PHP – Pemuda Hijrah Ponorogo

PHP (Pemuda Hijrah Ponorogo) – Berangkat di jaman modern ini dengan serba teknologi dan pergaulan kekinian, banyak bermunculan komunitas komunitas anak muda yang lagi hits di jaman millenials seperti sekarang ini.

berbagai komunitas yang ada di pinggiran kota besar seperti di kota Bandung dengan anak mudanya yang bersinergi aktif kajian Shift dengan Jargonnya Banyak Main Banyak Manfaat  yang dipelopori oleh Ustadz Hanan Attaki bisa disebut UHA nama eksisnya.

komunitas tersebut banyak mengundang perhatian dan ingin gabung para pemuda pemudi yang melihatnya.

beberapa kota pun tak kalah dengan gerakan pemudanya yang aktif dan kreatif.

di Jawa Timur letaknya di kota Ponorogo, kita jumpai komunitas yang tak jauh besar dan tenar yaitu Pemuda Hijrah Ponorogo. berbagai background muda mudi di dalamnya yang ikut andil dan menarik partisipan dalam mengikuti kegiatan kegiatan rutin PHP komunitas tersebut.

 

Sejarah Berdirinya

saya ga sabar ingin ceritain waktu dulu bisa ikut PHP ini. tapi ini dulu deh, tak ceritain sejarahnya. oke!

saya kenalan sama Bang Adi nama beken nya. dia promotor plus founder PHP dengan sahabat karibnya juga ya alhamdulillah tak lama saya nyebur ke komunitas ini bisa akrab sama Mas Adam, dan beliau ini adalah sahabat dengan Mas Hanif dulu jaman SD hingga sekarang menjadi satu rekan bisnis freelance nya. dan saya kebetulan satu divisi di lain organisasi ini.

dengan kedekatan mereka bertiga yang saling terikat, maka pada suatu momen, ketika 3 kawan ini duduk di serambi masjid setelah sholat, berpikiran untuk mencoba bagaimana keberlangsungan dakwah PHP ini tidak hanya di sosmed saja, tapi dapat di aplikasikan di dunia nyata.

iya bener banget, dulu PHP ini hanya sering aktif di Instagram aja (ngeposting poster poster quote dakwah gitu). Setelah konferensi kecil kecilan itu menghasilkan gagasan bahwa harus dimulainya dakwah muda mudi berbentuk tongkrongan dan safari masjid.

di dalam struktur perdana mereka yaitu Bang Adi sebagai Ketua dan Mas Akid sebagai sekretaris (mas akid itu temen akrabnya mas adi di kampus), mereka berdua mencari kawan dan link networking untuk bekerjasama dengan menggelar project – project PHP.

hingga pada akhirnya berjalanlah project kajian PHP perdana dengan istilah Ngopi dengan model Ngaji yang digelar di tempat tempat khalayak umum dan itu di Masjid Agung Ponorogo. dengan personil jamaah 7 orang, alhamdulillah:’

dan ini perkembangan PHP sekarang. 

 

Ikut PHP Karna ini,

inilah yang ingin saya sampaikan di awal sejarah tadi,
kamu pernah di posisi dimana kamu jenuh dengan sekitar kamu? baik lingkungan? maupun teman? dan itu yang saya rasakan juga waktu memutuskan ikut komunitas kece ini.

merasa masa mudamu sia sia?
bener bgt, saya menilai hidup saya ini bak air menyerupai tempat wadahnya. ngalir aja gitu,tapi tak seirama dengan hati. Pergaulan yang tak sahabat dengan hati dan merasa asing di kawasan pergaulan itu.

kamu pernah merasa ibadahmu tak berkontribusi apa apa?
tepat sekali kamu ananda. disaat itu lah saya merasa ingin berlari kencang bayangan di kejar anjing gila. kamu melihat bagaimana frustasi dikala itu.

apa pendapatmu pergaulan anak jaman sekarang?

kamu bilang hari ini kalo ga pacaran, kalo ga malmingan akan sipi hidup? saudaraku :”( (miris, sedih bgt) dan kamu merasa pegangan tangan dengan bukan mahram itu dah biasa?,

Ampuni kami ya Robbi!

dan terakhir,.

apakah kamu pernah ngopi, nongkrong bareng?

mustahil tidak. bagaimana aku bisa menolak untuk bertemu teman teman karib bercengkrama, bersapa kabar ria dengan penuh cinta dan duka, tapi kita pasti sedih waktu obrolan mengarah menggunjing orang lain, ngobrolin kejelekan teman lain, hingga tak terasa satu contong rokok tinggal kertas sampah yang awalnya full segelan.

masih betah awakmu:”)

Millennials Dilarang Diam Berpangku Tangan

 

friendship is determinded of you

bukan maksud memaksa untuk bergabung dalam komunitas semacam ini. banyak juga komunitas yang isinya anak anak muda yang semangat mencoba kembali pada hakikat keinginan hati.

fitrah hati manusia itu adalah melakukan kebaikan lo (kebaikan menurut gusti Allah pastinya).

jadi, pengalaman saya setelah bergabung dengan komunitas yang menurut saya TOP BGT ini, sangat memberikan energi positif dan dampak hebat ke dalam pola hidup saya. Usia muda yang notabenenya mencari jati diri tanpa pondasi itu seperti singa lapar dilepas dari kandang nya. (POKOKE LOSS!, kan serem).

DAn sekarang saya sangat bahagia dengan temen yang saling mengingatkan untuk mendekat kepada Pemberi kebahagiaan, Sang Kholiq Allah Swt

 

beberapa hal yang saya kudu ngerti di usia muda ini,

  1. Mulailah untuk berpikir “aku sudah melakukan apa hari ini?”.  dengan itu kan terenyang mau apa hari ini. seenggaknya meringankan pekerjaan rumah (nyapu, ngepel dll). 
  2. Saya mencoba tuk menyemangati diri dengan melihat temen temen yang sukses (punya karya, alhamdulillah dpt uang sendiri) sebagai motivasi diri. ini fase berat, karena dominan orang akan iri, dan nyinyir (dalam hati biasanya), tapi semoga saja kalian lebih semangat lagi berkarya, cuss! 
  3. Ingat! siapa bapak atau ibu kamu tidak menjamin kamu sukses, melainkan ikhtiar kerja keras kamu menuju sukses. 

(nasehat untuk saya khususnya buat kamu smua umumnya)

 

Output Ikut Komunitas Positif

trus kamu jadi apa setelah ikut PHP? (sorakan netizen bijak)

to de point aja wes.

  1. saya merasa punya mimpi untuk mempunyai bisnis besar yaitu yatim preneur, dan insyaaAllah akan saya wujudkan.
    kok jadi gitu? kamu bertanya tanyakan? benar saja, dengan berkumpul dengan anak anak muda yang berbagai background dan mayoritas anak bisnis, auto termotivasi untuk jadi lebih baik. 
  2. ngopi itu kalo penting aja. mindset praktis ini bisa kamu terapkan. iya, secuil waktu yang kamu sia -siakan percayalah diluar sana semakin berlahiran pemuda sukses seusiamu. apa hanya mau jadi penonton saja? tidakkan,.
  3. ilmu baru nih, kata pak ustadz sifat orang muslim itu meniggalkan apa yang tidak bermanfaat baginya. (don’t waste u your time!)

dan masih buanyak lagi revolusi hidup yang ingin saya gapai, doakan ya, hehe.

barokallah lakum.

 

Dalilnya nih

 

  • يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اتَّقُوا اللَّهَ وَكُونُوا مَعَ الصَّادِقِينَ
    Wahai orang-orang yang beriman! Bertakwalah kepada Allâh, dan hendaklah kamu bersama orang-orang yang benar (jujur).” [At-Taubah/9:119] Read more https://almanhaj.or.id/6786-berkawan-dengan-orang-shalih.html
  • Ibrâhim al-Khawwâsh rahimahullah berkata:دَوَاءُ الْقَلْبِ خَمْسَةُ أَشْيَاءَ: قِرَاءَةُ الْقُرْآنِ بِالتَّدَبُّرِ، وَخَلَاءُ الْبَطْنِ، وَقِيَامُ اللَّيْلِ، وَالتَّضَرُّعُ عِنْدَ السَّحَرِ، وَمُجَالَسَةُ الصَّالِحِيْنَ

    Penawar hati itu ada lima : membaca al-Qur’an dengan tadabbur (perenungan), kosongnya perut (dengan puasa-pen), qiyâmul lail (shalat malam), berdoa di waktu sahar (waktu akhir malam sebelum Shubuh), dan duduk bersama orang-orang shalih”.
    Read more https://almanhaj.or.id/6786-berkawan-dengan-orang-shalih.html

  • “Tidak ada pertemanan yang merupakan sebuah kecelakaan.”― O. Henry, Heart of the West

Leave a Reply