Rumus Balok Lengkap

Pada artikel kali ini, kita akan membahas tentang rumus balok beserta dengan jenis balok dan sifat-sifatnya. Balok tidak hanya tergolong ke dalam bangun ruang, namun juga bisa digunakan sebagai diagram. Contohnya adalah balok skdn, balok ini merupakan diagram yang digunakan dalam kegiatan posyandu. Diagram ini untuk menentukan pencapaian dan laporan data di dalam posyandu.

Ada juga balok beton dan balok gantung. Balok jenis ini digunakan dalam dunia pembangunan dan struktur suatu rumah atau gedung. Jadi, pengertian balok sebenarnya sangat luas, namun disini kita hanya akan membahas tentang balok yang merupakan suatu bangun ruang dalam dunia matematika.

Mari kita mulai dari pengertiannya terlebih dahulu.

1. Pengertian Balok

Pengertian Balok
Pengertian Balok

Balok adalah bangun ruang 3 dimensi yang memiliki 3 pasang sisi berhadapan dengan panajng yang sama, serta memiliki bentuk persegi panjang. Diantara 3 pasang sisi ini, paling tidak ada satu diantaranya yang memiliki ukuran berbeda. Balok dan kubus merupakan dua bangun ruang yang berbeda. Sedangkan, kubus seluruh panjang sisinya adalah sama. Balok memiliki 6 sisi, 12 rusuk dan 8 titik sudut. 12 rusuk balok dapat dianggap sebagai rusuk panjang, rusuk lebar, serta rusuk tinggi tergantung pada sudut pengamatnya.

Sedangkan, 4 rusuk yang sama panajng disebut dengan rusuk tinggi. Jika, ke 12 rusuk ini sama panjangnya, maka bangun ruang tersebut dinamakan kubus. Dan kubus merupakan bangun ruang yang istimewa karena semua ukuran rusuknya adalah sama panjang.

2. Sifat-sifat Balok

Sifat-sifat Balok
Sifat-sifat Balok

Sama seperti bangun datar maupun bangun ruang yang lain, balok memiliki sifat dan ciri khusu tersendiri. Ciri ini bertujuan agar kita lebih memahami bagian-bagian dari balok. Sehingga operasional
– Masing-masing sisi balok memiliki bentuk persegi panjang.
– Rusuk yang sejajar memiliki ukuran yang sama panjang.
– Setiap diagonal bidang pada sisi yang berhadapan memiliki ukuran yang sama panjang.
– Tak hanya sisinya, tiap bidang diagonal balok juga memiliki bentuk persegi panjang.

3. Unsur-unsur Balok

Unsur-unsur Balok
Unsur-unsur Balok

• Sisi atau bidang = bidang yang membatasi suatu balok. Balok memiliki 6 sisi yaitu sisi atas, bawah, depan, belakang, samping kiri dan samping kanan. Juga memiliki 3 pasang sisi yang saling berhadapan
• Rusuk = sama seperti kubus, balok tentu saja memiliki 12 rusuk.
• Titik sudut = balok memiliki 8 titik sudut dan memiliki istilah diagonal bidang, diagonal ruang dan bidang diagonal.
• Diagonal bidang atau diagonal sisi
= ruas garis yang melintang antara dua titik sudut yang saling berhadapan pada satu bidang dinamakan diagonal bidang.
• Diagonal ruang = ruas garis yang menghubungkan dua titik sudut yang saling berhadapan di dalam suatu bangun ruang, sama dengan kubus, balok memiliki 4 diagonal ruang.
• Bidang diagonal = terbentuk dari gabungan 2 buah bidang diagonal yang sejajar beserta dengan dua buah rusuk balok yang sejajar. Balok juga memiliki 4 bidang diagonal seperti kubus.

4. Rumus Keliling Balok

Rumus Keliling Balok
Rumus Keliling Balok

Meskipun, balok adalah bangun ruang, kita tetap bisa mencari besar kelilingnya. Rumus keliling balok akan lebih rumit dari pada keliling bangun datar persegi panjang. Karena kita harus menghitung sisi-sisinya yang lebih banyak. Berikut adalah rumus keliling balok :

• Keliling (Kll) = 4 ( p + l + t)

Pertama, jumlahkan terlebih dahulu panjang, lebar dan tinggi dari balok tersebut. Kemudian kalikan dengan 4. Pada bangun ruang balok, kita juga harus menghitung tingginya. Tidak sama seperti pada bangun datar persegi panjang biasa yang hanya memiliki panjang dan lebar saja. Mengapa dikalikan dengan 4? Karena jumlah sisi yang berbentuk persegi panjang berjumlah 4 buah.

Sehingga kita harus menghitung seluruhnya agar, bisa mengetahui berapa besar keliling dari suatu balok.

5. Rumus Luas Permukaan Balok

Rumus Luas Permukaan Balok
Rumus Luas Permukaan Balok

Kali ini, kita akan membahas luas permukaan balok. Jika keliling hanya menghitung 4 sisi persegi panjangnya saja, maka luas permukaan juga menghitung sisi atas dan bawahnya. Balok memang termasuk ke dalam jenis bangun ruang prisma, oleh karena itu ia memiliki sisi atas dan bawah yang ukurannya sama. Berikut adalah rumus luas permukaan balok :

• Luas (L) = 2 (p x l + p x t + l x t)

Luas permukaan ini bisa didapatkan melalui mengkalikan panjang dengan lebar, panjang dengan tinggi dan lebar dengan tinggi. Kemudian hasil dari ketiga perkalian tersebut dijumlahkan, dan dikalikan 2. Luas permukaan berarti kita harus mengkalikan seluruh unsur berupa panjang, lebar dan juga tinggi pada balok.

6. Rumus Volume Balok

Rumus Volume Balok
Rumus Volume Balok

Volume merupakan muatan atau isi dari suatu bangun ruang. Untuk menghitung volume dari balok tidaklah sulit. Operasional perkaliannya hanya sedikit dan sederhana. Berikut adalah rumus volume balok :

• Volume (V) = p x l x t

Untuk mencari volumenya kita hanya perlu mengkalikan tiga unsur , yaitu panjang, lebar dan tinggi balok. Hasil dari perkalian tersebut merupakan besar dari volume balok.

7. Contoh Soal Rumus Balok

Contoh Soal Rumus Balok
Contoh Soal Rumus Balok

• Keliling Balok

1. Diketahui bangun ruang balok memiliki ukuran panjang 500 cm, lebar 5 cm dan tinggi balok adalah 10 cm. Hitunglah keliling balok tersebut!

Jawab : Keliling (Kll) = 4 (p+l+t)
= 4 (500 + 5 + 10) = 2060 cm

Jadi, besar kelilingnya adalah 2060 cm. Setelah panjang lebar dan tingginya dijumlahkan lalu kalikan dengan 4, maka hasilnya adalah keliling dari balok tersebut. Mudah bukan?

• Luas Permukaan Balok

1. Diketahui sebuah balok mempunyai panjang 30 cm, lebar 12 cm, dan tinggi 10 cm. Maka tentukan luas permukaan dari balok tersebut!

Jawab : Luas (L) = 2 (p x l + p x t + l x t)
= 2 (30 x 12 + 30 x 10 + 12 x 10)
= 2 (780) = 1560 cm2

Jadi, luas permukaannya adalah 1560 cm2. Merupakan hasil penjumalahan dari perkalian panjang dengan lebar, panjang dengan tinggi dan lebar dengan tinggi kemudian dikalikan 2. Hasil operasional tersebut adalah besar luas permukaan baloknya.

• Volume Balok

1. Sebuah bangun ruang balok dengan panjang 15 cm, lebar 8 cm dan tinggi 6 cm, maka tentukan besar volume dari balok tersebut!

Jawab : Volume (V) = rumus luas alas x t
= 15 x 8 x 6 = 720 cm3

Sehingga, besar volumenya adalah 720 cm3. Rumus volume adalah yang paling mudah karena kita hanya perlu mengkalikan panajng dengan lebar dan dengan tingginya.

Demikianlah, pengertian, jenis, sifat serta rumus-rumus bangun ruang balok yang mudah, cepat dan sederhana. Dengan rumus balok diatas kita bisa dengan mudah mencari keliling, luas maupun volume suatu balok baik dalam soal dunia matematika maupun dalam kehidupan sehari-hari.

Selain itu, balok juga memiliki rumus diagonal ruang, namun rumus ini termasuk kedalam phytagoras balok. Ingat, balok dan persegi panjang adalah bangun yang berbeda, sehingga berhati-hatilah dalam memahami suatu soal.

Leave a Reply