hanya mendengarkan, kegiatan belajar mengajar lebih membosankan, dan proses pengajaran lebih fokus pada pengertian kiata-kata saja.

  1. Metode pembelajaran diskusi

Metode ini merupakan suatu metode pengajaran yang mengedepankan aktivitas diskusi siswa dalam belajar memecahkan masalah. Metode ini dilakukan dengan membentuk kelompok diskusi untuk membahas suatu masalah.

Kelebihan dari metode ini adalah mendorong siswa untuk berpikir kreatif, mendorong siswa aktif menyampaikan pendapat dan melatih siswa tentang toleransi dan menghargai pendapat orang lain.

Sedangkan kekurangannya adalah kelas cenderung didominasi oleh siswa yang suka berbicara, diperlukan cara formal ketika menyampaikan pendapat, dan tema diskusi biasanya terbatas.

Baca juga: Teknik analisis data

  1. Metode ceramah plus

Hampir mirip dengan metode ceramah namun pada metode ini disertai dengan metode lain ketika menyampaikan materi contohnya metode ceramah plus tanya jawab, metode ceramah plus diskusi dan tugas, serta masih banyak lagi kombinasi lainnya.

  1. Metode karya wisata

Metode ini merupakan metode pembelajaran dengan memanfaatkan lingkungan atau tempat tertentu yang dinilai memiliki sumber ilmu bagi siswa. Metode ini harus mendapat pengawasan langsung dari guru.

Kelebihan dari metode ini adalah memanfaatkan interaksi langsung dengan lingkungan alam, kegiatan pengajaran lebih menyenangkan dan menarik, serta merangsang siswa untuk lebih kreatif dalam berpikir.

Sedangkan untuk kekurangannya adalah metode ini membutuhkan biaya yang cukup besar, kegiatan harus direncanakan dengan matang, harus melalui persetujuan dari banyak pihak terlebih kepala sekolah.

Faktor keselamatan menjadi hal yang harus diperhatikan dan banyak siswa yang megutamakan tujuan rekreasi ketimbang tujuan pembelajaran.

  1. Metode skrip kooperatif

Metode ini merupakan metode pembelajaran yang menuntut siswa untuk menyampaikan intisari dari materi secara lisan. Kemudian pada akhir sesi belajar guru akan memberikan kesimpulan dari pokok materi pelajaran.

Kelebihan dari metode ini adalah melatih siswa untuk mendengarkan, menyimpulkan, dan menyampaikan intisari dari materi, melatih siswa untuk berani dan percaya diri di dalam kelas, dan siswa menjadi lebih aktif ketika berpartisipasi secara keseluruhan.

Kekurangan dari metode ini diantaranya adalah metode ini hanya mampu diteraokan pada bidang studi tertentu, dan hanya bisa dilakukan oleh dua grup atau dua orang berpasangan.

  1. Metode pembelajaran discovery

Metode ini merupakan metode pembelajaran yang dilakukan dengan cara mengembangkan cara belajar siswa aktif, mandiri, dan memiliki pemahaman yang lebih baik. Dalam hal ini, siswa dituntut mampu mencari jawaban terhadap pertanyaannya sendiri sehingga daya ingatnya menjadi lebih baik.

Kelebihan diterapkannya metode ini adalah kemampuan kognitif siswa akan berkembang, ssiwa dapat berpikir secara lebih luas dan mandiri, meningkatkan motivasi dan rasa percaya diri siswa melalui penemuan yang dilakukan, serta meningkatkan hubungan timbal-balik antara siswa dan guru.

Sedangkan kekurangannya adalah metode ini hanya cocok digunakan untuk kelas kecil, siswa harus memiliki persiapan mental ketika proses belajar, siswa lebih memperdulikan penemuannya ketimbang memperhatikan keterampilan dan sikap serta tidak semua penemuan dapat memecahkan masalah.

Pelajari juga: Kerangka berpikir

  1. Metode berbagai peran

Metode ini merupakan metode pembelajaran dengan cara berbagi peran (role playing) dengan melibatkan siswa untuk memerankan suatu karakter atau situasi tertentu. Metode ini dinilai mampu untuk melatih komunikasi siswa ketika berinteraksi dengan orang lain.

Kelebihan dari metode ini adalah siswa mampu mempraktekkan materi pelajaran secara langsung, melatih rasa percaya diri siswa dengan melakukan peran tertentu di depan kelas, dan siswa menjadi lebih paham akan materi pelajaran.

Sedangkan kekurangan dari metode ini diantaranya adalah sebagian siswa tidak menyukai metode seperti ini dan siswa yang introvert umumnya sulit untuk mengikuti metode ini.

Kurikulum 2013 terbaru yang diterapkan kini menuntut siswa untuk aktif baik di dalam kelas maupun di luar kelas.

Untuk itu diperlukan suatu metode pembelajaran yang sesuai dengan kurikulum tanpa mengesampingkan kemampuan siswa ketika menyerap penjelasan guru.

Pada dasarnya tujuan utama adanya metode pembelajaran ini adalah untuk membantu mengembangkan kemampuan siswa secara individu sehingga mampu memecahkan masalah yang dihadapi ketika proses belajar mengajar.

Baca juga: Bagaimana Cara Pendekatan pembelajaran yang efektif

Selain itu, dengan menerapkan metode pembelajaran yang tepat diharapkan proses pembelajaran kedepannya dapat berjalan dengan suasana yang menyenangkan dan penuh motivasi sehingga materi pelajaran lebih mudah ditangkap dan dimengerti oleh semua siswa.

 

Leave a Reply