Pengertian Teknik Arsir yaitu pengulangan garis secar acak & saling menyilang dengan tujuan mengisi bidang gambar yang kosong. Arsiran (Hatching) (hachure dalam Bahasa Prancis) dan juga cross-hatching yaitu teknik dalam lukisan dan karya grafis yang diterapkan untuk memberikan efek warna maupun bayangan dengan membikin garis-garis searah.

Seandainya garis-garis sejajar ini ditimpa dengan garis-garis paralel lain yang saling berpotongan, maka teknik ini menjadi cross hatching.

Perupa mengaplikasikan teknik ini dengan memvariasikan jarak, sudut, panjang, dan tipe-macam garis sehingga diwujudkan gradasi bayangan tertentu.

Teknik ini benar-benar populer pada masa Renaisans Permulaan.

Dalam mengarsir, pengendalian komposisi yakni hal penting. Pengontrolan komposisi akan memberi tuntunan dan memberi arahan susunan objek dalam menggambar.

Komposisi Dalam Menggambar

Komposisi dalam menggambar bisa dibedakan menjadi dua tipe, merupakan simetris dan asimetris. Komposisi simetris menunjukkan bahwa objek di bagian kanan sama atau mirip dengan obyek di bagian kiri bidang gambar. Meskipun, komposisi asimetris memperlihatkan bahwa obyek di bagian kanan tak sama atau mirip dengan objek di bagian kiri gambar, akan tetapi, terkesan menampilkan keseimbangan.

Arsiran memiliki fungsi apabila kita menerapkannya pada gambar, diantaranya yaitu Memberikan karakter kepada objek gambar, Memberikan kesan bentuk dan volume benda, Memberikan kesan karak kedalam gambar, dan Mengisi bidang kosong.

Macam-macam Teknik Menggambar

Teknik menggambar adalah suatu teknik yang diterapkan untuk menggambar suatu objek, sehingga gambar hal yang demikian seolah berbentuk 3 dimensi atau layak kenyataannya.

Macam-variasi teknik menggambar ialah :

  • Teknik menggambar blok
  • Teknik menggambar dusel
  • Teknik menggambar plakat
  • Teknik menggambar arsir
  • Teknik menggambar aquarel
  • Teknik menggambar pointilis

Namun, kali ini kita akan bahas mengenai teknik menggambar arsi,. yuk kita intip ke bawah!

Jenis-Jenis Teknik Arsir

Jenis-Jenis Teknik Arsir

Jenis-Jenis Teknik Arsir. dictio

Leonardo Da Vinci adalah salah satu master dalam teknik arsir atau hatching, hal ini tergambar dalam karya-karya sketsanya dalam menuangkan ide-idenya yang revolusioner.

Beberapa jenis goresan arsir (hatching) yang ada antara lain :

Teknik Arsir Silang (Cross hatching)

Teknik Arsir Silang (Cross hatching)

Arsiran Silang (cross hatcing)

Teknik ini mirip dengan arsiran satu arah, tapi terjadi persilangan arah dari goresan pena tersebut. Pada bagian yang ingin diarsir lebih gelap bisa juga goresan ditumpuk dengan memakai arah garis yang berbeda. Umumnya perbedaan arah dari garis permulaan ke garis berikutnya yaitu 45 derajat.

Teknik Arsir satu arah (Hatching)

Teknik Arsir satu arah (Hatching)

Arsiran satu arah (hatcing)

Pada teknik ini pena digoreskan dalam arah yang sama. Sehingga tampak barisan garis searah dan sejalan. Kian acap kali kita menggores maka akan muncul efek lebih gelap karena semakin padat dan menumpuknya garis akan menambah massa garis menjadi lebih tebal sehingga terwujud efek ilusi volume terang bayang.

Teknik Arsir Searah Kontur (Counter Hatcing)

Teknik Arsir Searah Kontur (Counter Hatcing)

arsiran searah kontur (countur hatcing)

Pada teknik ini goresan arsir pada pena meniru wujud kontur bidang yang berharap diarsir, maka akan menonjol volume pada benda tersebut. Lazimnya teknik ini diaplikasikan pada menggambar figur manusia, hewan dan tumbuhan.

Teknik Arsir Coretan Coretan Bebas (Scumbling)

Teknik Arsir Coretan Coretan Bebas (Scumbling)

Arsiran coretan bebas (scumbing)

Pada teknik ini arsiran berbentuk corat-coret bebas. Biasanya goresan tak berupa garis tapi seperti coretan bebas. Coretan bebas ini akan lebih menarik jika arah goresan bisa dirubah secara acak membentuk ilusi volume yang diinginkan.

Teknik Arsir Titik (Stippling)

Teknik Arsir Titik (Stippling)

Arsiran Titik (Stippling). dictio.id

Teknik ini adalah model teknik arsiran dengan membuat banyak titik-titik seperti pointilisme. Semakin jaraknya dekat dan rapat titik-titik yang dibikin maka semakin gelap efek yang ditimbulkan.

Teknik Arsir Circusilm

Teknik Arsir Circusilm

Teknik Arsir Circusilm

Teknik Arsiran ini berbeda dengan teknik arsiran diatas, sebab cara membuat arsiran ini dengan membikin lingkaran-lingkaran kecil yang ditumpuk, teknik arsiran ini jarang sekali dipakai , akan tapi teknik ini acap kali diaplikasikan dalam melukis wajah dengan memakai pensil warna. Mungkin di dalam tulisan ini berikutnya kita akan membahas seputar bagaimana cara melukis dengan menerapkan pensil warna

Teknik Arsir Pointilisme

Teknik Arsir Pointilisme

Teknik Arsir Pointilisme

Sebenarnya teknik arsiran ini yaitu jenis lukisan, akan namun teknik arsiran pointilism sering kali kali dipakai dalam melukis wajah dengan memakai pensil, namun teknik ini kurang efektif dalam mengarsir sebuah kulit dan betul-betul sulit untuk di kolaborasikan dengan teknik arsiran yang lainnya.

Teknik Arsir Hatching

Teknik Arsir Hatching

Teknik Arsir Hatching. (dictio)

Teknik arsiran yang pertama adalah hatching, teknik arsiran ini ialah teknik paling dasar yang diaplikasikan dalam membuat arsiran dan paling gampang untuk dikerjakan. Kita cuma perlu membikin garis sejajar secara beruntun. Semakin padat jarak garis yang kita buat, maka kesudahannya akan kian lebih bagus.

Perbedaan Teknik Arsir, Dusel, Aquarel, Pointilis

Banyak yang bingung di antara teknik-teknik menggambar ini. Semoga ini bisa menjawab secara sekilas yaa. Berikut ini adalah pernedaan teknik arsir, dusel, aquarel dan pointilis;

  1. Arsir : Metode menggambar dengan garis menyilang atau paralel untuk menuentukan gelap jelas objek gambar sehingga nampak seperti 3 dimensi
  2. Dusel : Sistem menggambar yang penentuan gelap terang objek gambar menerapkan pensil gambar yang digoreskan dalam posisi miring (rebah)
  3. Blok : Metode menggambar dengan menutup obyek gambar dengan satu warna sehingga hanya terlihat format globalnya saja (siluet)
  4. Aquarel : Sistem menggambar dengan memakai car air dengan sapuan warna yang tipis sehingga hasilnya terlihat transparan
  5. Pointilis : Sistem menggamba yang dalam memastikan gelap-jelas objek gambar memakai pencil atau pena gambar dengan spot-titikan

Alat-alat Untuk Menggambar Dengan Teknik Arsir

Alat-alat Untuk Menggambar Dengan Teknik Arsir

Alat-alat Untuk Menggambar Dengan Teknik Arsir

Untuk menggambar sebuah obyek dengna teknik arsir, maka kita harus menyiapkan beberapa kebutuhan tulis seperti :

  1. Kertas Gambar
  2. Pensil
  3. Penghapus

Untuk menuangkan sebuah lukisan karenanya kita memerlukan media gambar berupa kertas gambar. Tetapi sekiranya kita hendak membikin gambar arsiran kita bisa menggunakan sketchbook yang bisa kalian peroleh di kios-toko buku.

Sketchbook

sketchbook

Sketchbook. (mockupstore)

Adapun keuntungan memakai sketchbook merupakan kita tak perlu lagi membawa berlembar-lembar kertas secara terpisah sebab disana sudah dikemas dalam bentuk buku sketsa. Kecuali itu yang tak kalah penting supaya hasil gambar arsiran kalian baik, sebaiknya memilih sketchbook yang permukaannya halus.

Pensil

Pensil

Pensil (bukalapak)

Sebab di sini kita hendak membuat gambar arsiran maka yang menjadi alat utama yaitu pensil. Ya, kalian dapat memilih pensil 2B, HB, 7B, F ataupun H. Kesemua range pensil hal yang demikian bisa diterapkan dan mampu memberikan hasil yang bagus di setiap goresanannya. Sebab kita tak menerapkan pensil warna sama sekali.

Penghapus

Penghapus

Penghapus. (arsiran dan tekninya)

Penghapus ini benar-benar diperlukan jikalau kita mendapati kekeliruan maupun ada degradasi warna gelap terang yang kurang pas.

Sebaiknya kalian menggunakan penghapus kneaded eraser sebab wujudnya lebih mirip seperti lilin dan bisa kita format-wujud. Kecuali itu kekuatan hapusnya juga tinggi serta tak akan mengotori kertas. Sekiranya penghapusnya habis kalian dapat membeli versi re-fill di toko-warung buku.

Teknik Dasar Dalam Teknik Arsir

Teknik arsir ialah pengulangan garis secar acak & saling menyilang dengan tujuan mengisi bidang gambar yang kosong.Konsep utama dari hatching yaitu bahwa kepadatan, jumlah, dan ketebalan garis akan sungguh-sungguh memengaruhi efek bayang-bayang yang dihasilkan.

Dengan meningkatkan kepadatan, jumlah, dan jarak antar garis, karenanya bayang-bayang yang diciptakan kian gelap, semacam itu pula sebaliknya.Kontras bayang-bayang dapat pula dicapai dengan mendekatkan dua ragam hatching yang berbeda sudut garisnya.

Sebagai kesudahannya, macam garis ini akan memberikan ilusi warna, yang bila digunakan secara tetap akan mengasilkan imaji

Belajar Menggambar Teknik Arsir

Belajar Menggambar Teknik Arsir

Belajar Menggambar Teknik Arsir. (bagiinfo)

Nah bagi kalian yang mau belajar menggambar, di bawah ini ada model belajar menggambar benda yang ada di sekitar kita. Misalnya disini menggambar sebuah lampu, sekali-sekali lampu sendiri dapat terbuat dari beragam jenis bahan. Ada yang dari plastik, kayu, besi, rotan, aluminium dan sebagainya.

Jadi kita dapat menggambar menggunakan berbagai ragam arsiran sehingga sanggup menunjukkan karakter bahan material dari obyek yang kita gambar.

Jadi teknik arsir yang digunakan pada gambar di atas menerapkan garis arisan pendek sehingga jika kita lihat sanggup menunjukkan bahwa karakteristik dari lampu yang kita gambar terbuat dari bahan rotan.

Namun kita bisa juga memakai teknik variasi arsiran lain, sehingga dengan objek yang sama kita dapat membikin karakteristik yang berbeda.

Belajar Menggambar Teknik Arsiran

Belajar Menggambar Teknik Arsiran

Teknik yang diterapkan di atas merupakan arsiran menyerupai padi. Lazimnya teknik ini di aplikasi untuk menerima kesan etnik dan juga tradisional.

Belajar Menggambar Teknik Arsir hatching

Belajar Menggambar Teknik Arsir hatching

Teknik arsir di atas biasa disebut dengan teknik Cross-Hatching atau garis silang. Jadi arah arisiran dikerjakan dengan sistem menyilang sehingga kesudahannya akan menyusun karakter tersendiri pada obyek yang digambar.

Belajar Menggambar Teknik Arsiran hatching

Belajar Menggambar Teknik Arsiran hatching

Cara mengarsir objek di atas menerapkan teknik scribbling dengan figur seperti melingkar-lingkar. Adapun teknik ini cakap memberikan keunikan tersendir.

Menggambar Teknik Arsiran hatching

Menggambar Teknik Arsiran hatching

Sementara teknik yang diaplikasikan di atas ialah teknik hatching yang mana sistem arsirannya dilaksanakan searah dan tak menyilang.

Macam-macam Model Teknik Arsir

Macam-macam Model Teknik Arsir

Macam-macam Model Teknik Arsir

Dalam teknik gambar arsiran, secara biasa metode mengarsirnya sendiri dijalankan secara menyilang namun satu arah. Jadi teknik tersebut di ulang-ulang sampai menerima goresan yang pantas.

Jadi variasi arsir yang pertama ialah tebal tipis. Untuk bisa menjadikan suatu arsiran yang tebal maupun tipis diperlukan upaya seperti memiringkan pensil dan juga semestinya mengendalikan penekanan dikala mengarsir. Maka kesudahannya akan nampak seperti contoh di atas, dimana jikalau kita lihat hasil di samping kiri sampai kanan perbedaan kedalaman arsiran tampak terang.

Jenis-jenis Arsiran dan macam-macam arsiran 

Jenis-jenis Arsiran dan macam-macam arsiran

Untuk model ragam arsiran di atas telah benar-benar lengkap, jadi ada beberapa teladan goresan dan juga arah datangnya goresan sampai memegang degradasi arsiran. Lazimnya penggunaan arsiran gelap untuk membikin efek 3 dimensi, kecuali itu untuk memilih variasi arsiran-pun semestinya disesuaikan dengan pemakaian.

Langkah-langkah Menggambar dengan Teknik Arsir

Buat sketsa, coretan dan gambar kamu menonjol lebih realistis dengan belajar menambahkan bayang-bayang. Bayang-bayang menambahkan kedalaman, kontras, karakter, dan malah gerakan ke dalam gambar kamu dengan menangkap bayangan dan sorotan objek gambar kamu.

Pelajari cara menggambar bayang-bayang untuk menyempurnakan karya seni kamu, bagus untuk kesenangan kamu sendiri atau untuk meningkatkan keterampilan Anda sebagai pekerja seni.

Berikut langkah-langkah yang dilaksanakan untuk menggambar teknik arsir, antara lain :

  1. Mencari objek yang akan digambar
  2. Melihat obyek dan mempersiapkan kelengkapan menggambar, seperti kertas, pensil dan lainnya
  3. Membikin sketsa gambar, bisa dilakukan secara tipis ataupun tebal
  4. Membuat arsir untuk menetapkan posisi gelap jelas dari benda atau obyek yang digambar, sehingga nampak seperti format 3 dimensi
  5. Arsiran dapat dalam wujud garis lurus maupun silang
  6. Dijalankan finishing, tebal tipis dari gambar

Manfaat Teknik Arsir

Adapun sebagian fungsi tenik arsir merupakan:

  • Memberikan karakter pada objek gambar.
  • Memberikan kesan bentuk dan volume pada objek atau benda.
  • Memberikan kesan karak dan kedalam pada gambar.
  • Mengisi bidang yang kosong.
  • Finishing touch gambar

Contoh Gambar Teknik Arsir

Jadi yang dimaksud di ats tadi semua adalah teknik arsir dalam menggambar. Bentuk teknik ini merupakan cara menggambar dengan menggoreskan pensil pada sebuah kertas maunpun kanvas, dengan berbagai macam jenis arsiran. Berikut ini contoh-contoh gambar berteknik arsir;

Gambar Arsiran Sepatu

Gambar Arsiran Sepatu

Gambar Arsiran Sepatu

Gambar Arsiran Bunga

Gambar Arsiran Teko 

Gambar Arsiran Teko. (gudang pelajaran)

Gambar Arsiran Mata

Gambar Arsiran Mata

Gambar Arsiran Mata (seni lukis)

Gambar Arsiran Teko

gambar arsiran kardus

gambar arsiran kardus. (karyaarsiran)

Gambar Arsiran Buah

Gambar Arsiran Buah

Gambar Arsiran Buah. (smpbinainsani)

Gambar Arsiran Kardus Bersama Merpati

Gambar Arsiran Kardus Bersama Merpati

Gambar Arsiran Kardus Bersama Merpati

Gambar Arsiran Tangan

Gambar Arsiran Tangan

Gambar Arsiran Tangan. (binus)

Gambar Arsiran Telunjuk

Gambar Arsiran Telunjuk

Gambar Arsiran Telunjuk. (dictio)

Gamar Arsiran Wanita

Gamar Arsiran Wanita

Gamar Arsiran Wanita. (online)

Semoga bermanfaat dan bisa salling berbagai ke temen-temen kamu, komunitas, dll. (jangan lupa cantumkan sumber!)

Leave a Reply

%d bloggers like this: