Rumus Tabung

Tabung termasuk kedalam jenis bangun ruang tiga dimensi, yang pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang keseluruhan yang berhubungan dengan tabung. Mulai dari pengertian, sifat, unsur hingga rumus tabung dasar yang mudah sekali dipelajari, seperti rumus volume tabung, luas permukaan tabung, keliling, hingga rumus luas selimutnya.

Selain itu, tidak hanya tabung, kita juga sedikit akan membahas tentang kerucut.

Karena tabung dan kerucut merupakan bangun ruang yang hampir sama, hanya saja kerucut tidak memiliki atap lingkaran sebab ujungnya mengerucut. Kita akan mulai membahas tentang pengertian tabung terlebih dahulu :

Pengertian Tabung

Tabung atau biasa juga disebut dengan silinder merupakan bangun ruang 3 dimensi yang dibentuk oleh dua buah lingkaran identik yang sejajar. Dan, sebuah persegi panjang yang mengelilingi kedua lingkaran tersebut. Tabung ini memiliki 3 sisi dan 2 rusuk. 3 sisi yang dimaksud pada tabung adalah alas, tutup serta selimut tabung.

Tabung juga digolongkan sebagai bangun ruang prisma, hanya saja sama seperti balok dan kubus, tabung memiliki namanya sendiri. Setelah memahami pengertian tabung, mari kita lanjutkan ke bagian sifat-sifatnya.

Sifat-sifat Tabung

Tentu saja, tabung memiliki sifat-sifat tertentu. Sifat ini adalah sebagai pembeda dengan bangun ruang yang lainnya. Simak penjelasannya dibawah ini :

  • Tabung sama seperti lingkaran, tidak memiliki sudut.
  • Memiliki 3 sisi yaitu alas, atap dan selimut tabung.
  • Memiliki bentuk alas dan atap berupa lingkaran yang sama besar dan sejajar.
  • Hanya memiliki 2 rusuk yang mengelilingi alas serta atapnya.
  • Rusuk pada tabung tidak digunakan sebagai tingginya, namun disebut dengan garis pelukis
  • Sedangkan, untuk mencari tinggi tabung bisa ditentukan melalui garis lurus yangditarik dari titik pusat atapnya menuju ke titik pusat alas tabung.

 

Unsur-unsur Tabung

Tabung selain memiliki sifat, tentu saja memiliki unsur-unsur tersendiri. Ada sekitar 6 unsur tabung yang wajib kita ketahui. Karena unsur ini ada kaitannya dengan rumus-rumus tabung yang nanti jug akan kita pelajari.

  • Sisi alas = Tabung memiliki 2 alas yang bentuknya sama, sisi atas yang berupa lingkaran dengan titik pusat P1, dan sisi bawah/alas yang memiliki titik pusat P2.
  • Selimut tabung = bagian lengkung tabung yang menutupi alas dan atapnya (sisi yang tidak disaster).
  • Tinggi tabung = panjang ruas garis yang ditarik dari P1 menuju P2.
  • Jari-jari lingkaran alas = jari-jari pada lingkaran yang merupakan alas dan atap tabung.
  • Diameter lingkaran alas = diameter pada lingkaran yang merupakan alas dan atap tabung.
  • Pusat lingkaran dari sebuah tabung = titik pusat lingkaran yang menjadi alas dan atap tabung. Titik pusat ini bisa disebut dengan P1 dan P2.

Itulah unsur-unsur pada tabung. Nantinya, komponen unsur ini akan kita gunakan dalam mengerjakan rumus luas selimut, luas permukaan, serta volume tabung.

Jenis-jenis Tabung

Tabung juga memiliki jenis-jenis. Karena jenis tabung hanya ada dua, maka kita akan membahasnya dengan singkat dan padat.

  • Tabung tertutup = yaitu tabung yang seluruh sisinya tertutup. Atau dengan kata lain tabung jenis ini memiliki alas dan atap secara
  • Tabung terbuka = yaitu tabung yang salah satu sisinya terbuka atau tanpa tutup. Bisa alasnya yang terbuka, atapnya, atau bahkan keduanya.

Itulah 2 jenis tabung yang wajib kita ketahui. Tabung tertutup dan terbuka ini juga memiliki rumusnya masing-masing.

Rumus Keliling dan Luas Tabung

Rumus tabung yang akan kita bahas kali ini adalah keliling dan luasnya terlebih dahulu. Ada 3 rumus luas yang bisa kita pelajari dalam pembahasan kali ini yaitu, rumus luas selimut, rumus luas permukaan tanpa tutup dan rumus luas permukaannya. Mari kita mulai dengan menentukan kelilingnya terlebih dulu.

  • Keliling Tabung

Keliling (Kll) = 2 (p + t)

Jadi, untuk mencari keliling tabung, mudah saja kita hanya perlu menjumlahkan panjang dan tingginya, yang pada soal kebanyakan sudah diketahui. Setelah menjumlahkan, lalu kalikan hasil perjumlahan itu dengan 2. Hasil dari operasi hitungan tersebut merupakan keliling tabung.

  • Rumus Luas Selimut Tabung

Luas selimut (L) = keliling alas x tinggi tabung = 2

Jadi, untuk mencari luas selimut tabung, kita hanya perlu mengkalikan keliling alas yang berupa lingkaran dengan tinggi dari tabungnya. Hasil dari operasional hitungan tersebut merupakan luas selimut tabung.

  • Rumus luas permukaan tanpa tutup

Luas (L) =  + 2  =

Tabung tanpa tutup memang memiliki rumusnya sendiri. Untuk mencari luas permukaannya kita bisa menggunakan rumus diatas.

  • Rumus Luas Permukaan Tabung

Luas (L) = 2  = 2

Itulah, rumus tabung bagian keliling dan luas permukaan. Selanjutnya kita akan membahas volume tabung dan contoh soalnya.

 

Rumus Volume Tabung

Nah, kali ini kita akan membahas tentang volume tabung. Volume bisa diartikan dengan isi atau muatan suatu bangun ruang. Untuk menghitung volume tabung kita memerlukan komponen unsur-unsur yang ada diatas, sehingga kita memang perlu memahami dan menguasai hal tersebut.

  • Volume Tabung

Volume (V) =  x t atau

Terdapat dua rumus volume tabung yang bisa kita terapkan. Namun, lebih mudah jika kita menggunakan rumus yang pertama saja, karena tidak terlalu banyak perhitungannya. Kita hanya perlu mengkalikan (phi) dengan jari-jari kuadrat lalu dikali tinggi. Jika menggunakan rumus kedua kita harus mengkalikan (phi) dengan diameter kuadrat yang pastinya 2 kali lipat jari-jari, lalu dikalikan dengan tinggi dan dibagi empat. Terlihat lebih rumit bukan?

Maka, volume tabung bisa menggunakan rumus yang pertama.

Contoh Soal Rumus Tabung

  • Keliling Tabung
  1. Sebuah gelas berbentuk tabung yang mempunyai panjang 4,71 cm, dan memiliki tinggi 3,5 cm. Hitunglah keliling dari gelas berbentuk tabung tersebut!

Jawab : Keliling (Kll) = 2 ( p + t )

= 2 ( 4,71 + 3,5) = 16,42 cm

Jadi, kelilingnya adalah 16,42 cm. Karena setelah panjang dan tingginya dijumlahkan, kemudian dikalikan 2.

 

  • Luas Selimut Tabung
  1. Suatu tabung memiliki jari-jari alasnya 7 cm, dan tingginya 20 cm. Hitunglah luas selimut tabung tersebut!

Jawab : Luas (L) = 2 = 2 x  = 880 cm2.

Jadi, luas selimut tabungnya adalah 880 cm2. Untuk (phi) tidak harus menggunakan 22/7, kita juga bisa menggunakan angka 3,14 tergantung dengan berapa ukuran jari-jarinya. Karena jari-jari yang diketahui adalah 7 cm. Maka lebih mudah menggunakan (phi) 22/7.

 

  • Luas Permukaan Tabung tanpa tutup
  1. Sebuah tabung tanpa tutup dengan jari-jari 5 cm, dan tinggi 26 cm, coba hitung luas permukaannya!

Jawab : Luas (L) =

= 3,14 x 5 ( 5 +2 x 26)

= 849,9 cm2

Jadi, luas permukaan tabung tanpa tutup ini adalah 849,9 cm2.

 

  • Luas Permukaan Tabung
  1. Diketahui sebuah tabung dengan diameter 14 cm dan tingginya 18 cm. Tentukan luas permukaan dari tabung tersebut!

Jawab : Luas (L) = 2

= 2 x 22/7 x 7 (7+18)

= 1100 cm2

Jadi, luas permukaan tabung tersebut adalah 1100 cm2.

 

  • Volume Tabung
  1. Diketahui sebuah tabung memiliki jari-jari 25 cm dan tinggi 66 cm. Hitunglah berapa volume dari tabung tersebut!

Jawab : Volume (V) =  x t

                                = 3,14 x 252 x 66

= 129.642 cm3

Jadi, volume dari tabung tersebut adalah 129.642 cm3.

Demikianlah, seluruh rumus tabung dasar beserta dengan contoh soalnya. Sekarang kita bisa menyelesaikan persoalan tabung dengan mudah dan tepat, tidak lupa juga dengan tetap memperhatikan sifat, unsur, dan pengertian dari tabungnya.

 

 

 

Leave a Reply