Rumus Excel Terlengkap

Excel adalah salah satu software yang memiliki banyak sekali manfaat untuk segala jenis pekerjaan. Khususnya untuk segala hal yang berhubungan dengan angka. Software ini adalah aplikasi berbasis spreadsheet yang di dalamnya terdapat beragam fitur menarik dan rumus excel yang bisa diaplikasikan.

Pengertian Program Excel Yang Sering Digunakan

Excel adalah program berbasis spreadsheet yang dikembangkan oleh sistem operasi Micrososft Windows, iOS, Mac OS X. Fitur menarik yang akan membuat tugas semakin sempurna adalah seperti grafik, tabel, hingga berbagai macam rumus serta kalkulasi yang akan membantu pekerjaan rumit menjadi lebih sederhana. Excel ini dapat digunakan untuk membantu pekerjaan lengkap dalam berbagai bidang seperti:

Fungsi Rumus Excel dalam Berbagai Bidang Kerjaan

Rumus perhitungan yang ada di excel pastinya adalah hal yang istimewa di mana dapat digunakan dalam membantu segala jenis kerjaan Anda. Excel ini juga identic dengen beberapa bidang seperti yang ada di bawah ini:

  • Bidang akuntansi

Penggunaan excel pastinya tak akan lepas dari bidang akuntansi di mana biasanya dengan excel ini akan menghitng seberapa besar laba atau pun rugi yang didapatkan dalam kurun waktu tertentu. Excel ini juga bisa digunakan untuk menghitung gaji yang ada pada karyawan, atau pun supply kebutuhan barang.

  • Kalkulasi matematika

Bagi Anda yang mungkin sedang berhubungan dengan data, maka excel ini menjadi hal yang penting karena nantinya dengan excel dapat digunakan untuk mencari data, melakukan berbagai macam fungsinya seperti perkalian, pembagian, penjumlahan, atau bahkan pengurangan dan juga berbagai macam variasi perhitungan yang lainnya.

Penggunaan Rumus Excel Mudahkan Segala Kerjaan

  • Pengelolaan data

Excel juga menjadi program favorit untuk pengolahan data. Di mana dalam excel ini bisa digunakan untuk mencari nilai rata-rata, nilai tengah suatu data, nilai maksimum atau bahkan nilai minimum yang ada pada suatu data. Pastinya, penggunaanya akan menyederhanakan sekelumit data yang rumit menjadi sederhana.

  • Pembuatan grafik

Salah satu fungsinya excel yang tak bisa diragukan lagi adalah dapat dijadikan sebagai program untuk membuat grafik. Grafik yang bisa didapatkan ini juga beragam mulai dari grafik yang paling sederhana hingga grafik yang rumit sekalipun.

Penggunaan excel ini juga akan membuat variasi grafik yang bergaam karena grafiknya terdiri atas batang, chart, atau pun garis biasa. Sehingga, Anda bisa menyesuaikan hal tersebut seperti kebutuhan grafik Anda.

  • Operasi tabel

Fungsi excel yang lainnya adalah dapat menyelesaikan operasi tabel. Seperti yang kita tahu jika excel ini memiliki jumlah baris dan juga kolom yang sangat banyak. Sehingga, seberapa pun data yang Anda miliki akan dapat diselesaikan dengan segera dan juga secepatnya.

Saat akan menjalankan beragam fungsinya excel, maka Anda harus mengetahui terlebih dahulu bagaimana belajar rumus excel yang tersedia. Penggunaan rumus ini akan selalu digunakan dalam beragam kebutuhan Anda.

Rumus Excel Paling Berguna

Berbicara mengenai kumpulan rumus, pastinya ada beberapa hal yang harus diketahui sebagai dasar excel dalam perhitungan. Hal ini tak hanya digunakan dalam perhitungan yang sederhana saja namun juga berlaku untuk perhitungan yang rumit karena harus didasari oleh macam macam rumus excel ini.

1. SUM

Rumus yang paling seriing digunakan adalah SUM. Fungsi utama dari penggunaan rumus ini adalah untuk menjumlahkan segala data Anda. Contohnya adalah untuk penggunaan =SUM (B15:B35). Penjumlahan ini memiliki arti jika akan menjumlahkan semua data yang ada pada kolom B15 hingga kolom B36.

2. Average

Rumus yang selanjutnya yang sering digunakan adalah average. Rumus ini berfungsi untuk mendapatkan nilai rata-rata dari suatu variable. Contohnya saja adalah =AVERAGE(B7:F7) yang berrati untuk mnedapatkan nilai rata-rata dari data B7 hingga ke E7.

3. AND

Fungsi selanjutnya yang sering digunakan adalah AND di mana memiliki fungsinya untuk menilai argument. Jika yang dinilai benar maka jawabannya adalah TRUE, sedangkan jika nilainya salah maka FALSE.

Contoh penggunaan rumus ini adalah: peserta dalam sebuah ujian akan dinyatakan lulus jika memiliki nilai di atas 7. Jika nilainya di bawah 7, maka dinyatakan gagal atau false.

4. NOT

Fungsi yang satu ini merupakan kebalikan dari fungsi AND. Fungsi ini akan mengahsilkan argument TRUE jika kondisinya salah begitu pula sebaliknya akan menghasilkan nilai FALSE jika yang diuji kondisinya benar.

5. OR

Fungsi yang selanjutnya adalah OR di mana akan menghasilkan benar atau TRUE jika ada beberapa argument bernilai benar dan akan menjadi FALSE jika segala argument bernilai salah.

Rumus Excel Yang Berhubungan Dengan Fungsi IF

Selain fungsi rumus dasar excel, ada juga beberapa rumus yang berhubungan dengan fungsi IF. Fungsi ini akan berhubungan dengan sebuah kondisi yang ada dan kasus yang ada.

  • SINGLE IF

Fungsi dari single if ini adalah untuk menguji adanya kebenaran dari sebuah kondisi.

  • MULTI IF

Fungsi selanjutnya yang masih berhubungan dengan kondisi adalah MULTI IF di mana memiliki fungsi yang hampir sama dengan SINGLE IF namun kondisi yang ada ini berjumlah dua buah macam.

Fungsi Rumus Excel dengan Kegunaan Tertentu

  • AREAS

Fungsi selanjutnya yang sering digunakan dalam fungsi excel adalah AREAS. Fungsi ini adalah untuk dapat menampilkan jumlah area baik itu range atau pun sel dalam sebuah referensi. Referensi yang dimaksudkan di sini adalah untuk alamat sel atau pun range yang telah disebutkan.

  • CHOOSE

Fungsi ini akan menampilkan hasil dari berbagai macam pilihan berdasarkan nomor indeks yang ada pada sebuah referensi atau nilai yang telah berisi data teks, formula, nama range, atau pun numeric yang ada.

Fungsi Rumus Excel untuk Pengurutan Data

Berikut rumus dalam excel untuk memudahkan Anda dalam pengurutan data di Excel:

HLOOKUP

Fungsi yang satu ini terbilang biasa digunakan dalam excel di mana berfungsi untuk menampilkan data dari tabel yang telah disusun dengan format mendatar. Saat akan menyusun tabel, ada beberapa persayaratan yang harus dikerjakan yaitu syarat penyusunan tabel di mana untuk baris pertama harus diurut berdasarkan urutan dari kecil hingga besar atau dengan urutan menaik.

Urutan yang digunakan ini adalah A-Z. jika selama ini Anda telah menuliskan secara tidak acak, maka urutkan terlebih dahulu datanya menggunakan urutan ascending.

VLOOKUP

Fungsi dari rumus Microsoft excel ini adalah untuk dapat menampilkan data dari tabel yang disusun secara vertical atau tegak. Sayarat penyusunan data ini kebalikannya dari HLOOKUP di mana data akan disusun dari urutan kecil ke besat atau menu DESCENDING.

Fungsi Rumus Excel untuk Keperluan Tertentu

Excel tak hanya berfungsi untuk mendapatkan rumus angka saja karena ada beberapa fungsi tertentu yang bisa digunakan seperti untuk mendapatlan nilai tahun, bulan, atau bahkan tanggal. Excel juga didukung oleh beberapa fungsi seperti pengubahan huruf teks menjadi besar atau kecil, besar semua atau sebaliknya. Penggunaan excel ini harus diketahui dari dasarnya yaitu rumus micrososft excel.

 

  • Leave a Reply

%d bloggers like this: